Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik dan Menarik…

7 Fakta Unik dan Menarik Tentang Coat Alias Mantel

Dikenal sebagai salah satu pakaian yang paling serbaguna dalam dunia fashion, coat atau mantel coat ternyata juga memiliki sejarah panjang yang menarik untu ditelusuri lho. Buat kamu yang penasaran berikut kami bagikan beberapa fakta menarik tentang coat yang perlu kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Coat

Coat dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis pakaian hangat yang memiliki desain cukup unik dan berbeda dengan model outer lain. Tak hanya melindungi tubuh pemakainya dari cuaca buruk seperti hujan, angin, salju dan cuaca dingin, atau mantel coat juga bisa menjadi statement fashion yang kuat.

Fakta Menarik Coat

Mau tahu seperti apa asal usul munculnya atau mantel coat sampai akhirnya menjadi salah satu fashion item yang populer seperti sekarang?. Berikut beberapa fakta menarik tentang coat (mantel) dalam dunia fashion yang penting untuk kamu ketahui.

1. Sudah Ada Sejak Lama

Konsep penggunaan atau mantel coat sudah ada sejak zaman kuno. Dimana pada masa itu orang-orang di Mesir Kuno dan Romawi kerap menggunakan mantel untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca dingin.

2. Jadi Simbol Status Sosial

Mantel coat menjadi pakaian yang sangat populer selama Abad Pertengahan di Eropa. Beberapa bahkan juga sering kali dihiasi dengan lambang dan pola yang menunjukkan status sosial penggunanya.

  • Para aristokrat baik pria maupun wanita di abad 15 dan abad 16 menggunakan coat yang menyerupai gaun sebagai outerwear.
  • Pada Lukisan Henry VIII dari tahun 1530-an ditemukan pula outerwear sepanjang lutut dengan bagian depan terbuka.

3. Perubahan Fungsi Coat

Dari yang awalnya digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca yang kurang bersahabat dan simbol status sosial, fungsi utama mantel coat lambat laun mulai bergeser menjadi fashion statement bagi para fashionista.

Dengan bentuknya yang cenderung longgar, coat bahkan juga kerap difungsikan untuk menutupi lekuk tubuh para wanita saat mengenakan hijab agar tampilan yang dihasilkan terlihat lebih stylish.

4. Perubahan Model Coat

Perubahan coat yang paling signifikan pada outerwear di dunia fashion baru mulai terlihat jelas pada abad 18 dan 19. Dimana pada saat itu coat lengan panjang mulai menggantikan posisi cape sebagai alternatif outerwear untuk pria maupun wanita.

  • Seperti layaknya fashion item yang lain trend coat juga berubah dari waktu ke waktu.
  • Model, warna dan gaya coat pun berkembang menjadi sangat bervariasi dari satu dekade ke dekade berikutnya.

Untuk pilihan modelnya beberapa model coat yang bisa jadi bukti adanya perubahan model coat antara lain berupa:

  • Trench Coat

Trench coat trench merupakan mantel yang memiliki ciri dan karakteristik sangat khas yakni berkerah lebar, berpotongan panjang, serta memiliki kancing yang jumlahnya lumayan banyak.

  • Trench coat klasik klasik kebanyakan dibuat dalam warna khaki dan memiliki ikat pinggang.
  • Trench coat memiliki panjang yang bervariasi, mulai dari sebatas lutut hingga betis.

Model Coat

Sumber : https://shop.nordstrom.com/

  • Swing Coat

Swing coat merupakan mantel yang biasa diciptakan dalam ukuran panjang hingga sebatas lutut dengan siluet yang melebar mulai dari pinggang kebawah, dilengkapi dengan kerah, dua buah saku depan, serta beberapa kancing untuk menutup belahan coat.

Model Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

  • Toggle Coat

Toggle coat merupakan mantel yang dilengkapi dengan hoodie (penutup kepala) pada bagian garis lehernya, kancing atau pengait unik yang dapat menimbulkan kesan vintage serta dua buah saku besar di bagian badan depan.

Model Coat

Sumber : https://www.yesstyle.com/

  • Pea Coat

Pea coat merupakan mantel bergaya klasik dan berpotongan lurus yang mempunyai detail kancing rangkap dari metal, kayu atau plastik. Model coat yang satu ini biasanya dilengkapi pula dengan saku tempel atau saku vest vertikal di bagian depan.

Model Coat

Sumber : https://clothbase.com/

5. Perubahan Bahan Coat

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, coat sendiri awalnya banyak dibuat dari bahan yang bersifat anti air. Tapi kalau untuk sekarang bahan yang dipakai untuk membuat coat justru jauh lebih beragam dan dapat memberi kesan stylish pada pemakainya.

  • Untuk membuat trench coat bahan yang umum dipakai biasanya berupa kain drill dan kain wol.
  • Untuk membuat swing coat bahan yang umum dipakai biasanya berupa kain wol, bahan tweed, bahan kulit, kain bludru dan faux fur.
  • Untuk membuat toogle coat bahan yang umum dipakai biasanya berupa kain wol, kain fleece dan bahan suede.
  • Untuk membuat pea coat bahan yang umum dipakai biasanya berupa kain wol, bahan tweed dan kain corduroy.

Simak juga :

6. Model Coat Paling Ikonik

Dari berbagai model coat yang ada, trench coat menjadi salah satu jenis coat (mantel) yang paling ikonik dalam sejarah fashion.

Trench coat awalnya dirancang untuk tentara selama Perang Dunia I oleh perusahaan fashion Inggris, Burberry.
Sampai saat ini trench coat tetap menjadi pilihan outer yang elegan digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari.
Trench coat juga telah menjadi pilihan model coat unisex yang populer untuk pria dan wanita.

7. Jadi Statement Fashion

Coat atau mantel sering digunakan sebagai statement alias pernyataan gaya yang kuat dalam fashion. Salah satu alasannya yaitu karena coat dapat menjadi fokus utama dalam penampilan yang mencerminkan kepribadian serta selera fashion pemakainya.

Selain itu coat juga sering kali menjadi atribut karakter superhero dalam komik, film dan budaya pop.

  • Karakter fiksi seperti Sherlock Holmes digambarkan sebagai tokoh mengenakan matel panjang yang ikonik.
  • Mantel juga sering digambarkan dalam film-film noir sebagai simbol misteri dan keanggunan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang coat yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan kamu tentang coat ya.

Simak juga 8 Tips Memilih Coat Yang Cocok Untuk Iklim Tropis.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.