Article

Homepage Article Kain 3 Jenis Sarung Kursi Susun…

3 Jenis Sarung Kursi Susun Resepsi dan 5 Bahan Untuk Membuatnya

Di antara sekian banyak model kursi yang ada, kursi susun resepsi menjadi salah satu jenis kursi yang banyak digunakan di berbagai acara. Untuk mempercantik tampilannya agar makin menarik kursi susun resepsi inipun dapat pula dihias dengan menggunakan berbagai jenis sarung yang diciptakan dari sejumlah bahan yang berbeda.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Karakteristik Kursi Susun Resepsi

Kursi susun resepsi merupakan jenis kursi yang banyak digunakan di berbagai event penting karena selain praktis dan mudah dipindah-pindah kursi tersebut juga sangat nyaman digunakan untuk duduk. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kursi susun resepsi diantaranya:

  • Kursi susun resepsi termasuk ke dalam salah satu jenis kursi mudah digunakan, dipindahkan dan dirapikan.
  • Kursi susun resepsi biasa dibuat dari material plastik bisa juga menggunakan rangka besi kemudian dilengkapi dengan dengan bantalan yang empuk.
  • Kursi susun resepsi bisa dengan mudah dipercantik dengan menggunakan sarung yang memang didesain khusus untuk kursi susun resepsi.

Kursi Susun

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Jenis Sarung Kursi Susun Resepsi

Sarung kursi merupakan salah satu perlengkapan yang memiliki fungsi sangat penting untuk memperindah tampilan kursi. Selain itu keberadaan sarung kursi juga memiliki banyak kegunaan yang tidak kalah penting, warna-warna dan bahan digunakan pun juga dapat disesuaikan dengan dekorasi acara.

  • Sarung kursi dapat dimanfaatkan untuk melindungi kursi agar tidak kotor atau tergores.
  • Sarung kursi dapat dipakai untuk menambah kesan elegan pada kursi.
  • Sarung kursi dapat digunakan sebagai penunjang keindahan dari dekorasi yang dipakai dalam sebuah acara.

Kursi Susun

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk pilihan modelnya beberapa jenis sarung kursi yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan kursi susun resepsi antara lain berupa:

1. Sarung Kursi Polos

Sarung kursi polos merupakan sarung kursi yang memiliki bentuk sederhana dan biasa dibuat dalam satu warna saja tanpa kombinasi apapun. Sarung kursi ini sangat cocok digunakan untuk acara-acara sederhana.

Kursi Susun

Sumber : https://www.universalchairs.ca/

2. Sarung Kursi Rempel

Sarung kursi rempel merupakan sarung kursi yang dihias dengan variasi rempel di beberapa bagian, baik itu dari bahan yang berwarna sama ataupun yang warnanya berbeda.

  • Penggunaan rempel yang berlainan warna akan memberikan kesan yang menarik pada sarung kursi yang dihiasnya.
  • Penggunaan kombinasi warna tersebut bisa juga diseragamkan dengan dekorasi dalam sebuah acara agar tampilan yang dihasilkan lebih serasi.

Kursi Susun

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Sarung Kursi Kombinasi Pita

Sarung kursi kombinasi pita merupakan sarung kursi yang dipercantik dengan penggunaan pita.

  • Pita yang menjadi kombinasi sarung kursi susun resepsi bisasnya dijahit di bagian tengah dan dapat dibentuk pita di bagian belakang kursi.
  • Sarung kursi dengan pita ini banyak digunakan dalam acara tunangan, pernikahan maupun acara lainnya.

Kursi Susun

Sumber : https://lunaweddingandeventsupplies.com.au/

Bahan Sarung Kursi Susun Resepsi

Sementara untuk pilihan bahannya, beberapa jenis kain yang cocok digunakan untuk membuat sarung tersebut diantaranya berupa kain satin, kain dekor (felamin), kain lotto dan kain paragon.

1. Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

  • Kain satin dapat digunakan untuk membuat sarung kursi yang pas dengan bentuk kursi.
  • Kain satin sangat cocok dikreasikan menjadi sarung kursi polos, sarung kursi rempel maupun sarung kursi kombinasi pita.

2. Kain Dekor (Felamin)

Kain dekor atau felamin merupakan sejenis kain yang banyak dipilih untuk membuat sarung kursi susun resepsi sekaligus bahan untuk dekorasi.

  • Tempat persewaan atau penjual sarung kursi biasanya menawarkan satu paket dengan kain untuk dekorasi.
  • Kain dekor yang biasa disebut juga dengan felamin ini umumnya memiliki warna permukaan yang cenderung mengkilap.

3. Kain Spandek

Kain spandek merupakan sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis seperti halnya nilon atau polyester. Karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain spandek yaitu, kain ini cenderung bersifat elastis dan memiliki kemampuan merenggang sangat tinggi.

4. Kain Lotto

Kain lotto termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tidak terlalu lentur tetapi dapat digunakan untuk membuat sarung kursi yang ketat sehingga tampak rapi. Sarung kursi susun resepsi yang sibuat dari kain lotto inipun akan tampak mewah jika digunakan di berbagai event penting.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain lotto diantaranya:

  • Kain lotto memiliki karakteristik yang halus dan lemas (tidak kaku).
  • Tekstur kain lotto terasa sangat lembut apabila dipegang dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya.
  • Kain lotto tersedia dalam banyak pilihan warna yang menarik.
  • Kain lotto tergolong awet dan tahan lama karena diproses dengan teknologi khusus yang menjadikannya sebagai bahan berkualitas tinggi.
  • Kain lotto memiliki bobot relatif ringan, mudah untuk dicuci dan dikeringkan.

Dibandingkan dengan bahan kain dekor (felamin) kain lotto juga memiliki permukaan yang lebih soft namun tetap tampak elegan. Sarung kursi susun resepsi yang terbuat dari bahan loto berkualitas sangat cocok digunakan untuk pelengkap kebutuhan kantor, hotel, gedung dan pesta.

5. Kain Paragon

Beikutnya ada kain paragon yang juga memiliki permukaan mengkilap dan ketat sehingga cocok digunakan untuk pembuatan sarung kursi susun resepsi. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain paragon diantaranya:

  • Kain paragon memliki permukaan yang mengkilap dan bersifat strecth.
  • Kain paragon memliki permukaan yang halus dan lembut saat bersentuhan dengan kulit.  
  • Kain paragon cenderung adem jika dipakai di udara panas.

Kesimpulan

Demikian pembahsan singkat mengenai sejumlah karakteristik kursi susun resepsi, jenis-jenis sarung kursi susun resepsi lengkap dengan rekomendasi bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai material utamanya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa:

  • Kursi yang dilapisi dengan sarung kursi tentu akan terlihat lebih rapi dan menarik dibandingkan kursi yang tidak dilapisi dengan sarung kursi sama sekali.
  • Selain membuat tampilan kursi semakin cantik yang pasti keberadaan sarung tersebut pada prinsipnya juga dapat melindungi kursi agar tidak kotor.
  • Penggunaan sarung yang tepat bisa menjadi penunjang kenyamanan tamu undangan, karenanya bahan yang digunakan untuk membuatnya juga harus diperhatikan.

Butuh bahan kain lotto dan kain paragon berkualitas untuk membuat sarung kursi?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin, Kain Spandek, Kain Lotto dan Kain Paragon yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.