Article

Homepage Article Desain Fesyen 6 Keunggulan Bahan Kain…

6 Keunggulan Bahan Kain Yang Dibuat Dari Serat Susu Sapi

Susu sapi yang biasa diolah menjadi keju dan yogurt ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kain juga lho. Buktinya seorang mikrobiolog sekaligus desainer muda asal Hanover, Jerman yang bernama Anke Domask berhasil membuat gebrakan baru dengan mendesain baju dari serat kasein yang diperoleh dari pengolahan susu.

Kain Serat Susu

Sumber : http://sz-magazin.sueddeutsche.de/

Penggunaan serat susu sebagai bahan kain sendiri sebenarnya telah ditemukan sejak lama tepatnya pada tahun 1930-an, tapi kain dari serat susu yang diolah Anke Domaske dinilai lebih berkualitas karena karekteristiknya yang halus dan lembut selembut sutera.

Kain Serat Susu

Sumber : https://www.indiamart.com/

Proses pembuatan kain dari serat susu yang dilakukan Anke Domaske tergolong ramah lingkungan dan lebih hemat biaya, karena kasein yang digunakan oleh Anke Domask sendiri berasal dari sari bubuk susu. Bahan tersebut diambil dari susu yang tidak lolos uji kelayakan konsumsi industri susu di Jerman.

Kain Serat Susu

Sumber : https://reviewslowliving.com.br/

Untuk dapat digunakan sebagai bahan pakaian, susu sapi yang sudah diubah ke dalam wujud bubuk sebelumnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara memasukkannya ke mesin produksi dan menambahkan campuran lainnya seperti air maupun pewarna.

Setelah dimasukkan dalam mesin khusus, susu kemudian dipanaskan dan diproses hingga membentuk untaian benang. Hasilnya lalu dipintal menjadi gulungan benang dan siap disatukan dalam mesin pemintal untuk diproses lebih lanjut menjadi lembaran kain. 

Kain Serat Susu

Sumber : https://www.lsnglobal.com/

Keunggulan Kain Berbahan Dasar Serat Kasein

  • Serat kasein dikenal sebagai serat ramah lingkungan karena diproses menggunakan bahan-bahan alami yang dicampur dengan zat kimia berbahaya dalam dosis rendah.
  • Selain ramah lingkungan, proses produksi kain dari serat kasein ini terbilang efektif karena tidak menggunakan banyak energi.
  • Kain yang dihasilkan dari serat kasein termasuk ke dalam jenis produk yang berkualitas tinggi, dapat menyerap warna lebih baik, bahkan dapat diwarnai langsung saat proses pembuatan.
  • Permukaan dari serat kasein yang lembut dapat mencegah timbulnya alergi pada kulit.
  • Serat kain yang dibuat dengan kelembaban rendah bisa mencegah pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab penyakit seperti Eschericia coli dan Staphyllococcus aureus.
  • Kain yang dibuat dari serat kasein dapat melindungi kulit dari sinar UV ketika dipakai.

Kain Serat Susu

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Sekalipun dibuat dari bahan dasar susu sapi tapi bukan berarti kain dari serat kasein ini tidak dapat dicuci, justru karena kain dari susu mengandung protein tinggi jadi anda dapat mencucinya secara normal seperti pakaian pada umumnya. Kalau ingin mencuci dengan mesin cuci juga bisa. 

Kain Serat Susu

Sumber : http://www.arielazoff.com/

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk yang berkualitas beberapa kain dari serat kasein bahkan ada juga yang didesain dengan ketahanan tertentu sehingga cocok jika digunakan pada industri otomotif, teknologi medis, dan aksesoris rumah.

Semoga bermanfaat.

 

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain dari kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.