A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: A non-numeric value encountered

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 426

7 Jenis Kulit Berdasarkan Desain dan Tujuan Pemakaiannya

Article

Homepage Article Fashion Design 7 Jenis Kulit Berdasarkan…

7 Jenis Kulit Berdasarkan Desain dan Tujuan Pemakaiannya

Pemanfaatan kulit binatang sebagai bahan utama pelengkap kebutuhan manusia dewasa ini terus mengalami kemajuan yang cukup pesat. Salah satunya ditandai dengan banyaknya item fashion pria maupun wanita yang dibuat dari kulit binatang seperti kulit sapi, kerbau, kuda, domba, kambing, maupun binatang reptil lainnya.

Bahan Kulit

Sumber : https://noznoznoz.com/

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya berbagai macam kulit binatang tersebut baik itu berupa sapi, kerbau, kambing dan domba pada dasarnya dapat dibuat menjadi kulit full grain, corrected grain leather, nappa leather, brush-off leather, pull-up, suede, serta nubuck.

Bahan Kulit

Sumber : https://superdevresources.com/

Full Grain

Kulit full grain termasuk kedalam salah satu jenis bahan kulit berkualitas tinggi yang memiliki ketahanan cukup baik dari kerusakan. Bagian luar dari kulit full grain secara keseluruhan masih terbilang alami sehingga tekstur alami dari kulit binatang terlihat cukup jelas.

Bahan Kulit

Sumber : http://aurorashoeco.blogspot.co.id/

Corrected Grain Leather

Corrected grain leather merupakan jenis bahan kulit yang memiliki permukaan tambahan atau buatan yang diemboss ke dalam. Untuk mengantisipasi cacat yang ada pada permukaan kulit, bahan tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu dengan mesin amplas kemudian dicat dengan menggunakan cat sintetis.

Bahan Kulit

Sumber : http://www.athomefurniture.com.au/

Nappa Leather

Dalam industri pengolahan kulit istilah napa biasa digunakan untuk mendefinisikan bahan kulit yang lembut. Jenis kulit ini sebagian besar terbuat dari anak domba atau anak kerbau. Karena kelembutannya bahan kulit napa menjadi mudah retak dan pecah. Tampilannya juga cenderung lebih mengkilap jika dibandingkan dengan kulit full grain. 

Bahan Kulit

Sumber : http://www.ehow.com/

Brush-Off  (Patent Leather)

Kulit brush-off atau patent leather secara keseluruhan memiliki permukaan yang licin dan mengkilap karena dikerjakan dengan bahan akhir yang protektif seperti cat acrylic atau bahan tahan air. Patent leather sendiri termasuk kedalam jenis kulit yang mudah untuk dibersihkan.

Bahan Kulit

Sumber : http://leather-online.it/

Pull-Up

Kulit pull-up yang biasa digunakan sebagai bahan utama pelengkap kebutuhan manusia pada dasarnya dapat diperoleh dari pengolahan lanjutan kulit full grain. Untuk mendapatkan bahan kulit yang cenderung lebih tipis dan mudah dibentuk, kulit full grain tersebut dapat ditarik dengan peralatan khusus. Semakin kuat ditarik warna dari kulit ini akan semakin memudar.

Bahan Kulit

Sumber : http://www.leathercleaningrestorationforum.com/

Suede

Suede merupakan bagian dalam dari kulit binatang yang memiliki tekstur lembut dan halus. Kulit suede umumnya diperoleh dari lapisan yang dipisahkan dari bagian top grain suatu kulit. Berbeda dengan bahan kulit lainnya kulit suede ini akan berubah warna ketika terkena air.

Bahan Kulit

Sumber : http://leather-online.it/

Nubuck

Secara kasat mata kulit nubuck sebenarnya memiliki tampilan yang hampir sama dengan kulit suede. Hanya saja bahan utama yang digunakan untuk membuat kulit nubuck pada umumnya diambil dari bagian terluar kulit binatang yang dihaluskan menggunakan permukaan yang kasar supaya permukaan kulit menjadi lebih halus.

Bahan Kulit

Sumber : http://integraleather.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.