Article

Homepage Article Jahit Menjahit 10 Ide Kreatif Daur Ulang…

10 Ide Kreatif Daur Ulang Celana Jeans Yang Dapat Anda Coba Saat Liburan

Punya banyak koleksi celana jeans bekas yang masih bagus namun sudah tidak terpakai lagi?. Dari pada dibuang lebih baik gunakan celana tersebut untuk membuat berbagai kreasi barang serbaguna yang bermanfaat untuk pelengkap kebutuhan harian anda. Selain lebih hemat kegiatan menjahit ini juga dapat anda lakukan untuk mengisi waktu liburan anda lho.

Beberapa barang yang dimaksud diantaranya berupa rok jeans, smartphone case, mini sling bag dan masih banyak lagi. Mau tahu bagaimana cara membuatnya?. Supaya anda tidak makin penasaran simak dulu pembahasan berikut yuk.

1. Rok Jeans

Rok jeans dapat dikategorikan ke dalam jenis item fashion yang sangat praktis dan mudah dipadupadankan dengan busana penutup tubuh bagian atas model apapun, misalnya saja kaos, kemeja, crop top dan juga tanktop.

Untuk membuat rok dari celana jeans bekas, terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang dimaksud diantaranya berupa:

  • Celana jeans bekas (pilih yang ukurannya sesuai dengan tubuh anda).
  • Mesin jahit, benang jahit, jarum jahit, gunting, kapur kain dan pita ukur (metline).

Langkah-Langkah Membuat Rok

  1. Pertama-tama bentangkan celana jeans di atas meja dengan posisi bagian depan celana jeans menghadap anda.
  2. Ukur celana jeans mulai dari bagian pesak celana ke arah bawah dengan metline untuk menentukan seberapa panjang rok yang ingin anda buat lalu tandai bagian tersebut dengan kapur kain.
  3. Bongkar bagian sambungan pesak celana jeans dan sambungan belakang celana jeans dengan cara memotongnya mengggunakan gunting.
  4. Jahit bagian belakang rok jeans sesuai langkah-langkah berikut.
    • Ambil sisa potongan bagian bawah celana yang tidak terpakai untuk menambal bagian belakang celana jeans.
    • Pilih bagian sisi celana jeans yang memiliki jahitan sama dengan bagian belakang celana jeans lalu potong bahan tersebut menjadi berbentuk segitiga (sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan).
    • Tempelkan potongan bahan jeans yang sudah dibentuk menjadi segitiga pada sisi belakang jeans, kemudian jahit sesuai desain yang anda inginkan melalui bagian buruk bahan kain.
    • Setelah bagian belakang rok tersambung dengan sempurna selanjutnya balikkan rok tersebut hingga bagian baiknya berada diluar.
  5. Posisikan kembali bahan jeans agar menghadap anda, kemudian tumpuk potongan bahan jeans sebelah kiri depan di atas bagian kanan atau sebaliknya.  Jika diperlukan sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.
  6. Jahit sambungan bagian depan rok dengan menggunakan mesin jahit kemudian rapikan.
  7. Selesai menjahit rok biasakan untuk mengepresnya menggunakan setrika. Rapikan pula potongan bagian bawah rok dengan cara menjahitnya supaya sisa kain yang bertiras tidak mudah terurai.
  8. Sekarang kreasi rok dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : http://beautifulshoes.org/

2. Casing Smartphone

Selain difungsikan untuk melindungi ponsel, smartphone case juga dapat dijadikan sebagai aksesoris yang menarik. Buat sahabat Fitinline yang suka bereksperimen anda bisa menghias smartphone case yang polos dengan menggunakan kain jeans bekas supaya tampilannya terkesan lebih berkelas.

Untuk membuat kreasi smartphone case dari celana jeans bekas siapkan dulu berbagai alat dan bahan sebagai berikut:

  • Satu buah smartphone case polos.
  • Celana jeans bekas yang masih bagus.    
  • Gunting untuk memotong kain.
  • Double tape atau lem untuk merekatkan kain jeans dengan case polos.

