Article

Homepage Article Fashion Design Gomesi Pakaian Tradisional…

Gomesi Pakaian Tradisional Uganda

Uganda merupakan salah satu negara di dunia yang terletak di benua Afrika. Nama negara ini berasal dari kerajaan Buganda yang wilayahnya dahulu mencakup bagian selatan Uganda. Seperti halnya negara-negara lain di dunia, negara eksotis ini juga memiliki pakaian tradisional yang dikenal dengan nama gomesi. 

Gomesi Uganda

Sumber : http://ugandansatheart.org

Penggunaan gomesi sebagai baju tradisional Uganda mulai populer sejak tahun 1940. Desainnya sendiri banyak dipengaruhi oleh baju seragam sekolah yang banyak digunakan di Uganda saat itu. 

Gomesi Uganda

Sumber : http://bypetronella.com

Ciri khas paling menonjol dari busana gomesi terdapat pada bagian lengannya yang menggelembung. Tepat di bagian kiri dan kanan garis leher depan dihiasi dengan masing-masing satu buah kancing berukuran besar. Busana ini memiliki panjang hingga batas mata kaki dan diikat longgar dengan selendang di bagian pinggangnya. 

Gomesi Uganda

Sumber : https://ktimmy.wordpress.com/

Untuk membuat sebuah gomesi setidaknya dibutuhkan kain tekstil sepanjang enam meter. Bahan kain tekstil yang biasa digunakan bisa berupa kain sutra, kain katun, kain linen.

Gomesi Uganda

Sumber : http://itbeganinaballoon.com/

Berbanding terbalik dengan masyarakat di pedesaan Uganda yang biasa memakai gomesi sebagai pakaian sehari-hari, penduduk di daerah perkotaan hanya akan mengenakan gomesi dalam acara-acara khusus seperti upacara pemakaman dan pesta pernikahan.

Gomesi Uganda

Sumber : http://twinsonthemove.com

Sebagai pelengkap gomesi ditambahkan pula penutup kepala yang dapat dikenakan sesuai kreativitas pemasang atau pembuatnya.

Gomesi Uganda

Sumber : http://syahid-punya.blogspot.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.