Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Tentang Baju Kurung…

7 Fakta Tentang Baju Kurung dan Penggunaannya di Masa Kini

Jadi salah satu model baju kekinian yang banyak disukai oleh para wanita di Indonesia, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang baju kurung yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Kurung

Baju kurung termasuk ke dalam salah satu jenis baju yang cukup populer di kalangan masyarakat Melayu di Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand bagian selatan. Seperti layaknya kebaya dan baju koko, baju kurung sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Baju Kurung

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Fakta Menarik Baju Kurung

Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang baju kurung yang penting untuk kamu ketahui.

1. Asal Usul Baju Kurung

Dilihat dari sejarahnya baju kurung sebenarnya termasuk ke dalam jenis pakaian tradisional yang memiliki akar dari tradisi Melayu dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-15.

  • Baju kurung konon pertama kali dirancang oleh Sultan Mansur Shah dari Melaka untuk istrinya Tun Fatimah.
  • Desain baju kurung terinspirasi dari pakaian tradisional yang dipakai pedagang Arab ketika mengunjungi Melaka.

2. Bisa Dipakai Pria dan Wanita

Baju kurung sebenarnya bisa dipakai oleh pria maupun wanita, meski sekarang ini ada kecenderungan untuk mengaitkan baju kurung hanya dengan kaum wanita. Berikut perbedaan paling mencolok antara baju kurung pria dan baju kurung wanita menurut buku “Pakaian Patut Melayu”.

  • Baju kurung untuk pria biasa dibuat dalam ukuran yang cukup panjang yakni di bawah pantat dan dilengkapi dua saku.

Baju Kurung

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Baju kurung untuk wanita biasa dibuat dalam ukuran yang sejajar dengan pangkal paha tetapi ada juga yang lebih panjang dan sejajar dengan lutut dan tidak memiliki saku.

Baju Kurung

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selebihnya baik itu baju kurung yang didesain untuk pria dan wanita, keduanya sama-sama tidak memakai kancing dan tidak memiliki kerah.

3. Pemanfaatan Baju Kurung

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan wanita, dulu baju kurung kerap digunakan oleh para wanita di lingkungan kerajaan Melayu untuk keperluan casual dan juga keperluan lain yang lebih formal.

  • Baju kurung yang memiliki detail mewah biasa dikenakan wanita Melayu dalam acara-acara resmi dan formal, seperti pernikahan, upacara keagamaan atau perayaan budaya.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih formal baju kurung dapat dikombinasikan bersama dengan kain songket sebagai sarung.
  • Untuk menyempurnakan penampilan dapat pula ditambahkan aneka perhiasan emas, tas kecil atau kipas.
  • Sementara untuk acara sehari-hari para wanita Melayu lebih sering menggunakan varian baju kurung yang lebih santai baik itu dengan hijab atau tanpa hijab.

Baju Kurung

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Popularitas Baju Kurung

Baju kurung juga populer di kalangan wanita Indonesia karena nyaman, sopan dan praktis digunakan untuk banyak keperluan. Selain praktis baju kurung juga memiliki makna budaya dan agama.

  • Baju kurung bisa dipakai sebagai outfit andalan pada perayaan penting seperti hari raya idul fitri, acara pernikahan dan upacara keagamaan.
  • Baju kurung juga melambangkan kesopanan, keanggunan dan kelembutan wanita yang mengenakannya.

Baju Kurung

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Desainnya Sangat Beragam

Meskipun memiliki desain dasar yang sama, baju kurung sebenarnya juga memiliki berbagai varian dan desain yang mencerminkan keberagaman budaya di setiap wilayah atau negara yang tercermin dari segi potongan, hiasan dan warna baju kurung.

Salah satu perubahan yang paling signifikan yaitu bisa dilihat dari munculnya baju kurung moden dalam versi yang lebih pendek dan lebih ketat dari baju kurung tradisional.

  • Baju kurung modern beberapa ada yang memiliki ukuran lebih pendek dan lebih pas badan.
  • Baju kurung modern dalam versi yang lebih ketat ini biasanya dilengkapi pula dengan rok yang lebih pendek dan lebih sempit.

6. Banyak Pilihan Bahannya

Selain memiliki desain yang beragam, bahan yang dapat digunakan untukmembuat baju kurung juga bisa dibilang cukup bervariasi. Beberapa contoh bahan kain yang dimaksud antara lain berupa kain satin, kain sutra, kain katun dan berbagai bahan lain yang sejenis.

7. Baju Kurung di Dunia Perfilman

Baju kurung sering digunakan dalam film-film dan produksi televisi untuk merepresentasikan keanggunan wanita Melayu dan menjadi bagian penting dari budaya Melayu.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang baju kurung yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan kamu tentang baju kurung ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju kurung?. Sebagai bahan pertimbangan intip yuk koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.