Langkah-Langkah Membuat Smartphone

  1. Potong bahan jeans bekas sesuai ukuran smartphone case. Untuk memudahkan proses pelekatan tambahkan sekitar 1 cm di setiap sisinya.
  2. Lumuri smartphone case dengan lem. Kalau menggunakan double tape, tempelkan double tapenya di bagian sudut-sudut smartphone casenya saja.
  3. Tempelkan bahan jeans pada smartphone case secara perlahan. Supaya hasilnya lebih rapi tempelkan sisa kain yang berukuran 1 cm ke setiap sisi dalam case.
  4. Tekan-tekan perlahan setiap sisi untuk memastikan bahwa kain telah merekat dengan baik.
  5. Sekarang kreasi smartphone case dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.alibaba.com/

3. Hanging Pocket Organizer

Kreasi barang berbahan jeans selanjutnya yang bisa anda buat yakni berupa hanging pocket organizer yang sangat berguna. Dengan bermodalkan celana jeans bekas, barang-barang kecil yang berserakan di kamar anda dijamin akan jadi lebih tertata dan terlihat rapi.

Untuk membuat pocket organizer siapkan dulu beberapa alat dan bahan sebagai berikut:

  • Kumpulkan beberapa buah celana jeans kemudian ambil bagian saku belakangnya saja. Saku yang anda pakai bisa berjumlah 5 atau lebih sesuai dengan kebutuhan.
  • 1 buah kanvas ukuran minimal 40 cm x 50 cm.
  • 1 lembar kain katun yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran kanvas.
  • Lem perekat.

Langkah-Langkah Membuat Hanging Pocket Organizer

  1. Tempelkan seluruh saku pada kain katun dengan menggunakan lem. Dalam menata kantong ini anda bisa berkreasi sebebas mungkin.
  2. Bila sahabat Fitinline memiliki mesin jahit, akan lebih baik jika anda merekatkan kantong pada kain katun dengan cara menjahitnya.
  3. Jika semua saku jeans sudah selesai tertempel selanjutnya lapisi bagian belakang kain katun dengan kanvas. Kain katun hingga ke bagian rangka belakang kanvas dengan menggunakan lem.
  4. Tekan-tekan perlahan supaya kain katun dan kanvas bisa merekat dengan lebih baik.
  5. Sekarang kreasi hanging pocket organizer dari saku celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Denim Slippers

Biasa berkeliling di dalam rumah dengan menggunakan sandal?. Barangkali kreasi denim slippers dari saku celana jeans berikut bisa anda jadikan referensi yang tepat untuk menghangatkan kaki sekaligus menjaga kaki agar tetap bersih.

Untuk membuat denim slipers siapkan dulu beberapa alat dan bahan sebagai berikut:

  • Satu lembar bahan foam hitam untuk alas. Usahakan untuk memilih alas yang cukup tebal paling tidak 1 cm.
  • 2 buah saku belakang celana jeans dan kain jeans bekas secukupnya.
  • Benang dan jarum jahit tangan.

Langkah-Langkah Membuat Denim Slippers

  1. Buat pola kaki di atas foam hitam kemudian potong pola tersebut menggunakan cutter.
  2. Dengan cara yang hampir sama buat pola kaki di atas jeans bekas kemudian potong bahan jeans tersebut dengan bantuan gunting yang tajam.
  3. Jahit saku celana jeans pada masing-masing bahan jeans bekas yang sudah dipotong sesuai pola kaki. Ruang yang terbentuk antara saku dan bahan jeans ini nantinya akan menjadi bagian kepala slippers.
  4. Supaya jahitan yang terbentuk lebih kuat anda bisa menjahitnya dengan menggunakan tusuk jelujur atau tikam jejak yang mudah untuk dibuat.
  5. Setelah saku berhasil terjahit dengan bahan jeans selanjutnya tempelkan bagian tersebut pada foam hitam dengan teknik tusuk jelujur atau tikam jejak.
  6. Dalam membuat kreasi slippers dari bahan kain usahakan untuk selalu menyatukan kain dan alas slippers dengan cara menjahitnya agar lebih kuat.
  7. Sekarang kreasi denim slippers dari saku celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://vripmaster.com/

5. Mini Sling Bag

Butuh tas kecil untuk menyimpan uang atau koin saat bepergian?. Sahabat Fitinline bisa membuat sendiri mini sling bag dari saku celama jeans bekas yang sudah tidak terpakai. Untuk membuat mini sling bag ini siapkan dulu alat dan bahan sebagai berikut:

  • 2 buah saku celana jeans bekas yang sudah tidak terpakai. Saat memotong saku jeans tambahkan kampuh sebesar 2 cm di setiap sisinya.
  • Bahan denim dengan lebar 2 cm dan panjang sekitar 80-90 cm untuk tali tas.
  • Benang dan jarum jahit tangan.
  • Aksesoris untuk menghias sling bag.

