Article

Homepage Article Kain 6 Rekomendasi Bahan Terbaik…

6 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Jaket Coach (Coach Jacket)

Jadi salah satu jenis jaket yang bisa diandalkan untuk aktivitas olahraga maupun berkendara di jalanan yang dingin, berikut beberapa contoh bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat jaket coach / coach jacket.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Coach

Jaket coach / coach jacket termasuk ke dalam jenis jaket bergaya klasik yang biasa didesain dengan siluet loose fit sehingga memungkinkan kamu untuk memadupadankannya sebagai pelengkap gaya layering dengan lebih mudah.

  • Jaket coach dikenal dengan gayanya yang simple dan elegan.
  • Jaket coach cenderung mengutamakan gaya klasik yang tidak lekang oleh waktu.
  • Jaket coach banyak digunakan sebagai jaket-jaket untuk aktivitas olahraga maupun aktivitas lain.
  • Jaket coach sering dihiasi dengan detail kualitas tinggi seperti kancing logam, saku di bagian badan depan, elastis di bagian ujung lengan dan jahitan yang presisi di seluruh bagian jaket.
  • Jaket coach biasanya memiliki kerah di bagian leher layaknya kerah kemeja pada umumnya.
  • Meskipun menonjol dalam hal gaya, jaket coach juga didesain dengan detail yang halus dengan tetap memperhatikan kenyamanan dan fungsionalitas.

Jaket Coach

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Bahan Pembuatan Jaket Coach

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jaket coach / coach jacket biasanya banyak dibuat dari bahan kain yang cenderung berbahan tipis sehingga lebih ringan dipakai namun tetap memberikan perlindungan maksimal.

  • Jaket coach biasa dibuat dari bahan yang anti air untuk menangkal angin dan air.
  • Warna-warna yang netral juga menjadi ciri khas yang membedakan jaket coach dengan jaket lain.

Untuk pilihan bahannya, beberapa contoh kain yang umum dipakai untuk jaket coach / coach jacket antara lain berupa:

1. Kain Taslan

Pertama ada kain taslan yang menjadi rekomendasi utama untuk bahan pembuatan jaket coach, karena memiliki fungsi yang sangat efektif untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan dalam intensitas rendah.

Jaket Coach

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Beberapa karakteristik paling khas yang menjadi alasan mengapa kain taslan sangat cocok digunakan untuk membuat jaket coach yaitu:

  • Kain taslan dikenal anti air, anti angin dan juga anti jamur.
  • Kain taslan juga punya sifat yang anti minyak sehingga sangat cocok untuk bahan jaket coach.
  • Kain taslan dapat melindungi tubuh pemakai dari hempasan angin dan juga hujan dengan intensitas rendah.
  • Kain taslan tidak mudah ditumbuhi jamur walau terlalu lama berada dalam suhu yang lembap.
  • Kain taslan memiliki permukaan yang lembut dan elastisitas yang tinggi sehingga semakin menambah kenyamanan jaket coach.

Khusus untuk pembuatan jaket coach, beberapa jenis kain taslan yang dapat digunakan yakni berupa kain taslan salur, kain taslan milky dan juga kain taslan coating bening.

2. Kain Parasut

Kedua ada kain parasut yang dibuat dari serat sintetis hasil olahan minyak bumi yakni serat poliester. Khusus untuk pembuatan jaket kain parasut sendiri variasinya ada banyak. Tapi yang umum dipakai yaitu berupa kain parasut bening dan kain parasut milky.

Jaket Coach

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa karakteristik paling khas yang menjadi alasan mengapa kain parasut bening dan kain parasut milky sangat cocok digunakan untuk membuat jaket coach yaitu:

  • Kain parasut bening memiliki lapisan berwarna bening sedangkan kain parasut milky memiliki lapisan putih susu di bagian buruk kain.
  • Kain parasut bening dan kain parasut milky cocok dijadikan bahan jaket coach karena memiliki sifat yang anti air dan dapat menghalau angin.
  • Kain parasut bening dan kain parasut milky bahannya tidak terlalu tebal, mudah kering dan tidak berbau.
  • Kain parasut bening dan kain parasut milky terkenal berkat ciri khas kainnya tipis dengan bobot sangat ringan.

3. Kain Mayer

Ketiga ada kain mayer yang karakteristiknya yang hampir sama dengan parasut, yakni cenderung tipis, mengkilap, tidak tembus air dan angin. Bedanya kain mayer ini sedikit lebih lembut dan lemas jika dibandingkan dengan kain parasut.

Jaket Coach

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Kain Micro

Keempat ada kain micro yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil sehingga kainnya terasa sangat lembut dan nyaman dipakai, tidak mudah kusut, mudah dibersihkan dan proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.

Jaket Coach

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Kain Despo

Kelima ada kain despo yang cenderung licin dan halus saat dipegang, bahannya ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air). Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah kusut, jaket coach dari kain despo akan senantiasa tampak rapi meski digunakan berkali-kali.

Jaket Coach

Sumber : https://thesilversky.id/

6. Kain ZN

Keenam ada kain ZN berbahan serat poliester yang mempunyai sifat cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalan kainnya sama dengan taslan.Selain awet kain ZN sendiri dikenal sebagai bahan jaket yang tampilannya senantiasa tampak rapi, mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan. 

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa jenis bahan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat jaket coach / coach jacket. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih bahan jaket coach yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Buat kamu yang ingin membuat jaket coach / coach jacket sendiri untuk keperluan olahraga atau keperluan lain yuk intip koleksi, Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Mayer, Kain Micro, Kain Despo, Kain ZN dan Bahan Jaket Yang Bagus lainnya di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.