Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Tentang Motif Argyle…

7 Fakta Tentang Motif Argyle : Dari Sejarah Hingga Penggunaannya Kini

Merasa cukup familiar dengan motif argyle yang memiliki bentuk seperti berlian atau belah ketupat berlapis-lapis?. Dibalik tampilannya yang sedemikian unik, motif argyle ini ternyata juga memiliki sejarah yang panjang sekaligus fakta menarik yang sayang jika anda lewatkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam atikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Argyle

Motif argyle merupakan sejenis motif yang menyerupai bentuk berlian atau belah ketupat berlapis-lapis. Dilihat dari sejarahnya motif argyle sendiri termasuk ke dalam jenis motif yang cukup klasik dan dalam dunia fashion motif ini paling umum digunakan pada sweater serta kaus kaki berpola.

Motif Argyle

Sumber : https://shopee.co.id/

Fakta Menarik Motif Argyle

Mau tahu lebih detail lagi tentang sejarah dan perkembangan motif argyle dari masa ke masa?. Untuk menjawab rasa penasaran anda simak pembahasan berikut yuk.

1. Diciptakan Sekitar Abad ke-17

Motif argyle yang memiliki bentuk seperti diamond atau belah ketupat dengan garis tumpang tindih, asal mulanya bisa dibilang cukup misterius. Namun dari cerita yang berkembang, motif ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17.

2. Berasal Dari Argyll, Skotlandia

Motif argyle diketahui lahir dari sekelompok pria di daerah Argyll (sebuah wilayah di bagian barat Skotlandia) yang biasa menggunting kain tartan untuk menjadi penutup kaki. Dari situ potongan kain yang digunakan pada akhirnya membentuk sebuah motif argyle.

3. Pertama Digunakan Pada Kaus Kaki

Terinspirasi dari penutup kaki yang dikenakan oleh sekelompok pria Argyl, selamjutnya dikembangkan pula kaus kaki tradisional Skotlandia yang ditenun secara khusus dengan teknik rajut intarsia untuk para pria pada abad ke-19.

Teknik rajut intarsia sendiri merupakan sejenis teknik rajut bermotif tunggal yang biasa dilakukan untuk merajut produk fashion dari benang rajut multi-warna.

  • Teknik rajut intarsia memiliki rajutan yang sama dengan warna yang berbeda.
  • Teknik rajut intarsia memiliki desain berwarna sebagai blok yang didistribusikan dalam latar belakang warna yang berbeda.
  • Polanya terlihat identik pada bagian baik kain dan bagian belakang kain.

Motif Argyle

Sumber : https://shopee.co.id/

Dalam dunia animasi ada juga tokoh kartun yang sangat lekat dengan penggunaan kaos kaki bermotif argyle. Tokoh kartun yang dimaksud yakni tintin, seorang tokoh fiktif dalam komik serial Petualangan Tintin yang ditulis dan diilustrasikan oleh Georges Remi (kartunis dari Belgia).

4. Motif Ikonik Pringle of Scotland

Dari yang semula digunakan pada kaos kaki, motif ini selanjutnya diadaptasi sebagai salah satu motif ikonik merek kelas atas “Pringle of Scotland” asal Skotlandia. Menurut rumor yang beredar, merek ini juga yang menjadi pelopor lahirnya sweater bermotif argyle di tahun 1920-an.

Motif Argyle

Sumber : https://www.stylist.co.uk/

5. Motif Argyle di Amerika

Khusus di negara Amerika, motif argyle yang identik dengan gaya preppy dan geeky baru menjadi tren fashion di wilayak setempat ketika pemilik label Brooks brother membawa pulang potongan kain bermotif argyle tersebut dan memproduksinya di tahun 1949.

6. Motif Argyle di Inggris

Berikutnya pada tahun 1980-an, motif argyle menjadi sangat populer di kalangan pecinta musik punk dan ska di Inggris yang memadukan kaus kaki argyle dengan celana pendek dan sepatu bot. Tidak lama setelahnya motif inipun menjadi ikonik dalam budaya pop dan terus digunakan hingga saat ini.

Kepopuleran argyle sendiri juga diketahui semakin menanjak ketika para remaja dan orang dewasa memakainya untuk mendapatkan gaya ala preppy look, seperti layaknya style “pemuda elit” yang sanggup membeli pakaian mahal dari bahan-bahan yang terbaik.

7. Motif Argyle Masa Kini

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion masa kini, motif argyle sebenarnya tidak hanya diaplikasikan pada sweater dan kaos kaki, tapi motif ini bisa juga dijumpai pada vest rajut, cardigan,  crop top, tas, sepatu bahkan nail art (penghias kuku).

  • Vest Rajut

Vest rajut menjadi salah satu fashion item terpopuler setelah sweater dan kaos kaki yang dihias dengan motif argyle.

Motif Argyle

Sumber : https://www.alibaba.com/

  • Cardigan

Berikutnya ada cardigan yang nyaman dipakai untuk melindungi tubuh dari angin atau cuaca dingin yang kurang bersahabat.

  • Cardigan yang dilengkapi dengan kancing di bagian depan bisa anda pakai untuk pelengkap gaya penampilan semi formal hingga casual.
  • Sementara cardigan yang dibuat tanpa kancing lebih identik dengan pelengkap gaya casual.

Motif Argyle

Sumber : https://en.mixxmix.com/

  • Crop Top

Saat ini motif argyle juga banyak dijadikan sebagai motif crop top untuk kalangan wanita. Motif argyle yang dimaksud kebanyakan memiliki warna-warna yang lebih tua seperti merah tua, hitam dan abu-abu.

Motif Argyle

Sumber : https://shopee.co.id/

Baik pada sweater, kaos kaki, vest rajut, cardigan dan crp top, motif argyle sendiri biasanya banyak diaplikasikan pada seluruh bagian sweater atau hanya bagian depannya saja.

  • Jika anda lebih suka memakai busana yang full motif maka anda bisa busana yang dihias dengan motif argyle di seluruh bagian badan.
  • Jika anda lebih suka memakai busana yang sedikit motif maka anda bisa memilih busana yang hanya dihias dengan motif argyle di bagian badanya saja.

Tertarik untuk mengenakan fashion item yang dihias dengan motif argyle tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Untuk lebih memudahkan anda dalam memadupadankan busana yang bermotif argyle berikut beberapa referensi yang bisa anda coba.

  • Untuk anda yang suka berpenampilan simple anda bisa memadupadankan sweater argyle dan crop top motif argyle dengan berbagai model rok maupun celana jeans.

Motif Argyle

Sumber  https://id.pinterest.com/

  • Untuk anda yang lebih menyukai gaya layering anda bisa mengenakan vest rajut ataupun cardigan motif argyle sebagai outer dari kemeja, kaos, tanktop yang anda kenakan.

Motif Argyle

Sumber :  https://www.kohls.com/

  • Sementara kalau anda hanya ingin menjadikan motif argyle sebagai aksesoris anda bisa mengenakan tas atau sepatu yang dibuat dari bahan bermotif argyle.

Motif Argyle

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga Trend Argyle Sweater dan Padupadannya Yang Bisa Anda Coba dan 10 Tips Padupadan Argyle Cardigan Untuk Pelengkap Gaya Casual.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang motif argyle yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi tahukan seperti apa asal usul motif argyle dan pemanfaatannya dalam dunia fashion.

Download juga E-Book Ragam Motif Kontemporer Pada Kain Tekstil dari kami kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang macam-macam motif lain yang dapat dibuat untuk memperindah penampilan kain tekstil.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.