Article

Homepage Article Fashion Design 7 Manfaat dan Penerapan…

7 Manfaat dan Penerapan Lapisan Anti Air Yang Tahan Lama (DWR)

Biasa menggunakan jaket tahan air maupun perlengkapan outoor lainnya yang didesain tahan air?. Untuk meningkatkan sifat tahan air dan mengembalikan sifat tahan air yang dimilikinya kamu bisa mengaplikasikan yang namanya DWR (Durable Water Repellent).

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang DWR

DWR (Durable Water Repellent) adalah lapisan pelindung yang diaplikasikan pada bagian luar kain untuk membuatnya tahan air. Jadi ketika kain terkena air lapisan DWR (Durable Water Repellent) akan memberikan perlindungan tambahan dengan membuat air menggelinding di permukaan kain alih-alih meresap ke dalam kain.

DWR 

Sumber : https://shopee.co.id/

Meskipun kain yang dilapisi DWR (Durable Water Repellent) menjadi tahan air, pada dasarnya DWR (Durable Water Repellent) tidak akan mempengaruhi lapisan yang ada di dalam kain jaket (baik laminasi ataupun coating) dan daya breathability pada kain.

DWR

Sumber : https://zpacks.com/

Manfaat Utama DWR

Mau tahu lebih banyak tentang manfaat dan tujuan dari penggunaan DWR (Durable Water Repellent)?. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari penggunaan DWR (Durable Water Repellent) yang penting untuk kamu ketahui.

1. Meningkatkan Ketahanan Air

DWR (Durable Water Repellent) berperan penting untuk meningkatkan kemampuan tahan air dan menjaga agar kain tetap kering saat terkena air dengan tetap menjaga breathability pada bahan kain.

  • DWR (Durable Water Repellent) membantu agar air menggulung dan jatuh dari permukaan kain.
  • DWR (Durable Water Repellent) mencegah air agar tidak meresap ke dalam kain dan membuatnya menjadi basah.

DWR

Sumber : https://www.nrs.com/

2. Menjaga Kenyamanan Tubuh

DWR (Durable Water Repellent) dapat membantu menjaga kenyamanan pemakai terutama dalam kondisi cuaca basah.

3. Mengurangi Berat Pakaian

DWR (Durable Water Repellent) secara tidak secara langsung bisa mengurangi berat pakaian dan menjaga pakaian agar tetap ringan saat terkena hujan dengan cara mencegah penyerapan air agar tidak meresap ke dalam kain.

DWR

Sumber : https://thetrek.co/

4. Memperpanjang Umur Pakaian

Dengan mengurangi penyerapan air, DWR (Durable Water Repellent) juga bisa memperpanjang umur pakaian dan membantu mencegah kerusakan pada kain yang disebabkan oleh kelembapan berlebihan.

5. Meningkatkan Kinerja Pakaian

DWR (Durable Water Repellent) sering digunakan pada pakaian dan perlengkapan outdoor, seperti jaket, jas hujan, tenda dan tas ransel, untuk memastikan perlengkapan tersebut tetap berfungsi dengan baik dalam kondisi basah.

DWR

Sumber : https://alpkit.com/

6. Mempertahankan Sifat Isolasi

Pada pakaian isolasi seperti jaket bulu atau sleeping bag, DWR (Durable Water Repellent) membantu menjaga sifat isolasi dari bahan pengisi dengan mencegah penyerapan air.

7. Mengurangi Penyerapan Kotoran

DWR (Durable Water Repellent) juga membantu mencegah kotoran dan noda meresap ke dalam serat kain, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

DWR

Sumber : https://thetrek.co/

Kelebihan dan Kekurangan

Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, DWR (Durable Water Repellent) juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Kelebihan DWR

Beberapa kelebihan yang dimiliki DWR (Durable Water Repellent) diantaranya:

  • DWR (Durable Water Repellent) membuat pakaian tahan air sambil tetap menjaga kemampuan bernapas (breathability).
  • DWR (Durable Water Repellent) dapat melindungi pakaian dari kotoran dan noda.
  • DWR (Durable Water Repellent) menambah kenyamanan dalam kondisi cuaca yang basah.
  • Kekurangan DWR

Beberapa kekurangan yang dimiliki DWR (Durable Water Repellent) diantaranya:

  • Efektivitas  DWR (Durable Water Repellent) bisa berkurang setelah beberapa kali pencucian dan pemakaian.
  • Perlu perawatan ulang secara berkala untuk menjaga efektivitas dan performanya setelah penggunaan yang berulang dan pencucian.

Penerapan dan Perawatan

Terkait dengan aplikasinya pada produk pakaian maupun perlengkapan outdoor yang lain, DWR (Durable Water Repellent) biasanya diterapkan oleh produsen pada tahap akhir produksi kain atau pakaian untuk meningkatkan ketahanan air mereka.

Berikut adalah beberapa contoh di mana DWR (Durable Water Repellent) sering diterapkan:

  • Pakaian Outdoor: Jas hujan, jaket gunung dan celana outdoor sering dilapisi dengan DWR untuk menjaga pemakai tetap kering dalam kondisi cuaca basah.
  • Perlengkapan Outdoor: Tenda, ransel dan penutup ransel sering kali diberi lapisan DWR untuk melindungi barang-barang dari kelembapan.
  • Pakaian Ski dan Snowboard: Pakaian yang digunakan untuk olahraga musim dingin sering kali memiliki lapisan DWR untuk mencegah salju dan air mencair meresap ke dalam kain.
  • Sepatu dan Boots: Sepatu dan boots terutama yang dirancang untuk hiking atau kegiatan di alam bebas, dilapisi dengan DWR untuk melindungi kaki dari air.
  • Sarung Tangan dan Topi: Aksesori seperti sarung tangan dan topi terutama yang digunakan dalam kondisi basah atau berangin, sering dilapisi dengan DWR.
  • Sleeping Bag: Sleeping bag yang digunakan untuk camping sering kali memiliki lapisan DWR untuk menjaga kehangatan dan kering di lingkungan lembap.

DWR DWR

Sumber : https://www.amazon.in/, https://www.amazon.de/

Namun karena lapisan DWR (Durable Water Repellent) bisa berkurang efektivitasnya seiring waktu dan pemakaian, terutama setelah beberapa kali dicuci maka untuk mengoptimalkan fungsi DWR tersebut kamu perlu melakukan perawatan yang tepat dan mengaplikasikan ulang lapisan DWR jika diperlukan.

Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan agar DWR (Durable Water Repellent) dapat bekerja dengan optimal yakni dengan memperbahurui kondisi DWR itu sendiri melalui teknik pencucian ataupun teknik reeproofing.

  • Pencucian

Cuci pakaian dengan deterjen khusus yang tidak merusak lapisan DWR (Durable Water Repellent).

  • Reproofing

Gunakan semprotan atau cairan reproofing DWR untuk menerapkan ulang lapisan DWR (Durable Water Repellent). Ikuti petunjuk pada produk reproofing untuk aplikasi yang tepat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa DWR (Durable Water Repellent) bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat pakaian lebih tahan air dan nyaman dipakai dalam kondisi cuaca buruk. Dengan perawatan yang tepat, lapisan DWR (Durable Water Repellent) pun bisa dipertahankan dan diperpanjang masa pakainya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket dan berbagai perlengkapan outdoor lainnya?. Sebagai referensi yuk intip koleksi Kain Parasut, Kain Taslan dan Bahan Jaket terbaik lainnya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.