Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Menarik Tentang…

6 Fakta Menarik Tentang Jaket Bomber Yang Perlu Anda Ketahui

Dikenal sebagai salah satu jenis jaket yang banyak diincar oleh para pecinta fashion, siapa sangka jika jaket bomber yang sangat identik dengan kesan bulky alias gemuk ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan di bahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Jaket Bomber

Jaket bomber yang dikenal juga dengan nama “flight jaket” termasuk ke dalam jenis jaket yang memiliki tampilan sangat khas. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket bomber dengan jenis jaket yang lainnya yaitu:

  • Jaket bomber memiliki bentuk yang cenderung menggembung atau bulky.
  • Jaket bomber dilengkapi dengan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket bomber juga memiliki saku di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket. Saku pada jaket bomber umumnya dengan posisi diagonal atau menyerong.
  • Terdapat pula saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket bomber umumnya dilengkapi dengan bur pada bagian ujung lengan dan bagian leher, jadi angin yang masuk ke dalam jaket bisa diminimalisir semaksimal mungkin.
  • Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.
  • Jaket bomber yang identik dengan kesan casual, sangat nyaman dan cocok digunakan dalam berbagai macam kesempatan.

Jaket Bomber

Sumber : https://fitinline.com/

Fakta Menarik Jaket Bomber

Berbicara mengenai jaket bomber lantas bagaimana asal mula terciptanya jaket bomber itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan sejumlah fakta tersembunyi tentang jaket bomber yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Jaket Bomber

Sumber : https://www.blibli.com/

1. Dirancang Untuk Keperluan Militer

Jaket bomber awalnya dibuat dan dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom pada era perang dunia dengan tujuan untuk menjaga suhu tubuh pamakainya agar tetap hangat ketika berada di dalam pesawat yang tidak dilengkapi kokpit tertutup.

  • Jaket bomber awalnya lahir untuk keperluan kegiatan militer Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) pada perang dunia pertama.
  • Jaket bomber pertama kali dibuat dalam bentuk wrap-around neck dengan lengan yang ketat dan terdapat zip pocket.
  • Desain jaket bomber yang sedemikian unik dibuat khusus untuk menghangatkan pilot ketika berada di pesawat selama berperang.

Jaket Bomber

Sumber : https://www.heddels.com/

2. Perkembangan Jaket Bomber

Pada masa perang dunia kedua seorang pelopor penerbangan di Inggris, Leslie Irvin kemudian mengembangkan jaket bomber dari segi bahan. Kala itu bomber jacket untuk pertama kali dibuat dari bahan kulit domba yang berlapis-lapis demi memenuhi kebutuhan para pilot di Royal Air Force.

Jaket Bomber

Sumber : https://therealmccoys.com/

Dari hasil pengembangan Lesie Irvin, jaket bomber inipun terus mengalami banyak modifikasi desain, bahan dan warna. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perkembangan dari jaket bomber sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan Jaket Bomber : Sejarah, Model, Bahan Kain dan Tips Untuk Membuatnya.

Namun dari sekian banyak varian jaket bomber yang ada, akhirnya terpilhilah tipe jaket bomber MA-1 yang menjadi fashion essential mode di seluruh dunia. Bahkan produsen pakaian Amerika yang dulunya memproduksi jaket militer kini juga banyak yang membuat bomber jaket MA-1 dengan berbagai warna dan bahan.

Jaket Bomber

Sumber : https://www.copshopuk.com/

3. Dipopulerkan Oleh Tom Cruise

Popularitas jaket bomber semakin meningkat tajam sejak dikenakan oleh aktor Tom Cruise dalam film “Top Gun” yang dirilis pada tahun 1986. Sejak saat itulah akhirnya jaket bomber mulai bertransformasi menjadi item fesyen yang mainstream.

Jaket Bomber

Sumber : https://cockpitusa.com/

4. Dipakai Sebagai National Costume

Jaket bomber sempat dipakai sebagai “national costume” dari Amerika Serikat untuk pertemuan APEC yang diadakan di Seattle, Washington pada tahun 1993.

5. Diadaptasi Sebagai Pakaian Casual

Jaket bomber yang terkesan begitu trendy kemudian juga diadaptasi menjadi pakaian casual yang populer dalam fashion hip-hop pada awal tahun 2000-an.

Jaket Bomber

Sumber : https://www.joom.com/

6. Bahan Jaket Bomber Modern

Dari awal diperkenalkan sebagai jaket penerbangan hingga sekarang, jaket bomber sudah mengalami banyak sekali perubahan bahan atau material. Kalau di masa lalu jaket bomber lebih banyak dibuat dari bahan kulit, maka kini jaket bomber justru lebih banyak dibuat dari bahan kain.

Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa kain taslan, kain mayer, kain puma scott, kain ZN, kain micro dan berbagai kain lain yang sejenis.

  • Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi, lembut, ringan tapi kuat dan mempunyai daya tahan tinggi.

  • Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap. Kain ini cocok digunakan sebagai bahan jaket bomber karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

  • Kain Puma Scott

Kain puma scott merupakan bahan jaket yang terbuat dari 100% bahan poliester, sedikit lebih tebal dan sepintas memiliki permukaan yang agak bertekstur. Meski demikian kain ini sebenarnya cenderung halus, tidak berisik bila digesekkan dan tidak mudah kusut.

  • Kain ZN

Kain ZN merupakan sejenis kain berbahan dasar serat poliester yang mempunyai sifat cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalan kainnya sama dengan taslan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian bagus kain ini sangat cocok digunakan untuk jaket bomber.

  • Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Meski tampak lembut kain ini sebenarnya memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika digunakan.

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Bomber.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar jaket bomber yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain digunakan untuk menghangatkan tubuh dan dipakai untuk pelengkap gaya penampilan ternyata banyak sekali ya rahasia tersembunyi yang ada di balik jaket bomber itu sendiri.

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami Di Sini. Pola jaket bomber yang dijual di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Buat anda yang butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jaket bomber tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya, sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.