Article

Homepage Article Kain 6 Syarat Bahan Pokok Untuk…

6 Syarat Bahan Pokok Untuk Membuat Busana Tailoring

Pengetahuan mengenai bahan tekstil atau bahan pakaian khususnya dalam pembuatan busana tailoring, menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap orang agar tidak salah memilih bahan kain yang baik sesuai dengan kegunaan dan merawatnya sesuai dengan jenis dan sifat kainnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Bahan Pokok Busana Tailoring

Bahan pokok busana tailoring merupakan material utama yang dipakai untuk membuat bagian luar busana tailoring. Dalam hal ini bahan utama yang digunakan biasanya berupa bahan yang berasal dari serat alam (wool) dan tahan panas, sementara ketebalannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Bahan Pokok Busana Tailoring

Sumber : https://www.senszio.com/

Syarat-Syarat Bahan Pokok

Untuk mengetahui lebih detail lagi seperti apa kriteria bahan kain yang bagus digunakan dalam pembuatan busana tailoring, berikut kami bagikan beberapa syarat utama yang harus dimiliki bahan pokok untuk teknik menjahit tailoring.

1. Mudah Di Press dan Dibentuk

Untuk membuat busana tailoring bahan yang dipakai hendaknya memiliki karakteristik mudah dipress dalam berbagai bentuk. Misalnya saja membentuk lipatan pada celana atau menghasilkan bentuk yang rata atau datar.

Bahan Pokok Busana Tailoring

Sumber : https://www.brentwilson.com.au/

2. Tahan Pada Temperatur Tinggi

Selain mudah dipress atau mudah dibentuk, bahan yang dipakai untuk membuat busana tailoring juga harus tahan pada temperature tinggi karena proses pembuatan busana tailoring sendiri banyak melibatkan pengepressan.

  • Dalam teknik menjahit tailoring, pressing biasa dilakukan sewaktu pekerjaan itu berlangsung. Bagian yang dipress meliputi kampuh, garis hias dan bagian lain agar bentuknya makin bagus.
  • Selain itu pressing juga dilakukan sebagai finishing / setelah pakaian selesai dijahit agar bentuknya jadi licin dan rata sehingga didapatkanlah pakaian dengan bentuk yang permanen.

3. Tidak Terlalu Lemas atau Kaku

Berikutnya bahan yang dipakai untuk busana tailoring hendaknya memiliki tekstur yang tidak terlalu lemas ataupun kaku.

Bahan Pokok Busana Tailoring

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Tidak Mudah Kusut

Untuk menghasilkan busana tailoring yang tampilannya senantiasa rapi pastikan bahan yang dipakai untuk membutnya cenderung tidak mudah kusut walau dicuci dan dipakai dalam waktu lama.

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah bahan dapat kembali kebentuk semula yakni dengan:

  • Meremas dan melepas kembali bahan kain.  
  • Menekan atau mendorong permukaan bahan dengan ibu jari.
  • Membentangkan bahan kain untuk mengetahui jatuhnya bahan.

5. Warna Bahan Kain

Dari segi warna, bahan yang digunakan untuk membuat busana tailoring umumnya berupa bahan polos atau tidak bercorak. Tujuan utamanya yakni untuk memperlihatkan detail-detail pakaian seperti garis hias, kantong, lubang kancing dan sebagainya.

  • Warna kain yang digunakan untuk membuat busana tailoring umumnya adalah warna-warna monocromatic atau warna yang sudah dicampur dengan warna putih maupunhitam.
  • Dengan adanya campuran tersebut maka warna yang dihasilkan jadi tidak terlalu menyolok atau warnanya lebih redup.

Khusus untuk pembuatan busana tailoring dengan model deux piece pemilihan warnanya pun biasa didominasi wama tunggal artinya penggunaan wama pada pakaian tidak di kombinasikan.

Sementara untuk pembuatan busana tailoring dengan model three piece pemilihan warnanya bisa dikombinasikan dengan wama yang berbeda. Dalam hal ini kombinasi wama yang dipilih bisa kombinasi warm yang herhubungan atau justru wama yang berlawanan / kontras.

6. Corak Bahan Kain

Yang dimaksud dengan corak yaitu motif-motif yang terdapat pada kain atau bahan yang dipakai untuk membuat busana tailoring.

Untuk model tailoring apabila memilih bahan yang bercorak maka corak yang dipilih adalah corak bentuk geometris seperti garis-garis atau kotak-kotak (plaid).
Sementara untuk bahan yang memiliki corak lain seperti corak bunga atau bentuk lain bisa dipilih yang corak yang warnanya sudah diredupkan.

Bahan Pokok Busana Tailoring

Sumber : https://www.senszio.com/

Dari semua kriteria yang ada, bahan wol berkualitas tinggi yang dibuat dari 100% serat alam tetap menjadi pilihan bahan yang paling cocok untuk membuat busana tailoring. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain wol yaitu:

  • Kain wol umumnya memiliki karakteristik cukup berat, hangat dan halus.
  • Kain wol bersifat ramah lingkungan karena reusable (dapat digunakan berkali-kali) dan dapat didaur ulang.
  • Kain wol juga termasuk jenis kain yang tahan lama dan mudah terurai secara alami di tanah.
  • Kain wol dapat menyerap air hingga dua kali beratnya, namun tetap terasa kering saat disentuh.
  • Daya serapnya yang hebat memberikan beberapa kelebihan alami lain seperti anti kerut dan tidak mudah terbakar.

Namun dengan semakin langkanya kain wol asli bisa juga dipilih bahan-bahan yang sudah di blend dengan serat lain. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas bahan atau untuk mengurangi sifat serat yang kurang baik.

  • Kombinasi wol dengan katun akan menghasilkan kain yang memiliki daya serap sangat tinggi, nyaman digunakan dan tahan lama.
  • Kombinasi wol dengan linen akan menghasilkan kain yang lebih kuat dan lebih baik.
  • Kombinasi wol yang lembut dengan polyester yang kuat akan menghasilkan bahan kain yang tidak mudah kusut.

Selain menggunakan kain wol yang dibuat dari 100% serat alami ataupun serat campuran terdapat pula berbagai pilihan bahan kain yang dapat diandalkan untuk pembuatan busana tailoring. Bahan kain yang dimaksud antar lain berupa:

  • Kain drill yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.
  • Kain twill yang sama-sama berserat diagonal seperti drill tetapi umumnya cenderung lebih tebal.
  • Kain gabardin yang sepintas tampak mirip dengan kain twill ataupun kain drill namun kerapatan kainnya sedikit lebih renggang.
  • Kain corduroy yang memiliki pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana tailoring?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Drill, Kain Twill, Kain Gabardin dan Kain Corduroy yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah syarat penting yang harus dimiliki bahan kain untuk pembuatan busana tailoring. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain mengandalkan keterampilan tangan, ketelitian, keuletan, kesabaran dan ketekunan, untuk menghasilkan busana yang bagus bahan pokok yang dipakai untuk membuatnya juga memperhatikan sejumlah syarat yang sudah disebutkan di atas.

Download pola jas dan pola baju safari siap pakai dari kami kalau anda ingin mencoba membuat jas dan baju safari sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi busana tailoring baik dari tampak luar maupun tampak dalam, simak juga pembahasan mengenai Syarat-Syarat Busana Tailoring.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.