Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Tentang Normcore…

7 Fakta Tentang Normcore Style dan Baju Yang Identik Dengan Gaya Tersebut

Dikenal sebagai salah satu fashion style yang mengutamakan kesederhanaan dan menekankan pada penampilan yang biasa, berikut beberapa fakta menarik tentang normcore style fashion yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Normcore Style

Normcore style adalah suatu gaya berpakaian yang normal seperti daily wear. Normcore pada umumnya berkembang dalam gaya casualwear dan streetwear dimana kedua gaya tersebut merupakan gaya yang paling popular dalam busana ready to wear saat ini.

Dapat pula dikatakan bahwa normcore sebenarnya merupakan sebuah istilah yang menunjukan gaya berbusana yang sederhana seperti orang pada umumnya, nggak ada yang istimewa dan jauh dari kesan kemewahan.

Normcore Style

Sumber : https://www.cosmopolitan.de/

Fakta Menarik Normcore Style

Mau tahu bagaimana awal mula munculnya normcore dan penerapannya dalam dunia fashion saat ini?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu berikut kami bagikan beberapa fakta menarik tentang normcore style fashion yang penting untuk kamu ketahui.

1. Awal Mula Istilah Normcore

Istilah normcore pertama kali muncul ketika sebuah trend forcasting group asal New York bernama K-Hole berkolaborasi dengan research organization, Box 1824 asal Sao Paulo, mengeluarkan trend report mereka yang berjudul “Youth Mode: A Report on Freedom” pada Oktober 2013.

  • K-Hole sendiri merupakan trend forcasting group yang didirikan oleh lima orang yang berpengalaman dalam dunia marketing, yaitu Greg Fong, Sean Monahan, Chris Sherron, Emily Segal dan Dena Yago.
  • Sementara trend report yang dirumuskan oleh K-Hole kala itu memuat tentang lima subjudul yaitu The Death of Age, Youth Mode, Mass Indie, Acting Basic dan Normcore.

Normcore Style

Sumber : https://www.midlibrary.io/

2. Filosofi Normcore Style

Istilah normcore merujuk pada kemampuan beradaptasi manusia dengan keadaan sekitar mereka yang bertujuan untuk membangun koneksi luas dan nyata. Hal tersebut diperjelas oleh Emily Segal, salah satu pendiri K-Hole yang menyatakan bahwa Normcore bukan tentang menjadi sederhana.

Normcore juga mendukung penuh jiwa muda untuk memilih bagaimana ia mengerti sesuatu, mencoba sesuatu hal yang baru serta membuat kesalahan dengan mengetahui batasan yang berlaku.

3. Identik Dengan Warna Netral

Normcore tidak mengenal warna-warna cerah, karena sebagian besar memakai warna netral, seperti hitam, putih, navy blue, beige dan abu-abu.

Normcore Style

Sumber : https://vocal.media/

4. Menomorsatukan Kenyamanan

Normcore lebih menomorsatukan kenyamanan, karenanya trend ini tidak mengenal dress atau celana yang terlalu ketat. Bahkan sekalipun kamu menggunakan pakaian yang biasa saja dan sama dengan banyak orang, bukan berarti kamu menjadi tenggelam dan tidak terlihat.

  • Normcore dideskripsikan sebagai cara baru untuk terlihat keren dengan berpakaian sama seperti orang pada umumnya.
  • Normcore menjadi sebuah bentuk gebrakan agar siapapun yang memakainya bisa merasa lebih nyaman tanpa harus takut diusik soal self identity dan status sosial.

