Article

Homepage Article Fashion Design 7 Model dan Variasi Kerah…

7 Model dan Variasi Kerah Yang Umum Digunakan Pada Jaket

Jadi salah satu bagian jaket yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi bagian leher tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan menambah nilai estetis pada pakaian, kerah yang biasa digunakan pada jaket jenisnya juga cukup banyak lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Fungsi Kerah Pada Jaket

Kerah jaket termasuk ke dalam salah satu bagian dari jaket letaknya berada di sekeliling leher. Tidak hanya menambah kehangatan dan memberikan kenyamanan, kerah pada jaket sebenarnya juga memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting, baik secara praktis maupun estetis.

  • Kerah jaket membantu melindungi bagian leher dari angin, dingin dan sinar matahari.
  • Kerah jaket dapat digunakan untuk menutupi kekurangan tubuh di bagian leher maupun bahu.
  • Kerah jaket yang dilengkapi dengan elemen seperti penutup ritsleting atau kancing bisa membantu menutup jaket lebih rapat.
  • Kerah jaket dapat memberikan karakter dan gaya tertentu pada jaket, misal memberikan tampilan yang lebih formal atau rapi pada jaket.
  • Kerah juga berfungsi untuk menyeimbangkan proporsi antara bagian atas dan bawah tubuh, terutama jika jaket memiliki potongan yang panjang atau pendek.

Untuk menyempurnakan tampilan jaket, kerah jaket sendiri dapat dijumpai dalam berbagai bentuk yang beragam, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih modern. Tiap-tiap model kerah pada jaket juga berperan dalam menentukan gaya dan kesan yang ingin ditampilkan, seperti formal, kasual atau sporty.

Model Kerah Pada Jaket

Mau tahu apa saja jenis-jenis kerah yang umum digunakan pada jaket?. Berikut adalah beberapa jenis kerah pada jaket yang penting untuk kamu ketahui.

1. Funnel Neck

Pertama ada funnel neck yang berdiri tegak di sekitar leher tanpa lipatan. Secara keseluruhan, funnel neck ini dapat memberikan kombinasi sempurna antara fungsi perlindungan dan gaya yang populer dalam berbagai jenis jaket.

  • Kegunaan: Sering digunakan pada jaket parka, jaket motor, jaket musim dingin dan berbagai model jaket yang lain.
  • Gaya: Memberikan tampilan yang modern dan ramping, serta memberikan tampilan yang lebih maskulin.

Untuk pilihan modelnya funnel neck biasa hadir dalam berbagai variasi, baik itu kerah dengan ritsleting, kancing atau bahkan tali untuk penyesuaian.

Model Kerah Jaket

Sumber : https://www.margarethowell.co.uk/

2. Manset / Bur

Kedua ada kerah manset / bur yang pendek dan berdiri tegak di sekitar leher tanpa lipatan. Kerah ini umumnya tidak memiliki bagian yang menjulur atau dilipat ke bawah, sehingga dapat memberikan tampilan yang sederhana dan minimalis.

  • Kegunaan: Kerah manset / bur sering digunakan pada jaket bomber, jaket varsity, jaket sukajan dan berbagai model jaket yang lain.
  • Gaya: Menciptakan yang sangat bersih dan minimalis. Jaket yang dilengkapi dengan kerah manset / bur juga mudah dipadukan dengan aksesori seperti scarf atau syal, tanpa menciptakan tumpukan berlebih.

Model Kerah Jaket

Sumber : https://bbcicecream.eu/

3. Kerah Shanghai

Ketiga ada kerah shanghai atau mandarin collar yang berdiri tanpa lipatan seperti halnya kerah manset / bur, tapi ukurannya cenderung lebih pendek.

  • Kegunaan: Kerah shanghai sering ditemukan pada jaket kulit, jaket militer, jaket wanita dan berbagai model jaket yang lain.
  • Gaya: Memberikan tampilan yang tajam dan tegas.

Model Kerah Jaket

Sumber : https://www.eileenfisher.com/

4. Kerah Kemeja

Keempat ada kerah kemeja yang terdiri dari dua bagian, bagian pertama disebut kaki kerah dan bagian kedua disebut daun kerah sebagai kelepak kerah. Kerah ini diberi nama demikian karena awalnya memang lebih dulu digunakan pada kemeja.

  • Kegunaan: Kerah kemeja sering digunakan pada jaket safari dan berbagai model jaket yang lain.  
  • Gaya: Memberikan tampilan yang bersih, rapi dan profesional.

Model Kerah Jaket 

Sumber : https://hickmanandbousfield.com/

5. Kerah Eton

Kelima ada kerah eton yang sekilas tampak seperti kerah kemeja yakni jatuhnya sebagian menempel pada garis leher dan sebagian lagi menempel pada garis bahu, tapi dibuat tanpa memakai penegak.

  • Kegunaan: Kerah eton sering digunakan pada jaket trucker, jaket coach, jaket chore, jaket harrington dan berbagai model jaket yang lain.  
  • Gaya: Memberikan tampilan yang stylish dan elegan.

Model Kerah Jaket

Sumber : https://www.etonshirts.com/

6. Kerah Peter Pan

Keenam ada kerah peter pan alias peter pan collar yang memiliki bentuk bulat kecil dengan ujung tumpul.

  • Kegunaan: Kerah peter pan ini lebih sering digunakan pada jaket wanita dan juga jaket anak-anak.
  • Gaya: Memberikan tampilan yang feminim dan elegan.

Model Kerah Jaket 

Sumber : https://www.etsy.com/

7. Kerah Shiller

Ketujuh ada kerah shiller yang termasuk ke dalam jenis kerah rebah, tapi dapat berdiri tanpa penegak dan apabila ditutup menjadi kerah tegak.

  • Kegunaan: Kerah shiller sering digunakan pada shearling jacket, jaket kulit maupun model jaket yang lain.
  • Gaya: Kerah shiller dapat menciptakan tampilan yang klasik dan menonjol.

Dari segi desain, kerah shiller ini umumnya memiliki bagian atas dan kerah bagian bawah yang terdiri dari satu potongan. Kerah shiller tidak memiliki kampuh pada garis luar kerah lipatan kain, tetapi mempunyai rever dan garis patahan kerah.

Model Kerah Jaket

Sumber : https://www.usa.bardot.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa model kerah yang umum digunakan pada jaket. Sebagai salahh satu elemen penting dari jaket, pemilihan jenis kerah dapat memengaruhi keseluruhan penampilan dan kesan yang ingin ditampilkan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.