Langkah-Langkah Membuat Mini Sling Bag

  1. Ambil dua buah saku jeans yang sudah anda siapkan sebelumnya kemudian lipat seluruh kain sisa yang ada di pinggir saku jeans.
  2. Jahit lipatan saku tersebut dari sisi dalam untuk menyatukan kedua kantong.
  3. Jahit tiap tepi potongan kain yang sudah anda siapkan untuk tali sling bag kemudian pasang tali tas tersebut pada sisi  kanan dan kiri sling bag.
  4. Sebagai penyelesaian akhir anda bisa menghias sling bag dengan aksesoris unik sesuai kebutuhan anda.
  5. Sekarang kreasi mini sling bag dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://shabbyshe.com/

6. Tatakan Gelas

Taplak meja yang terdapat di rumah anda sering kali kotor karena terkena percikan air dari gelas yang basah?. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda bisa menambahkan tatakan gelas di atas meja sebelum meletakkan gelas di atasnya.

Tanpa harus membeli tatakan gelas yang mahal sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Untuk membuat kreasi tatakan gelas siapkan dulu beberapa alat dan bahan sederhana sebagai berikut.

  • Bahan denim dari jeans bekas yang sudah dipotong dengan lebar 1 cm dan panjang sekitar 60 cm.
  • Lem kain atau lem putih sebagai perekatnya.

Langkah-Langkah Membuat Tatakan Gelas

  • Tentukan terlebih dahulu mana bagian atas dan bawah kain yang anda inginkan.
  • Lumuri seluruh bagian bawah kain dengan lem secara merata kemudian gulung kain tersebut ke arah dalam secara perlahan. Pastikan gulungan yang anda buat tidak menyisakan celah sedikit pun.
  • Tekan-tekan gulungan secara perlahan supaya bahan kain bisa merekat lebih kuat antara satu dengan yang lainnya.
  • Sekarang kreasi tatakan gelas dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.popsugar.com/

Selain dibuat dalam bentuk gulungan, tatakan gelas berbahan celana jeans bekas ini sebenarnya juga bisa dibuat dalam bentuk lain misal bulat atau kotak. Supaya tatakan gelas dapat difungsikan dengan baik anda perlu menggunakan 2 lembar kain.

Celana Jeans

Sumber : https://www.etsy.com/

7. Tote Bag

Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya. Selain dibuat dari bahan kain kanvas, kain spundbond dan kain blacu, tote bag ini ternyata juga bisa dibuat dari celana jeans bekas lho.

Untuk membuat totebag dari celana jeans bekas mula-mula siapkan mesin jahit, jarum jahit, benang jahit, pensil atau kapur kain, gunting, penggaris, bahan kain, serta perlengkapan lain yang akan digunakan untuk membuat tote bag.

Tentukan seberapa besar ukuran tote bag yang akan anda buat. Untuk ide pembuatan tote bag, sahabat Fitinline bisa mencoba beberapa ukuran berikut ini:

  • 30 x 35 cm untuk tote berukuran sangat kecil.
  • 35 x 40 cm untuk tote berukuran sedang.
  • 60 x 50 cm untuk tote berukuran besar.

Langkah-Langkah Membuat Tote Bag

  1. Potong celana jeans bekas kain sesuai ukuran yang telah anda tetapkan, hingga diperoleh dua lembar kain berbentuk segi empat dengan ukuran yang sama.
  2. Gabungkan dua buah potongan kain persegi empat menjadi satu dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  3. Jahit bagian sisi kiri, kanan, dan bawahnya dengan menggunakan jahitan lurus, hingga menyisakan celah yang terbuka di bagian atasnya lalu obras.
  4. Balikkan badan tote bag supaya bagian baiknya berada di luar kemudian rapikan celah bagian atas tote bag dengan cara melipat dan menjahitnya dengan pola jahitan berbentuk lurus.
  5. Lipat badan tote bag ke dalam tiga bagian secara memanjang, kemudian tandai bagian lipatannya menggunakan kapur kain.
  6. Pasangkan gantungan tote bag pada bagian yang telah di tandai sebelumnya lalu jahit gantungan tas tersebut dengan badan tote bag secara bersamaan.
  7. Sekarang kreasi tote bag dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.ringsandtings.com/

8. Pouch

Celana jeans bekas bisa juga dibuat pouch lho. Pouch sendiri merupakan suatu kantung yang biasa digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang dalam berbagai macam ukuran. Untuk membuat pouch ini siapkan dulu beberapa alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Gunting, penggaris dan alat tulis.
  • Jarum pentul, jarum jahit tangan dan benang.
  • Kancing pakaian yang berukuran besar.
  • Mesin jahit (opsional).
  • Celana jeans bekas.

