Article

Homepage Article Fashion Design 7 Jenis Tali Yang Biasa…

7 Jenis Tali Yang Biasa Digunakan Pada Jaket

Ada banyak jenis tali yang digunakan pada jaket. Masing-masing tali memiliki fungsi dan gaya tersendiri, tergantung pada jenis jaket dan tujuannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Fungsi Tali Pada Jaket

Tali merupakan benda yang terdiri dari untaian serat, benang atau bahan lain yang dikepang atau dipelintir menjadi satu. Untuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, tali sendiri dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti mengikat, menarik, mengangkat barang atau bahkan mengamankan objek.

Sementara dalam konteks fashion, tali juga memiliki berbagai fungsi yang penting baik dari segi fungsionalitas maupun estetika. Berikut adalah beberapa fungsi tali khususnya tali pada jaket yang penting untuk kamu ketahui.

  • Pengencang Hoodie

Tali pengencang hoodie merupakan tali yang biasa ditempatkan di sekitar tepi hoodie (penutup kepala). Fungsi utamanya yaitu untuk mengencangkan atau melonggarkan hoodie agar lebih pas di kepala, terutama saat cuaca berangin atau hujan.

  • Pengatur Pinggang

Tali serut di bagian pinggang digunakan untuk menyesuaikan fit jaket, sehingga lebih pas di badan atau untuk menjaga kehangatan dengan mencegah angin masuk.

  • Pengatur Pergelangan Tangan

Pada beberapa model jaket, tali atau pengencang di pergelangan tangan dapat digunakan untuk mencegah udara dingin masuk dan menyesuaikan lingkar lengan di sekitar pergelangan tangan.

  • Hiasan atau Detail Desain

Sebagai elemen dekoratif, tali juga bisa berfungsi untuk menambah gaya atau estetika jaket.

  • Pernyataan Gaya

Tali dengan warna atau pola tertentu bisa menjadi elemen yang mencerminkan identitas atau mengekspresikan kepribadian pemakainya.

Untuk pilihan bahannya, tali pada jaket biasanya terbuat dari bahan seperti nilon, katun, elastis maupun kulit dan dibuat dalam bentuk pipih maupun bulat. Setiap jenis tali memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung pada kebutuhan dan jenis jaket yang digunakan.

Jenis-Jenis Tali Jaket

Lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis tali yang umum digunakan untuk jaket.

1. Tali Kur

Tali kur merupakan tali terbanyak yang kerap digunakan untuk pelengkap jaket karena harganya yang murah dan relative kuat. Selain jaket, tali kur ini biasanya juga sering digunakan untuk tali jas hujan, tali celana, tali hoodie jumper, sweater dan lain sebagainya.

  • Tali kur termasuk ke dalam jenis tali yang kuat dan tahan lama.
  • Tali kur terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.
  • Tali kur dapat dijumpai dalam berbagai variasi warna yang berbeda, mulai dari yang gelap hingga yang terang.
  • Tali kur biasanya digunakan untuk mengencangkan atau mengatur lebar bagian pinggang maupun hoodie jaket.

Jenis Tali Untuk Jaket 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Tali Elastis (Elastic Cord)

Tali elastis (elastic cord) yang memiliki sifat elastis dan sering digunakan pada bagian pinggang atau pergelangan tangan untuk memberikan fleksibilitas dan kenyamanan.

Jenis Tali Untuk Jaket 

Sumber : https://www.thelaststitch.com/

3. Tali Paracord

Tali paracord merupakan tali yang terbuat dari bahan nilon yang sangat kuat dan serbaguna. Tali ini sering digunakan pada jaket survival atau jaket militer.

Jenis Tali Untuk Jaket

Sumber : https://www.jakartanotebook.com/

4. Tali Kulit (Leather Cord)

Tali kulit (leather cord) merupakan tali dari bahan kulit yang dapat memberikan tampilan lebih elegan pada jaket. Tali ini sering digunakan pada jaket kulit atau jaket dengan gaya klasik.

  • Tali kulit memberikan kesan mewah dan klasik pada tampilan jaket.  
  • Tali kulit sering digunakan pada jaket-jaket dengan kualitas tinggi dan desain yang lebih eksklusif.
  • Tali kulit sering digunakan sebagai penarik resleting, hiasan pada kancing dan aksen lengan jaket.
  • Tali kulit juga menambah daya tahan jaket dan memberikan tampilan yang lebih bertekstur pada jaket.

Jenis Tali Untuk Jaket

Sumber : https://www.acnestudios.com/

5. Tali Pita

Tali pita pada merupakan tali pada jaket yang biasanya digunakan sebagai elemen dekoratif  atau memberikan penyesuaian pada bagian tertentu.

  • Tali pita bisa digunakan sebagai aksen dekoratif di bagian depan, belakang atau lengan jaket.
  • Tali pita pada jaket sering kali dibuat dari bahan satin, grosgrain atau katun yang memberikan sentuhan feminin dan elegan.

Jenis Tali Untuk Jaket

Sumber : https://maisonspecial.co.jp/

6. Tali Bisban

Tali bisban merupakan tali yang biasa difungsikan untuk penutup pinggiran jaket supaya tampilannya menjadi tampak makin manis dan rapi, namun bisa juga dipakai untuk mengeratkan pada hoodie jaket. Untuk pilihan bahannya, bisban yang dipakai bisa dibuat dari bahan yang sama atau berlainan dengan bahan jaket.

Jenis Tali Untuk Jaket 

Sumber : https://frumble.co.uk/

7. Tali Rantai (Chain Cord)

Tali rantai (chain cord) merupakan tali yang kadang digunakan pada jaket untuk memberikan tampilan edgy atau unik. Tali rantai (chain cord) ini biasanya sering ditempatkan sebagai aksen di bagian tertentu seperti saku, lengan, garis leher dan bagian lainnya.

Jenis Tali Untuk Jaket

Sumber : https://www.farfetch.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa jenis tali yang biasa digunakan pada jaket. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih tali yang tepat untuk jaket yang akan kamu buat ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.