Article

Homepage Article Desain Fesyen 5 Model Jaket Casual Yang…

5 Model Jaket Casual Yang Keren dan Wajib Anda Miliki

Mengenakan model jaket yang tepat dan sesuai dengan keseluruhan outfit rasanya sudah menjadi keharusan bagi pria dan wanita. Maka dari itu untuk anda yang ingin membeli jaket atau sekedar menambah wawasan tentang jaket, penting bagi anda untuk mengetahui model jaket dan karakteristik yang dimiliki masing-masing jaket.

Jaket sendiri merupakan sejenis pakaian luar yang biasa difungsikan untuk menahan angin dan cuaca dingin. Sebagai pelengkap gaya penampilan jaket umumnya memiliki model, bahan dan desain yang bermacam-macam. Dimana keberagaman model jaket tersebut tentu akan menampilkan kesan yang berbeda-beda pada penampilan.

Tips Memilih Jaket

Berencana untuk membeli jaket penghangat tubuh tapi masih bingung harus memilih jenis jaket yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih model jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan simak dulu yuk beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan sebuah jaket yang berkualitas bagus.

  1. Pilih model jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk pelengkap gaya casual misalnya anda bisa memilih jaket bomber, jaket parka, jaket windbreaker, jaket varsity, jaket denim maupun jaket harrington.
  2. Perhatikan kesesuaian model jaket dan bahan kainnya. Sebisa mungkin pilih bahan jaket yang nyaman dalam cuaca apapun dan memiliki proteksi yang maksimal untuk menghangatkan tubuh saat dingin.
  3. Pastikan jaket yang anda pilih memiliki ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuhnya, dalam artian tidak terlalu besar atau terlalu kekecilan.
  4. Saat memilih jaket penghangat tubuh perhatikan aksesoris yang menempel pada jaket tersebut.
  5. Pertimbangkan kesesuaian warna dan motif jaket dengan koleksi baju yang anda miliki. Hal ini dimaksudkan agar jaket yang anda dapatkan terlihat cocok dipakai dan tidak menimbulkan kesan kurang matching.
  6. Untuk menghemat pengeluaran sesuaikan harga jaket yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya kerena gengsi lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.
  7. Perhatikan bentuk dan kualitas jahitannya. Jaket yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus. Selain itu jahitan yang terdapat pada bagian saku atau resleting juga harus kuat.

Model Jaket Casual

Terkait dengan jenis jaket yang nyaman dipakai untuk pelengkap gaya casual, jadi tiap-tiap model jaket tersebut sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Biar tidak salah sebut simak pembahasan berikut yuk.  

1. Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk pilot pesawat pengebom namun kini telah berkembang menjadi trend fashion. Sedikit berbeda dengan model jaket pria dan model jaket wanita lainnya, jaket ini umumnya dilengkapi dengan saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket bomber diantaranya:

  • Jaket bomber memiliki ciri khas berupa desain yang menggembung atau bulky.
  • Jaket bomber dilengkapi dengan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket bomber juga memiliki saku di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket. Saku pada jaket bomber umumnya dengan posisi diagonal atau menyerong.
  • Terdapat pula saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket bomber umumnya dilengkapi dengan bur pada bagian ujung lengan dan bagian leher, jadi angin yang masuk ke dalam jaket bisa diminimalisir semaksimal mungkin. Bur yang  terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.
  • Jaket bomber memiliki tampilan yang sangat casual. Selain tampilannya yang sangat casual jaket ini juga nyaman dan serbaguna jadi dapat digunakan dalam berbagai macam kesempatan.

Sebagai pelengkap gaya penampilan, terdapat beberapa jenis kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket bomber. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain taslan, kain parasut, kain baby kanvas, kain mayer, kain puma scott dan berbagai kain lain yang sejenis.

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami Di Sini. Pola jaket bomber yang dijual di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Model Jaket

Sumber : https://panastore.com/

2. Jaket Parka

Jaket parka termasuk ke dalam jenis jaket modern yang dapat dipakai untuk menghalau angin dan udara dingin. Jaket ini biasanya dilengkapi dengan hoodie, memiliki panjang hingga sebatas lutut dan bagian dalamnya dilapisi bulu atau material sintetis lainnya untuk menjaga tubuh agar tetap hangat.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket parka diantaranya:

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pria dan model jaket wanita lainnya. Bahkan panjang jaket parka bisa mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan, jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.
  • Jaket parka memiliki hoodie jadi bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari dan hujan ringan.
  • Jaket parka sangat cocok dikenakan ketika cuaca sedang dingin atau hujan. Desainnya yang hangat dan stylish akan memberikan kesan kasual saat dipakai.

Sebagai pelengkap gaya penampilan, terdapat beberapa jenis kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket bomber. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain taslan, kain mayer, kain ZN, kain kanvas, kain micro, kain despo, kain parasut, kain fleece dan berbagai kain lain yang sejenis.

