Article

Homepage Article Fashion Design 7 Rekomendasi Bahan Terbaik…

7 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Duffle Coat

Ingin membuat duffle coat sendiri untuk keperluan pribadi maupun dijual kembali?. Selain memilih desain dan warna yang sesuai, pemilihan material yang tepat dan berkualitas untuk duffle coat juga menjadi hal yang penting untuk kamu pertimbangkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Duffle Coat

Duffle coat merupakan pakaian hangat berbentuk mantel yang awalnya digunakan oleh angkatan laut Inggris pada Perang Dunia, tetapi sekarang menjadi bagian dari fashion yang stylish dan klasik. Beberapa ciri paling khas yang membedakan duffle coat dengan jenis mantel yang lain yaitu:

  • Duffle coat memiliki ciri khas berupa kancing kayu pada bagian depan yang dipasangkan dengan tali loop dari kulit atau bahan lain.
  • Duffle coat memiliki dua buah saku berukuran besar yang memiliki penutup pada bagian atasnya
  • Duffle coat umumnya dibuat dari bahan kain yang tebal dan dirancang untuk memberikan kehangatan ekstra saat cuaca dingin.
  • Duffle coat biasanya dilengkapi dengan tudung (hoodie) yang besar untuk melindungi kepala dari angin dan hujan.
  • Duffle coat biasanya memiliki potongan lurus atau sedikit longgar yang membuatnya nyaman dipakai di atas pakaian lainnya.
  • Duffle coat memiliki ukuran panjang yang bervariasi, tetapi yang paling umum sedikit di atas lutut.

Untuk pilihan bahannya duffle coat jaman dulu memang lebih banyak dibuat dari bahan wool (wol) dengan warna-warna natural seperti warna camel atau cokelat muda, tetapi sekarang banyak juga yang dibuat dari bahan lain dengan warna-warna yang lebih beragam.

Duffle Coat

Sumber : https://www.originalmontgomery.com/

Simak juga Duffle Coat : Mantel Yang Identik Dengan Kancing Tali dan Pengait Kayu.

Bahan Untuk Duffle Coat

Mau tahu apa saja jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat duffle coat?. Berikut adalah beberapa contoh bahan untuk duffle coat yang penting untuk kamu ketahui.

1. Kain Wool (Wol)

Pertama ada kain wool (wol) yang sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan dasar duffle coat karena memiliki sifat insulasi yang sangat baik dan dapat menjaga suhu tubuh agar tetap hangat saat cuaca dingin.

Duffle Coat

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Melton Wool

Kedua ada melton wool, sejenis wol yang lebih tebal dan padat, serta menawarkan perlindungan ekstra terhadap angin dan air. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan melton wool yaitu:

  • Melton wool sangat tebal, padat dan sangat efektif dalam menahan angin sekaligus memberikan kehangatan pada tubuh.
  • Melton wool memiliki tampilan yang halus elegan dan rapi.
  • Melton wool cenderung tidak mudah kusut dan memiliki daya tahan yang tinggi, karena struktur seratnya sangat rapat.
  • Meskipun tidak sepenuhnya tahan air dan angin, melton sangat efektif digunakan untuk melindungi tubuh dari air dan angin karena kerapatan seratnya yang tinggi.
  • Melton wool relatif lebih berat dibandingkan dengan jenis wool yang lain dan bahannya pun juga lebih hangat.

Duffle Coat

Sumber : https://edistorialstore.com/

3. Blended Fabrics (Campuran)

Ketiga ada blended fabrics (campuran), misalnya saja wool yang dicampur dengan bahan sintetis seperti polyester atau nylon untuk meningkatkan daya tahan dan menurunkan biaya produksi. Campuran ini juga bisa membuat mantel lebih ringan dan lebih mudah dirawat.

Duffle Coat

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

4. Camel Hair

Keempat ada camel hair yang umum digunakan dalam duffle coat kelas atas karena kelembutannya dan sifat insulasinya yang sangat baik namun lebih mahal dibandingkan wool (wol) biasa. Teksturnya yang halus juga menjadikan camel hair sebagai pilihan populer untuk pakaian mewah.

  • Camel hair dikenal sangat halus dan sangat lembut, bahkan lebih lembut dibandingkan wool (wol) biasa.
  • Camel hair memiliki kemampuan isolasi yang luar biasa, sehingga dapat memberikan kehangatan yang optimal dalam cuaca dingin.
  • Camel hair lebih ringan dibandingkan dengan wol biasa meskipun menawarkan kehangatan yang tinggi, sehingga nyaman dipakai tanpa terasa terlalu berat.
  • Camel hair memiliki elastisitas alami yang membuatnya tahan lama dan mampu kembali ke bentuk semula setelah diregangkan.

Duffle Coat

Sumber : https://www.mackintosh.com/

5.Cashmere

Kelima ada cashmere yang sangat lembut dan hangat namun jarang digunakan untuk duffle coat karena harganya yang mahal. Duffle coat yang terbuat dari cashmere inipun tidak hanya menawarkan kehangatan dan kenyamanan, tetapi juga memiliki tampilan yang mewah dan elegan.

Duffle Coat

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

6. Kain Fleece

Keenam ada kain fleece yang bagus untuk duffle coat jika kamu mencari mantel yang hangat, nyaman dan ringan, terutama untuk penggunaan sehari-hari atau di lingkungan yang tidak terlalu ekstrem. Kelebihan duffle coat yang dibuat dari bahan fleece yaitu:

  • Lebih ringan dibandingkan dengan wool (wol) jadi sangat nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari.
  • Mudah dicuci dan cepat kering.
  • Bersifat hipoalergenik, jadi sangat aman digunakan untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau alergi.

Duffle Coat

Sumber : https://mitsui-shopping-park.com/

Meski menawarkan banyak keunggulan, tapi dari segi ketahanan terhadap angin dan air, bahan fleece memang tidaklah sebaik wol atau melton woo. Jika kamu ingin menggunakan duffle coat di lingkungan yang sangat dingin atau basah, kamu bisa menambahkan outer yang tahan air atau tahan angin.

7. Kain Tweed

Selain itu terdapat pula beberapa produk duffle coat yang dibuat dari kain tweed, sejenis bahan wol setengah jadi yang diproses tidak sampai halus sehingga permukaannya agak sedikit kasar.

  • Bahan tweed memiliki tampilan yang sangat khas yakni teksturnya agak kasar dan tidak rata.
  • Bahan tweed biasanya ditenun menggunakan benang dengan warna yang berbeda untuk membentuk pola dan warna yang dinamis.
  • Bahan tweed dikenal kuat dan memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca buruk.

Duffle Coat

Sumber : https://www.cordings.co.uk/

Simak juga:

Kesimpulan

Itu dia tujuh rekomendasi bahan terbaik yang bisa kamu pilih untuk duffle coat. Asal dibuat dari bahan yang berkualitas, duffle coat bisa menjadi investasi jangka panjang yang tidak hanya melindungi tubuh dari cuaca dingin tetapi juga menambah gaya pada penampilan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untukmembuat duffle coat dan berbagai model outer lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk  intip koleksi Bahan Kain Fleece terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.