Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Jenis Payet Yang Biasa…

7 Jenis Payet Yang Biasa Dipakai Untuk Menghias Pakaian

Mau tampil lebih menarik dan gaya tanpa harus menggunakan aksesoris yang berlebih?. Salah satu alternatif pilihan paling tepat yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih pakaian yang dihiasi dengan detail payet sederhana. Sejenis hiasan pakaian yang berwarna mengkilap namun ada pula yang tidak.

Jenis-Jenis Payet

Sumber : http://tokoanggun.com/

Pemanfaatan payet sebagai hiasan pakaian sendiri sebenarnya sudah lama digunakan meski aplikasinya masih sangat terbatas yakni untuk jenis pakaian tertentu saja seperti kebaya. Efek berkilau yang dihasilkan dari payet tersebut akan memunculkan nuansa mewah dan elegan.

Jenis-Jenis Payet

Sumber : http://www.insgrum.com/

Setelah mengalami proses yang cukup panjang, akhirnya payet ini pun mulai banyak dikreasikan pada jenis pakaian lain seperti blouse dengan tujuan untuk memberikan efek yang lebih menarik pada tampilan pemakainya. Berikut beberapa jenis payet yang biasa diaplikasikan pada pakaian. 

Jenis-Jenis Payet

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Payet Batang

Payet batang merupakan jenis payet berukuran panjang yang memiliki bentuk seperti layaknya tabung atau silinder. Payet ini biasanya lebih banyak digunakan untuk gaun atau pakaian adat.

Jenis-Jenis Payet

Sumber : http://www.insgrum.com/

Payet Batang Patah

Sama-sama berentuk silinder, payet batang ini biasanya juga banyak digunakan untuk menghias gaun. Bedanya bentuk payet batang memang cenderung lebih pendek sehingga disebut sebagai payet batang patah.

Payet Piring

Payet piring dapat dibedakan ke dalam dua kategori yakni payet piring datar dan payet piring mangkuk. Kalau payet piring datar itu bentuknya cenderung tipis dan datar mirip kepingan CD, maka payet piring mangkuk ini bentuknya cenderung lebih cekung.

Jenis-Jenis Payet

Sumber : http://www.insgrum.com/

Baik payet piring datar maupun payet piring mangkuk, keduanya sama-sama termasuk ke dalam jenis payet yang dapat digunakan untuk membuat daun, sulur, batang, atau ragam kreasi rounce.

Payet Pasir

Payet pasir merupakan jenis payet yang berukuran paling kecil, fungsi utama dari payet pasir ini yaitu sebagai pengunci payet piring. Jika disulam rapat, payet pasir ini mampu menutupi satu bidang penuh pola sehingga memberi kesan mewah. 

Jenis-Jenis Payet

Sumber : http://www.pricearea.com/

Payet Tebu (Patahan)

Payet piring tebu termasuk ke dalam jenis payet yang ukurannya lebih pendek, bentuknya agak bulat persegi, dan memiliki lubang pada sumbunya. Sepintas payet jenis ini terlihat mirip seperti tebu yang sudah dikuliti.

Payet Lombok

Sesuai dengan namanya, bentuk payet ini sepintas terlihat sama seperti layaknya cabai (lombok). Sering digunakan sebagai variasi dalam membuat ronce atau rantai payet ini memiliki lubang pada pangkal payetnya.

Payet Padi

Payet padi memiliki tekstur yang sangat kaku dan keras jika dibandingkan dengan jenis payet lainnya. Dengan bentuknya yang unik seperti bulir padi, motif bunga dan daun bisa dibuat dari payet ini, namun akan lebih bagus lagi jika diberi tambahan payet pasir atau payet piring. 

Jenis-Jenis Payet

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.