Article

Homepage Article Pakaian Adat 6 Makna Simbolik Pada Pakaian…

6 Makna Simbolik Pada Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan budaya dan adat istiadat. Tidak heran jika masing-masing suku yang tersebar di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri terkait dengan kebudayaan yang mereka anut, seperti adanya perbedaan dalam baju adat,  tarian tradisonal dan rumah adat. Pakaian adat atau yang biasa disebut pakaian tradisional dari masing-masing provinsi ini memiliki suatu cerita masing-masing. Tidak terkecuali Propinsi Sumatera Barat yang mayoritas dihuni oleh masyarakat beretnis Minangkabau. Sebagai wilayah yang dikenal dengan akar budaya yang kuat, setiap aturan seperti penggunaan pakaian dapat dijadikan cermin dari nilai-nilai dan norma yang dianut dalam tradisi masyarakat Sumatera Barat.

Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Sumber : http://9adihminan9.wordpress.com

Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Sumber : http://www.lenteratimur.com/

Dalam adat Sumatera barat pakaian yang digunakan oleh kaum pria disebut pakaian adat Penghulu. Pakaian ini biasa dipakai oleh pemangku adat sebagai pakaian kebesaran yang pemakaiannya telah diatur sesuai dengan tata cara yang digariskan oleh adat dan bukanlah pakaian harian yang seenaknya dipakai oleh seorang penghulu. Pakaian penghulu atau kaum laki-laki dalam adat Sumatera Barat yang terdiri dari  destar,  baju penghulu, sarawa, sesamping, sandang, keris, dan tungkek (tongkat).

Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Sumber : http://padangekspres.co.id/

Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Sumber : http://www.flixya.com/

Makna simbolik yang terkandung pada Baju Penghulu yang dikenakan oleh pria dalam adat Sumatera Barat antara lain:
1. Bagian atas penutup kepala disebut dengan nama seluk atau destar. Kerut-kerut yang terdapat pada penutup kepala ini melambangkan banyaknya undang-undang yang perlu diketahui oleh penghulu.
2. Baju penghulu yang didominasi warna hitam, dipilih sebagai lambang kepemimpinan yang terhormat, disegani, dan berwibawa.
3. Sarawa atau celana penghulu yang berukuran besar memiliki makna bahwa seorang pemangku adat adalah orang yang besar dan bermartabat.
4. Sesamping berwarna merah yang dikenakan seperti pada baju teluk belanga melambangkan keberanian dalam mencapai kebenaran.
5. Keris dibagian pinggang dengan posisi condong kekiri melambangkan bahwa seorang penghulu harus berfikir sebelum menggunakan senjatanya.
6. Tongkat sebagai pelengkap dalam pakaian adat Sumatera Barat menunjukkan bahwa penghulu adalah orang yang dituakan dan dihormati oleh kaumnya.

Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Sumber : http://id.wikipedia.org/

Pakaian Adat Pria Sumatera Barat

Sumber : http://www.allaboutminangkabau.com/

Semoga Bermanfaat.

Tags: jual bajujual baju batikjual baju onlinejual pakaian wanitajual pakaian onlinetoko baju batiktoko baju batik onlinetoko baju batik wanita dan priatoko baju onlinetoko baju wanitatoko busana onlinebeli baju batikbeli baju batik wanita dan priabeli baju onlinegambar baju batikdesain baju batikfashion batikfashion wanitafashion baju terbarufashion designfashion designerdesigner indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.