Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik Tentang Jaket…

7 Fakta Unik Tentang Jaket Denim

Jaket denim dikenal sebagai salah satu jenis basic wardrobe essential yang tak pernah lekang oleh waktu. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, jaket denim inipun ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Denim

Jaket denim dapat didefinisikan sebagai sebuah jaket yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain denim. Dengan karakteristik bahannya yang kuat dan kokoh, jaket ini sangat cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh ketika dingin sekaligus pelengkap gaya penampilan yang keren.

Jaket Denim

Sumber : https://www.harley-davidson.com/

Fakta Menarik Jaket Denim

Dengan tampilannya yang terkesan unik dan berbeda dengan jaket lainnya, lantas seperti apa asal mula terciptanya jaket denim dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Dibuat Untuk Pakaian Pekerja

Dilihat dari sejarahnya jaket denim konon pertama kali dibuat di Amerika Serikat oleh Levi Strauss. Jaket denim sendiri mulai dibuat setelah Levi Strauss menemukan kain denim sebagai bahan pakaian koboi dan pekerja tambang.

  • Jaket denim dulu banyak dipakai untuk melengkapi barisan koleksi celana jeans dan pakaian kerja terutama bagi para pekerja tambang.
  • Para pekerja memilih jaket denim karena bahannya yang bandel, tahan dari hawa dingin, hujan dan cuaca ekstrim.

Jaket Denim

Sumber : https://long-john.nl/

2. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Jaket denim memiliki bahan yang awet dan cenderung klasik, terutama karena kain denim yang dipakai untuk membuatnya terkenal tahan lama, tidak mudah rusak dan bersifat serbaguna.

Selain unggul dari segi kualitas bahannya, jaket denim juga termasuk ke dalam jenis outerwear yang tidak mudah kusut meskipun digunakan untuk jangka waktu lama.

  • Jaket denim memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut jaket denim juga tidak membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan kualitasnya.

Jaket Denim

Sumber : https://www.mhcworld.co.za/

3. Warna Dasar Jaket Denim

Jaket denim awalnya hanya dibuat dalam satu pilihan warna saja yakni biru, baru kemudian diproduksi dalam warna-warna lain seperti hitam, abu-abu dan masih banyak lagi.

  • Warna biru yang berkembang di masa lalu merupakan hasil dye dari tanaman indigo.
  • Warna biru dari tumbuhan indigo dipilih sebagai warna denim karena dikenal sebagai pewarna yang tidak mudah pudar.
  • Warna biru yang dihasilkan dari zat pewarna indigo juga cenderung gelap jadi kalau terkena kotoran tidak begitu tampak.

Jaket Denim

Sumber : https://www.candh.co.uk/

4. Menjadi Bagian Subkultur Grunge

Jaket denim punya sejarah penting yang membuka korelasi antara dunia musik dan dunia fashion. Dalam hal ini band rock juga turut berperan dengan menjadikan jaket dari bahan jeans sebagai representative visual mereka.

  • Jaket denim menjadi bagian dari sub cultur grunge (sebuah sub genre dari rock alternatif) pada tahun 1990.
  • Penggunaan jaket denim yang dipadukan dengan kemeja kotak-kotak flannel dipelopori oleh Kurt Cobain.

5. Perubahan Model Jaket Denim

Sejak pertama kali diciptakan sebagai pakaian pekerja hingga sekarang, jaket denim sebenarnya telah mengalami perubahan desain. Untuk mengetahui model awal jaket denim anda bisa menengok kembali model jaket denim klasik type I, II dan III yang dibuat oleh Levi’s.

  • Jaket Denim Type I

Jaket denim type I diciptakan oleh Levi’s pertama kali dari sisa bahan jeans. Jaket ini secara umum memiliki sebuah kantong simple pada bagian depan.

Jaket Denim

Sumber : https://www.okayamadenim.com/

  • Jaket Denim Type II

Tidak lama setelah jaket denim type I diluncurkan, Levi’s kemudian menambah sebuah kantong lagi pada bagian depan jaket, hingga menghasilkan jaket denim Type II.

Jaket Denim

Sumber : https://global.rakuten.com/

  • Jaket Denim Type III

Menyempurnakan temuan model jaket denim terdahulu Levi’s akhirnya meluncurkan Levi’s Type III dengan dua buah kantong yang berbentuk segitiga terbalik pada tahun 1962.

Jaket Denim

Sumber : https://www.ironheart.co.uk/

Dari ketiga model jaket denim klasik yang sudah disebutkan di atas, jaket denim type III yang dikenal juga dengan trucker jaket selanjutnya dijadikan sebagai template dasar dari kebanyakan jaket denim sekarang.

Meskipun awalnya hanya dibuat dalam bentuk sederhana model jaket denim inipun kemudian juga dimodifikasi menjadi lebih unik dan menarik. Beberapa ada yang dibuat dalam ukuran oversized namun tidak jarang pula yang memakai banyak tambahan detail.

Lebih jelasnya simak kembali 15 Model Jaket Denim Yang Bisa Anda Pilih Untuk Meningkatkan Kualitas Penampilan Anda.

6. Jaket Denim Dalam Fashion

Jaket denim sangat mudah dikombinasikan dengan beragam jenis item fashion, baik itu item fashion yang didesain dalam model two piece maupun one piece.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan pria, jaket denim dapat dikenakan sebagai luaran dari kaos dan kemeja yang dipadukan bersama celana jeans maupun celana bahan.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan wanita, jaket denim dapat dikenakan sebagai luaran dari kaos dan kemeja yang dipadukan bersama celana maupun rok wanita.
  • Untuk pelengkap gaya yang lebih feminim, jaket denim juga dapat dikenakan sebagai luaran dari dress wanita yang diciptakan dalam berbagai ukuran panjang.

7. Identik Dengan Gaya Casual

Sebagai salah satu jenis jaket yang cukup populer dikalangan pria dan wanita, jaket denim juga dapat diandalkan untuk berbagai macam acara yang bersifat casual.

  • Jaket denim menjadi salah satu jenis jaket yang paling umum dipakai untuk suasana casual.
  • Jaket denim dikenal pula sebagai jaket pengendara motor dengan gaya yang unik.
  • Jaket denim yang tebal dan hangat juga sangat cocok digunakan sebagai outfit harian ketika santai atau hangout.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar jaket denim yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa selain menarik dari segi tampilannya, ternyata banyak juga ya rahasia tersembunyi yang ada di balik jaket denim itu sendiri.

Tertarik untuk membuat jaket denim sendiri tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya?. Solusinya anda bisa mendownload Pola Jaket Denim siap pakai dari kami. Pola jaket denim yang dijual di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Kalau anda lebih butuh bahan kain denim untuk membuat jaket tapi masih belum tahu dimana bisa mendapatkannya, maka anda bisa memilih Kain Denim yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.