Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Langkah Mudah Menggunting…

7 Langkah Mudah Menggunting Kain Keras Untuk Ban Pinggang

Ban pinggang dapat didefinisikan sebagai salah satu komponen busana yang menjepit garis pinggang suatu pakaian supaya tampilannya terkesan lebih rapi. Untuk alasan kenyamanan beberapa bahkan ada juga yang dilengkapi dengan kain keras sebagai pelapis pada bagian dalamnya. 

Memotong Kain Keras

Sumber : https://craftbymood.com/

Sedikit berbeda dengan cara pemotongan kain keras untuk kerah kemeja maupun bagian busana yang lainnya, kain keras yang digunakan untuk ban pinggang semestinya harus dipotong dengan cara khusus yakni dengan cara menyerong atau diagonal. 

Memotong Kain Keras

Sumber : https://blog.colettehq.com/

Kain keras yang dipasangkan pada ban pinggang memang bisa saja dipotong secara lurus, namun untuk celana atau rok yang memiliki lingkar pinggang cukup besar maka kain keras yang dipakai mutlak harus dipotong secara menyerong 45 derajat. 

Memotong Kain Keras

Sumber : http://threadtheoryblog.wordpress.com/

Tujuan utamanya adalah agar bagian kaian keras itu sendiri nantinya bisa melar saat dipasang mengikuti bentuk pinggul, sebagaimana kita ketahui kalau bentuk pinggang dari celana maupun rok itu biasanya cenderung membesar ke bagian pinggul. 

Memotong Kain Keras

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan untuk menggunting kain keras untuk ban pinggang celana maupun rok.

  • Letakkan kain keras di atas meja atau lantai yang rata kemudian lipat secara menyerong 45 derajat.
  • Tekan bagian ujung lipatan dengan menggunakan gunting atau benda lain hingga rata dan berbekas ketika dibuka kembali.
  • Jadikan garis bekas lipatan yang diperoleh dari langkah sebelumnya sebagai acuan untuk membuat banyak garis dengan jarak tertentu sesuai lebar ban pinggang yang ingin anda buat (misal 4.5 cm untuk celana pria dan 3.5 cm untuk celana/rok wanita).

Memotong Kain Keras

  • Setelah semua bagian kain keras selesai di garis maka selanjutnya anda tinggal menggunting kain keras tersebut tepat pada tanda garisnya.
  • Sambungkan tiap ujung lembaran kain keras hingga menjadi panjang.

Memotong Kain Keras

  • Buang sisa benang agar lebih rapi kemudian gulung lembaran kain keras yang sudah disambung. Supaya hasil gulungan kain keras tidak kembali terlepas anda bisa mengikatnya dengan menggunakan karet.
  • Kain keras siap digunakan untuk keperluan pembuatan ban pinggang rok wanita, celana pria, maupun celana wanita.

Memotong Kain Keras

Sumber : http://makromatutorial.blogspot.co.id/

Demikian tips mengenai cara menggunting kain keras untuk ban pinggang. Kalau anda ingin mengetahui bagaimana cara menjahit ban pinggangnya, anda bisa melihat tutorialnya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.