5. Sarat Akan Basic Item

Normcore sarat akan basic items yang memiliki nilai fungsional tinggi. Untuk pilihan modelnya beberapa fashion item yang kerap dikaitkan dengan normcore style antara lain berupa:

  • T-shirt alias kaos yang memiliki desain cukup simple yakni cenderung polos dan terasa sangat nyaman dikenakan dalam cuaca panas.
  • Kemeja yang dilengkapi dengan kerah, saku serta kancing di bagian badan depan dan dapat digunakan untuk kesempatan formal maupun casual.
  • Turtleneck alias busana dengan kerah tinggi yang didesain dalam bentuk ketat untuk menutupi dan menghangatkan seluruh bagian leher pemakainya.
  • Sweatshirt lengan panjang yang terbuat dari katun tebal dan sanggup menyerap keringat. Sweatshirt juga bisa menghangatkan tubuh sehingga cocok digunakan pada musim hujan.
  • Trousers yang didesain dalam potongan lurus untuk menutup pinggang sampai mata kaki dan membungkus batang kaki secara terpisah.
  • Celana jeans yang dibuat dari kain berbahan keras dan kuat yakni kain denim.
  • Sweater berbahan tebal yang dapat dipakai untuk menghangatkan tubuh di waktu dingin. Adakalanya sweter juga bisa dipakai setelah kemeja, kaos, blus dan baju lainnya.
  • Hoodie jumper yang dilengkapi dengan tudung bertali. Kata hoodie sendiri berasal dari bahasa inggris hood yang artinya tudung (penutup kepala).
  • Jaket yang dibuat khusus untuk menutupi tubuh bagian atas dengan bukaan di bagian depan. Selain menghangatkan tubuh, jaket bisa juga dipakai untuk memberi kesan stylish pada penampilan.
  • Coat alias baju panjang yang dipakai oleh laki-laki dan perempuan untuk melindungi tubuh agar tetap hangat dan sekaligus menjadi bagian dari gaya busana.
  • Sneakers yang biasa dirancang untuk olahraga atau bentuk kegiatan fisik lainnya tapi juga cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari.
  • Berikutnya ada sandal model slip on dan birkenstock juga menjadi ciri khas normcore style fashion.

Dilihat dari segi bahan atau materialnya pun tampilan normcore cenderung menggunakan material yang nyaman untuk beraktivitas dengan warna atau motif yang polos dan sederhana.

Simak juga Perbedaan Jaket, Sweater dan Hoodie Jumper Agar Anda Tidak Salah Pilih.

6. Bisa Diikuti Siapa Saja

Gaya berbusana normcore dapat diikuti siapa saja tanpa harus benar-benar terlihat tampil beda. Enam kata kunci yang dijabarkan tentang Normcore yaitu Situational, NonDeterministic, Adaptable, Unconcerned with authenticity, Emphaty over Tolerance, Post-Aspiritional.

7. Ikon Normcore Style

Dari sekian banyak orang yang menerapkan normcore style ke galam gaya busana mereka terdapat beberapa tokoh ikonik yang sedari dulu konsisten mengenakan basic fashion item yang terlihat santai. Salah satunya yakni Shia LaBeouf, seorang aktor dan juga sutradara asal Amerika Serikat.

Normcore Style

Sumber : https://www.popsugar.com/

Selain Shia LaBeouf, normcore style fashion juga identik dengan gaya berpakaian Steve Jobs dan Jerry Seinfeld yang terlihat biasa tapi tetap nyaman dan sesuai dengan karakter penggunanya.

Normcore Style

Sumber : https://lovergirl.tumblr.com/

Berikutnya ada Alexander Wang, Stella McCartney yang juga menjadi pahlawan normcore sejati. Gaya berpakaiannya yang santai bahkan tidak memiliki detail-detail khusus juga dijuluki “the new off duty model look”.

Normcore Style

Sumber : https://fashionista.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang normcore yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta unik tentang normcore style semoga pengetahuan kamu akan fashion jadi makin bertambah ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos, kemeja, jaket, hoodie jumper, celana jeans dan berbagai model pakaian lain yang tidka kalah menarik?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Download juga Pola Baju siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kaos, kemeja, jaket, hoodie jumper dan celana jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.