Article

Homepage Article Pakaian Adat 6 Perlengkapan Pakaian Adat…

6 Perlengkapan Pakaian Adat Wanita Bali

Meski pada masing-masing daerah memiliki berbagai ornamen dengan makna simbolis masing-masing pada hakikatnya pakaian adat tradisional bali memiliki makna filosofi yang bersumber pada ajaran Sang Hyang Widhi, yakni Tuhan yang diyakini memberikan keteduhan, kedamaian dan kegembiraan bagi umat Hindu yang mempercayainya. Secara umum, pakaian adat tradisional yang dikenakan oleh pria Bali terdiri atas kebaya, kamen, bulang pasang, senteng atau selendang, sanggul, dan bunga sebagai penghias rambut.

 

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://guardiansky.kemakom.org

Kebaya

Pemilihan kebaya sebagai pakaian adat tradisional Bali tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menonjolkan keanggunan dan kecantikan wanita Bali. Pada prinsipnya kebaya yang digunakan hendaknya bersih, rapi, dan sopan.

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://www.azamku.com/

Kamen

Dalam adat Bali kamen merupakan kain berukuran lebar yang berfungsi untuk menutup tubuh bagian bawah. Sebagai lambang sakti, penggunaan kamen pada wanita dipasangkan melingkar dari kiri ke kanan pada bagian pinggang  dengan tingi kurang lebih satu telapak tangan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah penggunanya untuk melangkah atau berjalan. 

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://www.mardetymardinsyah.com

Bulang Pasang

Bulang pasang merupakan selendang panjan yan dililitkan dibagian pinggang dan berfungsi sebagai lambang penjaga rahim serta mengendalikan segala hal yang bersifat buruk.

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://ekasusila-photography.com/

Selendang

Dalam adat bali penggunaan selendang diartikan sebagai simbol agar selalu siap membenahi putra pada saat melenceng dari ajaran dharma. Hal ini mengandung makna untuk mengendalikan segala hal yang bersifat buruk.

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://wayanyasa.wordpress.com

Sanggul

Sanggul merupakan istilah yang menggambarkan penataan rambut dengan gaya dan bentuk tertentu yang memberikan ciri khusus pada seseorang di suatu daerah tertentu. Dalam adat Bali terdapat berbagai variasi hiasan yang dapat membedakan status pemakainya. Pusung gonjer diperuntukkan bagi wanita yang belum menikah atau masih lajang, pusung tagel hanya diperuntukkan bagi wanita yang sudah menikah atau sudah memiliki suami. Sementara pusung podgala atau pusung kekupu biasanya dipakai untuk wanita yang menyandan status janda.

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://gayarambut.net/

Bunga

Pemakaian bunga cempaka putih, cempaka kuning, serta bunga kamboja yang dipasangkan ditelinga, tidak hanya untuk memberikan kesan keindahan saja namun penggunaan juga memiliki maksud dan tujuan tersendiri. 

Pakaian Adat Wanita Bali

Sumber : http://www.tattoopins.com/

Dalam penggunaan pakaian adat bali sering pula ditambahkan pelengkap berupa kipas serta alas kaki. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada sang pencipta, penggunaan pakaian adat bali yang bagus dan rapi dapat diartikan sebagai suatu bentuk penghormatan seorang tuan rumah kepada tamu yang berkunjung kerumahnya. Semoga bermanfaat.

Tags: jual bajujual baju batikjual baju onlinejual pakaian wanitajual pakaian onlinetoko baju batiktoko baju batik onlinetoko baju batik wanita dan priatoko baju onlinetoko baju wanitatoko busana onlinebeli baju batikbeli baju batik wanita dan priabeli baju onlinegambar baju batikdesain baju batikfashion batikfashion wanitafashion baju terbarufashion designfashion designerdesigner indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.