Langkah-Langkah Membuat Pouch

  1. Ukur bagian ujung bawah celana ke arah atas dengan menggunakan penggaris. Ukuran yang direkomendasikan yaitu 25 cm.
  2. Balikkan potongan ujung celana jeans, lalu jahit sepanjang bekas potongan bahan jeans tersebut dengan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus. Supaya lebih rapi obras bagian tepi potongan bahan jeans.
  3. Balikkan kembali potongan bahan yang sudah selesai dijahit supaya bagian baiknya berada di luar kemudian lipat ujung potongan bahan yang terbuka sehingga menghasilkan efek menyerupai amplop.
  4. Tandai bagian tengah bukaan tersebut dengan menggunakan pensil atau kapur kain untuk menempatkan karet elastis.
  5. Pasangkan karet elastis pada salah satu sisi bukaan bahan utama pouch bag dan juga kancing pada bagian utama pouch.
  6. Sekarang kreasi pouch dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : http://www.jessicarebelo.com/

9. Keset

Untuk membuat keset dari celana jeans bekas siapkan dulu alat dan bahan sebagi berikut:

  • Satu lembar bahan denim dengan ukuran 70 x 40 cm yang diambil dari potongan celana jeans bekas. Lembaran kain ini nantinya akan menjadi alas keset.
  • Bahan denim yang dipotong kecil dengan ukuran lebar 5 cm untuk isian keset.
  • Gunting, jarum jahit, benang jahit dan mesin jahit.

Langkah-Langkah Membuat Keset

  1. Ambil potongan bahan kain yang sudah anda siapkan sebagai alas keset lalu tempelkan bahan denim yang memiliki lebar 5 cm di atasnya.
  2. Untuk menciptakan efek yang menarik, anda bisa menyusun kain tersebut secara teratur mulai dari salah satu alas tepi keset sambil dikerut dan dijahit sedikit demi sedikit.
  3. Lakukan proses menjahit ini sampai seluruh bagian keset terisi dengan potongan kain denim.
  4. Sekarang kreasi keset dari celana jeans bekas yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Bean Bag

Bean bag merupakan sejenis sofa besar berbentuk karung tanpa rangka yang diisi menggunakan butiran styrofoam pada bagian dalamnya. Untuk membuat kreasi bean bag dari celana jeans bekas sahabat Fitinline cukup mempersiapkan celana jeans, benang, ritsleting, serta butiran styrofoam.

Langkah-Langkah Membuat Bean Bag

  1. Potong-potong celana jeans anda seperti layaknya anda akan membuat kreasi patchwork. Untuk menciptakan kombinasi warna yang menarik anda bisa menggabungkan beberapa warna jeans.
  2. Sambungkan bahan-bahan tersebut hingga membentuk dua lembaran bahan yang besar dan memiliki bentuk persegi.  
  3. Tumpuk kedua bahan tersebut dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan kemudian jahit ketiga sisi bahan dengan mesin jahit.
  4. Pertemukan kedua bagian sambungan bahan yang masih terbuka kemudian jahit kembali dengan pola jahitan berbentuk lurus. Untuk memasukan isian bean bag sisakan celah sekitar 15 cm.
  5. Balikkan karung berukuran besar tersebut sehingga bagian baiknya berada diluar.
  6. Sekarang sahabat Fitinline tinggal memasukkan butiran styrofoam kedalam karung berukuran besar hingga penuh dan menutup bagian yang terbuka dengan cara menjahitnya menggunakan tangan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.thespruce.com/

Selamat mencoba tips dari kami rumah sahabat Fitinline. Kalau anda punya ide menarik lainnya terkait dengan pemanfaatan celana jeans bekas share ya...

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian maupun produk kerajinan tangan lainnya?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.