Article

Homepage Article Kain Tekstil 7 Jenis Bahan Kain Yang…

7 Jenis Bahan Kain Yang Bagus Untuk Membuat Jaket Parka

Jaket parka menjadi salah satu jenis jaket yang multifungsi yang sangat cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari hawa dingin dan angin sekaligus dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan fashion pria dan wanita. Untuk mendapatkan jaket parka yang berkualitas penting bagi anda untuk mengenal bahannya terlebih dahulu.

Jaket parka termasuk ke dalam jenis jaket modern yang memiliki ciri sangat khas yakni dilengkapi dengan hoodie, tali pinggang dan bagian badannya dibuat cukup panjang. Karena digunakan sebagai pakaian luar maka bahan yang digunakan untuk membuatnya harus kuat dan tidak mudah robek, mudah kering, ringan dan bersifat anti air.

Beberapa karakteristik paling mendasar yang membedakan jaket parka dengan jaket lainnya yaitu:

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pria dan model jaket wanita lainnya. Bahkan panjang jaket parka bisa mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan, jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.
  • Jaket parka memiliki hoodie jadi bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari dan hujan ringan.
  • Jaket parka sangat cocok dikenakan ketika cuaca sedang dingin atau hujan. Desainnya yang hangat dan stylish akan memberikan kesan keren saat dipakai untuk beraktifitas.

Bahan Jaket Parka

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket parka. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain kanvas, kain taslan, kain parasut, kain mayer, kain ZN, kain micro, kain despo dan berbagai kain lain yang sejenis.

1. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan untuk membuat jaket yang tebal, kuat dan memiliki serat benang yang terlihat sangat jelas pada permukaan kainnya. Bahan kanvas ini dipilih untuk membuat jaket karena sangat cocok untuk dijadikan bahan jaket dengan model kasual dan setengah resmi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain kanvas diantaranya:

  • Kain kanvas memiliki sifat menghangatkan sehingga sangat cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari angin dan udara dingin.
  • Kain kanvas terkenal kuat dan tidak mudah robek.
  • Kain kanvas cukup tebal, awet dan tahan pada semua medan serta kondisi cuaca.
  • Kain kanvas mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga lumayan cepat.
  • Kain kanvas tidak mudah kusut walau digunakan berulang kali untuk aktivitas yang berat sekalipun.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain kanvas sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain kanvas marsoto merupakan jenis kain kanvas yang cukup tebal dengan tekstur salur. Walaupun cukup tebal kain kanvas ini masih nyaman digunakan sebagai bahan jaket parka.

Kain baby kanvas katun merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik yakni bertekstur halus, lebih tipis dan tidak kaku bila dibandingkan kain kanvas lainnya.

Sama halnya dengan kain baby kanvas katun, kain baby kanvas TR ini juga mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku bila dibandingkan kain kanvas lainnya.

Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.blibli.com/

2. Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi. Kain ini umumnya terbuat dari benang sintetis bertekstur yang ditenun secara modern sehingga didapatkan kain yang lembut, ringan tapi kuat dan mempunyai daya tahan tinggi.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan jaket taslan diantaranya:

  • Bahan jaket taslan tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca. Selain itu bahannya juga cukup tebal dan memiliki tesktur yang lentur.
  • Bahan jaket taslan akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Sebagian besar kain taslan umumnya bersifat anti jamur dan anti minyak jadi sangat mudah dibersihkan. Proses pengeringan bahan jaket taslan juga tidak memakan waktu lama.
  • Bahan jaket taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Bahan jaket taslan bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain taslan sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan dan bersifat water-resistant.

Kain taslan milky merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu).

- Kain taslan milky memiliki permukaan kain yang licin dan kerapatan serat bahannya cukup tinggi.

- Bahan yang digunakan di dalam pembuatan kain taslan milky merupakan polyester (serat sintetis) dengan kualitas sistem yang bagus.

- Kain taslan milky dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat kering ketika dipakai beraktivitas.

Kain taslan risptop MG merupakan bahan jaket yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) serta lapisan coating bening yang anti air (water repellent).

Kain taslan salur WP (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester dengan tektur salur (seperti garis) dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan sehingga bagian luar dan dalam kain berwarna sama. Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Kain taslan milky (MG) merupakan jenis kain taslan produksi lokal yang memiliki lapiaan anti air berwarna putih (milky). Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.humblezing.com/

3. Kain Parasut

Kain parasut merupakan salah satu kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain ini sebenarnya cenderung tipis dan ringan tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain parasut diantaranya:

  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan dengan detergen selain itu proses pengeringannya juga cepat.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga bisa dipakai sepanjang hari. Setelah dicuci jaket parka cukup dilipat atau digantung dengan rapi tanpa harus disetrika.
  • Kain parasut bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain parasut sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain parasut milky mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir) karena dilengkapi dengan coating milky (warna putih susu).

Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) memiliki lapisan bening anti air dan permukaannya tampak agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat.

Kain parasut loreng biway mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

Kain parasut metalik merupakan bahan jaket yang bagus, bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.

Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.blibli.com/

4. Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap. Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket parka karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan kain mayer diantaranya:

  • Kain mayer termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet dan mampu bertahan di segala cuaca meski bahannya relatif tipis, lembut dan lemas.
  • Kain mayer sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket karena mampu akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat ketika berada di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain mayer mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.
  • Kain mayer tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain mayer bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan mayeryang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain mayer sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain mayer merupakan bahan jaket yang bagus, mempunyai sifat yang lembut, lemas dan mengkilap walaupun kainnya ketebalannya medium. Kain ini tidak mempunyai sifat anti air.

Kain mayer lokal (MG) memiliki karakteristik lembut dan tidak kaku, tipis, ringan serta memiliki banyak variasi warna. Kelebihan lainnya kain ini memiliki sifat hidrophobik (kemampuan menolak air) yang cukup baik.

Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.maskoolin.com/

5. Kain ZN

Kain ZN merupakan bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Kain ini secara umum mempunyai sifat cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalan kainnya sama dengan taslan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian bagus kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat jaket parka.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan kain ZN diantaranya:

  • Kain ZN termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus, awet, lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan kain taslan.
  • Selain awet kain ini juga mampu bertahan di segala cuaca termasuk di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain ZN mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga tidak membutuhkan waktu lama.
  • Kain ZN tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa tampak rapi meski digunakan berkali-kali dalam kurun waktu yang cukup lama.
  • Kain ZN bisa diandalkan saat musim hujan karena sebagian besar memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain ZN sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain ZN merupakan bahan jaket yang bagus, mempunyai sifat yang mirip dengan kain taslan, namun tekstur kainnya berbeda karena lebih lemas dan lebih berat. Ketebalannya sama dengan taslan dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan GN merupakan kain jenis kain taslan tahan air yang kuat dengan tekstur yang lembut. Sebagai bahan jaket parka yang berkualitas bagus, kain ini mampu melindungi pemakainya agar tetap hangat ketika terkena angin dan hujan saat berkegiatan.

Kain taslan ZN (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester yang lembut dan lebih tipis namun kuat dan mempunyai sifat anti air.

Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.tokopedia.com/

6. Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi kain ini sebenarnya memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika di gunakan.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan kain micro diantaranya:

  • Kain micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil.
  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuatnya sangat halus dan lembut.
  • Kain micro memiliki sifat menghangatkan karena selain kuat kain ini juga mampu menahan angin walau permukaannya tampak lembut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain micro yang didesain khusus sebagai bahan jaket parka biasanya tidak mudah kusut jadi tidak perlu disetrika setelah dicuci dan dikeringkan.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain microfiber merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Kain microfiber ini tidak memiliki sifat anti air.

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis bahan jaket dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain micro bintik sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket parka.

Kain micro WP merupakan sejenis bahan micro (mikro) tipis yang mempunyai lapisan anti air (waterproof). Bahan ini terasa lembut karena jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat.

Kain mikro ripstop merupakan salah satu jenis kain micro yang halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

 Jaket Varsity Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

7. Kain Despo

Kain despo merupakan sejenis kain yang kalau dipegang cenderung licin, halus, ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air). Sebagai bahan pembuatan jaket kain ini secara umum memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet, mudah kering dan tidak mudah kusut.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan kain micro diantaranya:

  • Kain despo termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet, cenderung licin, halus, ringan dan mampu bertahan di segala cuaca.
  • Kain despo akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain despo mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain despo tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain despo bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan despo yang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain despo sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain despo merupakan salah satu kain windbreaker/penahan angin yang bertekstur halus, namun tidak menolak air. Kain despo memiliki serat yang sangat kecil sehingga tampak licin, jatuh dan tidak mudah kusut.

Kain despo polos merupakan jenis kain windbreaker (penahan angin) namun tidak mempunyai lapisan anti air, agak halus, tidak kaku.

Jaket VarsityJaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan jaket parka di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan jaket parka yang berkualitas, selalu gunakan bahan kain yang memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah sobek, mudah kering, ringan dan lebih bagus lagi kalau bersifat anti air.

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka, Pola Jaket Parka Parasut dan Pola Jaket Parka Parasut Metalik dari kami. Pola jaket parka yang dijual di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.