Article

Homepage Article Fashion Design 7 Dampak Buruk Memakai Baju…

7 Dampak Buruk Memakai Baju Baru Tanpa di Cuci Lebih Dulu

Biasa menggunakan baju yang baru kamu beli tanpa mencucinya terlebih dahulu?. Meski kelihatannya sepele, kebiasaan seperti ini ternyata bisa membawa dampak yang buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh kamu lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Apakah Baju Baru Perlu Dicuci Dulu?

Sering bertanya-tanya dalam hati terkait pentingnya mencuci baju baru sebelum pertama kali dipakai?. Sekalipun terlihat bersih dan bisa langsung dipakai, beberapa ahli menyarankan memang lebih baik jika baju tersebut harus dicuci dulu sebelum dipakai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mencuci Baju Baru

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dampak Memakai Baju Tanpa Dicuci

Mau tahu apa saja dampak yang bisa ditimbulkan dari penggunaan baju baru untuk pertama kali tanpa mencucinya terlebih dahulu?. Buat kamu yang penasaran simak pembahasan berikut yuk.

1. Iritasi Kulit

Memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu bisa menyebabkan iritasi kulit, karena baju baru yang belum melewati proses pencucian biasanya masih mengandung sisa-sisa bahan pewarna, bahan pengawet atau pelembut kain yang digunakan selama proses produksi baju.

2. Penularan Penyakit

Memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu bisa meningkatkan risiko penularan penyakit kepada orang lain karena kontaminasi kuman, bakteri dan mikroorganisme lain yang melekat pada pakaian selama proses produksi, distribusi dan penyimpanan baju.

  • Memakai baju baru tanpa mencucinya bisa meningkatkan risiko penularan penyakit dan dapat menjadi lebih tinggi jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui kontaminasi baju baru termasuk infeksi saluran pernapasan bahkan infeksi saluran pencernaan.

3. Reaksi Alergi

Menggunakan baju baru tanpa dicuci terlebih dahulu bisa menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap bahan tertentu, misal pewarna atau bahan kimia lainnya yang digunakan dalam proses produksi baju.

Reaksi alergi yang mungkin terjadi dari penggunaan baju baru yang memiliki kandungan zat kimia pun bermacam-macam, bisa berupa gatal-gatal, ruam kulit, bengkak, atau bahkan iritasi yang lebih parah pada kulit.

Mencuci Baju Baru

Sumber : https://www.liputan6.com/

4. Potensi Racun

Memakai baju baru terutama yang memiliki kandungan bahan kimia tertentu tanpa mencucinya terlebih dahulu, dalam jangka panjang bisa menyebabkan potensi keracunan maupun masalah kesehatan yang cukup serius.

5. Rasa Tidak Nyaman

Memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu bisa membuat tubuh tidak nyaman karena baju baru mungkin terkontaminasi dengan debu, kotoran atau partikel lain selama proses pengiriman atau penyimpanan.

6. Timbulnya Bau

Memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu bisa menyebabkan timbulnya bau tak sedap karena penyimpanan baju yang terlalu lama dan bahan kimia yang digunakan pada proses produksi baju.

Mencuci Baju Baru

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Resiko Luntur

Pada beberapa baju baru yang memiliki warna cerah atau berwarna gelap, kandungan zat pewarna yang belum terikat sepenuhnya dengan serat kain sangat beresiko luntur dan menodai kulit atau pakaian lain.

  • Warna baju baru yang luntur dapat menempel pada kulit terutama jika kamu berkeringat atau dalam kondisi basah.
  • Jika baju baru yang luntur bersentuhan dengan pakaian lain yang kamu kenakan, maka kemungkinan besar pakaian lain tersebut akan terkena warna yang luntur.
  • Efek luntur yang sulit dihilangkan dapat merusak penampilan dan membuat kamu merasa kurang percaya diri.

Mencuci Baju Baru

Sumber : https://id.pinterest.com/

Mengingat banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan baju baru tanpa dicuci terlebih dahulu, sebaiknya selalu cuci baju yang baru kamu beli sebelum pertama kali dipakai agar lebih aman buat tubuh ya.

  • Mencuci baju baru sebelum pertama kali dipakai dapat membantu menghilangkan atau mengurangi jumlah bahan kimia yang masih menempel pada pakaian tersebut.
  • Mencuci baju baru sebelum pertama kali dipakai bisa mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif.
  • Mencuci baju baru sebelum pertama kali dipakai juga membantu menghilangkan zat pewarna yang mungkin masih menempel dan mencegahnya menodai kulit maupun pakaian lain saat dipakai.
  • Mencuci baju baru sebelum pertama kali dipakai menghilangkan efek kasar dan lipatan yang mungkin dihasilkan selama proses produksi dan membuatnya lebih nyaman saat dipakai.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat mencuci baju baru yaitu pastikan kamu selalu membaca label perawatan pada pakaian sebelum mencucinya, karena ada beberapa jenis pakaian tertentu yang mungkin memerlukan perlakuan khusus dalam pencucian.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan mengenai alasan mengapa baju baru harus dicuci dan beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari penggunaan baju baru yang sama sekali belum dicuci. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menumbuhkan kesadaran buat kamu untuk lebih rajin mencuci baju baru tiap kali kamu ingin menggunakannya ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju baru?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Simak juga 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencuci Baju Baru Sebelum Memakainya.

Semoga bermanfat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.