Article

Homepage Article Fashion Design 7 Alasan Mengapa Kain Satin…

7 Alasan Mengapa Kain Satin Bridal Sangat Cocok Dijadikan Busana Pesta

Mencari alternatif bahan kain yang bagus dipakai untuk membuat busana pesta?. Untuk anda yang ingin tampil lebih glamor dan berbeda dari biasanya, mungkin anda bisa memilih kain satin bridal sebagai bahan utamanya. Selain menarik dari segi tamilan, kain ini sebenarnya juga memiliki banyak keistimewaan lain lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Satin Bridal

Kain satin bridal termasuk ke dalam jenis kain berbahan dasar serat filamen yang ditenun menggunakan teknik anyaman satin. Tujuan utama diterapkannya teknik tenun ini tidak lain adalah untuk mendapatkan permukaan kain yang mengkilap dan licin sehingga lebih terkesan mewah, anggun dan elegan saat digunakan.

Kain Satin Bridal

Sumber : https://fitinline.com/

Anyaman satin atau sateen sendiri diketahui merupakan salah satu anyaman dasar yang cukup populer dalam dunia tekstil. Beberapa ciri paling khas yang membedakan anyaman satin dengan teknik tenunan yang lainya yaitu:

  • Anyaman satin hanya menonjolkan salah satu efek pada permukaan kain, yaitu efek lusi atau efek pakan.
  • Anyaman satin dengan efek lusi dikenal dengan nama satin lusi.
  • Sementara untuk anyaman satin dengan efek pakan biasa disebut sebagai satin pakan.
  • Anyaman satin dapat digunakan pada semua jenis kain dengan kontruksi padat, tetapi kurang sesuai jika digunakan untuk kain dengan kontruksi terbuka atau jarang.
  • Titik-titik silang pada anyaman satin letaknya tersebar dan tidak bersinggungan satu sama lain.

Keistimewaan Kain Satin Bridal

Berbicara mengenai kain satin bridal, jenis kain yang satu ini secara umum memang memiliki banyak keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan kain satin yang lainnya. Beberapa karakteristik paling khas dari kain satin bridal yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Halus dan Licin

Karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain satin bridal adalah bahannya halus dan licin. Dengan karakterisriknya yang sedemikian unik tidak heran jika kain ini banyak dipakai untuk membuat baju pengantin dan gaun pesta.

2. Bahannya Mengkilat

Kain satin bridal memiliki tampilan yang mengkilat jadi ketika digunakan dalam acara atau perayaan yang banyak terdapat cahaya terang mampu memantulkan cahaya dan menarik perhatian orang untuk melihatnya.

3. Tampilannya Terkesan Mewah

Kain satin bridal identik dengan kesan glamor, sensual dan feminim jadi sangat cocok diandalkan untuk memunculkan kesan mewah pada suatu busana.

4. Tebal dan Kaku

Dibandingkan jenis bahan satin lainnya, kain satin bridal memang cenderung lebih tebal, kaku dan tampilannya terkesan mengembang saat digunakan.

5. Tidak Menerawang

Kain satin bridal termasuk ke dalam jenis kain yang berserat rapat, dengan begitu tampilannya jadi tidak menerawang saat digunakan. Penggunaan kain furing pada kain satin bridal inipun tidak bersifat wajib namun untuk amannya memang harus menggunakan furing.

6. Banyak Pilihan Warna

Kain satin bridal tersedia dalam banyak pilihan warna. Warna-warna yang dimiliki kain satin bridal inipun tentunya sangat menarik dan dapat disesuaikan dengan model busana yang akan dibuat.

7. Tidak Mudah Robek

Kelebihan lain yang dimiliki kain sati bridal yaitu bahannya kuat dan tidak mudah robek. Dengan pemakaian yang tepat, baju yang dibuat dari kain satin bridal bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Untuk masalah harga kain satin bridal memang biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Meski demikian hal tersebut tidak membuat kain satin bridal menjadi sepi peminat. Justru karena kualitasnya sudah teruji, tetap saja banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan utama untuk busana pesta.

Pemanfaatan Kain Satin Bridal

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion kain satin bridal sendiri sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tidak hanya terbatas pada gaun pengantin saja tapi kain satin bridal ini juga dapat digunakan untuk membuat dress wanita, rok wanita, tuxedo dan juga celana pesta.

1. Gaun Pengantin

Gaun pengantin menjadi salah satu jenis baju yang paling banyak dibuat dari kain satin bridal. Warna, gaya dan berbagai detail yang ditambahkan pada gaun pengantin ini biasanya selalu disesuaikan dengan tema acara dan budaya dimana sebuah pernikahan akan dilangsungkan.

Kain Satin Bridal

Sumber : https://www.dhgate.com/

2. Dress Wanita

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita kain satin bridal sangat ideal untuk dijadikan bahan dress wanita. Model dress wanita yang dibuat dari bahan inipun cukup bervariasi, beberapa diantaranya:

  • Cocktail dress yang biasa dipakai untuk pelengkap acara semi formal seperti pesta pernikahan dan pesta ulang tahun.
  • Maxi dress yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan.
  • Dress wanita model one shoulder yang hanya mempunyai satu lengan.
  • Sheath dress atau sack dress yang memiliki siluet pas dibadan dan cenderung bersifat semi-formal.
  • Empire dress yang memiliki perpotongan pinggang paling tinggi yakni pada bagian dada.

Kain Satin Bridal

Sumber : https://www.payszpz.tk/

3. Rok Wanita

Rok wanita yang didesain untuk keperluan pesta bisa juga dibuat dari kain satin bridal. Beberapa contoh model rok wanita yang banyak memanfaatkan kain satin bridal sebagi bahan utamanya yakni berupa:

  • Rok wanita model maxi yang panjangnya sampai mata kaki.
  • Rok wanita model fishtail yang memiliki ekor panjang seperti layaknya ikan.
  • Full length skirt yang diciptakan dalam ukuran cukup panjang dan sedikit menyentuh lantai.

Kain Satin Bridal

Sumber : https://www.asos.com/

4. Tuxedo

Tuxedo merupakan jas yang dikenakan di acara resmi seperti resepsi pernikahan atau makan malam. Ciri paling khas yang membedakan tuxedo dengan jas lainnya yaitu, tuxedo biasa dibuat dari bahan yang halus dan mengkilap seperti halnya kain satin bridal dengan kerah berbentuk melengkung.

Kain Satin Bridal

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Celana Pesta

Untuk menyempurnakan gaya penampilan pria dan wanita terdapat pula celana pesta yang banyak memanfaatkan kain satin bridal sebagai bahan utamanya.

  • Celana pesta pria yang dibuat dari kain satin bridal biasanya memiliki potongan yang lebih sederhana seperti celana formal pada umumnya.
  • Sedangkan celana pesta yang didesain khusus untuk wanita biasanya dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang lebih beragam.

Kain Satin Bridal

Sumber : https://www.neimanmarcus.com/


Butuh kain katun satin bridal berkualitas dengan harga murah untuk membuat gaun pengantin, dress wanita, rok wanita, tuxedo maupun celana pesta?. Sebagai bahan referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Bridal (NGR) kami Di Sini.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan dari kain satin bridal yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda tidak lagi menemukan kesulitan ketika hendak memilih bahan kain yang tepat untuk membuat gaun pengantin, tuxedo dan berbagai macam busana pesta lainnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.