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka, Pola Jaket Parka Parasut dan Pola Jaket Parka Parasut Metalik dari kami. Pola jaket parka yang dijual di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Model Jaket

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan salah satu jenis model jaket pria dan model jaket wanita yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika, namun seiring perkembangan zaman dimodifikasi untuk kebutuhan fesyen. Jaket ini juga sempat menjadi trend yang membuat pemakainya jadi terlihat makin cool dan lebih fashionable.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket varsity diantaranya:

  • Jaket varsity memiliki kancing (resleting untuk opsi) di bagian depan mulai dari ujung bawah sampai ujung leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket varsity biasanya dibuat dengan dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan jadi tampilan yang dihasilkan terkesan lebih fashionable.
  • Jaket varsity kebanyakan memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch kain atau bordir. Detail yang paling khas merupakan huruf “H” yang dibordir di dada kiri jacket sehingga membuatnya semakin keren.
  • Jaket varsity umumnya dilengkapi dengan bur yang berwarna sama pada bagian leher, ujung lengan dan bagian bawahnya. Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.
  • Jaket varsity memiliki dua buah saku miring tanpa penutup di kedua sisi perut. Saku pada jaket ini dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai macam barang seperti halnya kunci, handphone dan juga dompet.

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria maupun wanita jaket varsity sebenarnya bisa dibuat dari bahan apapun walau memang lebih sering dibuat dari bahan fleece yang lembut dan halus. Meski demikian tidak menutup kemungkinan ada juga jaket varsity yang dibuat dari bahan kain yang lainnya.

Beberapa bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat jaket pria dan jaket wanita dengan model varsity antara lain berupa kain fleece, kain baby terry, kain diadora, kain taslan, kain mayer, kain mikro, kain puma scott, kain zn, kain despo, kain parasut dan berbagai bahan jaket lain yang sejenis.

Tertarik untuk membuat jaket varsity dengan pola ukuran standar ala konveksi, anda bisa mendownload Pola Jaket Varsity dari kami. Pola jaket varsity yang dibuat di Fitinline merupakan pola jaket varsity yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa sebagai identitas kampus.

Model Jaket

Sumber : https://www.augustasportswear.com/

4. Jaket Denim

Jaket denim termasuk ke dalam model jaket pria dan jaket wanita yang sepertinya memang selalu berhasil memberikan kesan keren pada tampilan penggunanya. Entah itu dipadupadankan dengan kemeja, dress, blouse bahkan kaos oblong sekalipun, jaket denim pasti selalu punya pesonanya sendiri.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket denim diantaranya:

  • Jaket denim didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap ndan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Jaket denim biasanya memiliki kancing sebagai penutup bukaan jaket mulai dari dari ujung bawah sampai bagian leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.  
  • Pada jaket denim standar terdapat kerah yang berfungsi untuk melindungi leher.
  • Selain itu jaket denim biasanya juga dilengkapi dengan dua buah saku di bagian dada kanan dan dada kiri.

Tertarik untuk membuat jaket denim sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Denim dari kami. Pola jaket denim yang ada di Fitinline merupakan pola jaket denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual.

Model Jaket

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan model jaket pria dan model jaket wanita bergaya klasik yang biasa difungsikan sebagai pakaian penghangat tubuh oleh orang-orang yang bermukim di wilayah tropis saat malam hari. Jaket ini umumnya dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan, baik casual maupun semi-formal.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket harrington diantaranya:

  • Jaket harrington termasuk ke dalam jenis jaket yang cukup ringan dengan ukuran sebatas pinggang.
  • Jaket harrington umumnya dibuat dari bahan kain yang berwarna polos untuk bagian luar sementara furingnya memakai kain bermotif tartan sehingga cukup mencolok saat dilihat bagian dalamnya.
  • Jaket harrington dilengkapi dengan bur pada bagian lengan dan ujung jaket sehingga saat dikenakan tampak memiliki ukuran yang ketat dibagian sekitar pinggang dengan manset dan bawah hem yang melebar elastis.
  • Jaket harrington dapat dipakai untuk menghangatkan tubuh saat malam hari. Selain itu jaket ini sebenarnya juga dapat dipakai untuk siang hari asal bukan untuk aktifitas di lapangan.  
  • Jaket harrington biasanya tidak memiliki hoodie, sebagai gantinya jaket ini memiliki kerah yang berfungsi untuk menghangatkan bagian leher.
  • Jaket harrington kebanyakan menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket harrington juga memiliki saku jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.

Sebagai pelengkap gaya penampilan, terdapat beberapa jenis kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket harrington. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain mayer, kain micro, kain despo dan bahan sejenis lainnya yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain. 

Model Jaket

Sumber : https://insightclothing.co.uk/

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa jaket yang dapat dipakai untuk pelengkap gaya casual sangatlah beragam, sebut saja jaket bomber, jaket parka, jaket windbreaker, jaket varsity, jaket denim maupun jaket harrington. Tiap-tiap model jaket itupun juga memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain jadi sangat mudah untuk dikenali.

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik model jaket yang bagus lengkap dengan referensi beberapa model jaket yang dapat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan. Semoga artikel di atas bisa memudahkan anda dalam memilih model jaket yang tepat dan sesuai dengan  kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.