Article

Homepage Article Kain 8 Jenis Bahan Yang Paling…

8 Jenis Bahan Yang Paling Banyak Dipakai Untuk Kancing Baju

Mau tahu apa saja jenis-jenis bahan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat kancing baju?. Buat kamu yang penasaran simak yuk pembahasan mengenai beberapa contoh bahan paling populer yang biasa diaplikasikan pada kancing baju.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kancing Baju

Kancing baju dapat dikategorikan ke dalam jenis produk pelengkap fashion yang dapat difungsikan sebagai penutup belahan dan juga hiasan pakaian. Selain pilihan modelnya cukup bervariasi, bahan yang digunakan untuk membuat kancing sebenarnya juga sangat beragam lho.

Bahan Pembuatan Kancing Baju

Tergantung pada desain, fungsionalitas dan estetika, berikut beberapa jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat kancing baju:

1. Polyester

Pertama ada material polyester yang dapat dikreasikan menjadi berbagai variasi bentuk kancing, mulai dari kancing dengan lubang di tengah maupun kancing jamur. Selain dapat dicetak dengan desain khusus sesuai kebutuhan pengguna, kelebihan lain yang ditawarkan bahan poliester yaitu:

  • Bahan polyester terkenal kuat dari plastik pada umumnya.
  • Tahan lama, tahan panas dan lebih tahan terhadap bahan kimia dan lapuk.
  • Bersifat hidropobik sehingga lebih cepat kering dan mudah dibersihkan.
  • Tidak mudah berubah bentuk karena sifatnya yang keras.
  • Variasi warna yang dapat diciptakan bisa dikatakan tak terhingga.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://kancingjakarta.com/

Dengan berbagai lelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika bahan polyester tetap menjadi bahan utama pembuatan kancing baju yang populer dalam industri garmen.

2. Logam

Kedua ada bahan logam yang dapat memberikan tampilan lebih mewah dan dapat digunakan pada berbagai jenis pakaian maupun aksesoris. Beberapa contoh logam yang dimaksud yakni berupa stainlesteel, besi (iron), kuningan (copper zinc), diecast/babet (ZA zinc alloy) dan masih banyak lagi.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

Sementara untuk pilihan modelnya, kancing baju yang dibuat dari bahan logam juga bisa dijumpai dalam berbagai variasi bentuk. Sebut saja kancing jepret, kancing magnet, kancing tekan, kancing bungkus, kancing berkaki dan juga kancing kait.

Simak juga Bahan Dasar Kancing Logam Pada Jeans.

3. Kayu

Ketiga ada bahan kayu yang dapat diperbaharui dan dapat didaur ulang dengan mudah.

  • Kancing baju yang dibuat dari bahan kayu dapat digunakan untuk memberikan sentuhan klasik pada pakaian kerja, atau memberikan tampilan santai pada pakaian kasual.
  • Kancing baju yang dibuat dari bahan kayu cocok dijadikan pilihan yang ramah lingkungan dibandingkan dengan kancing dari bahan sintetis atau plastik.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Kain

Keempat ada bahan kain yang bisa digunakan sebagai pelapis kancing bungkus yang bagian dalamnya dibuat dari bahan logam maupun plastik, sehingga memungkinkan desainer untuk menyesuaikan kancing dengan desain baju yang dibuatnya.

  • Kancing bungkus dari kain dapat memberikan tampilan yang lembut, elegan dan unik pada pakaian.
  • Kain yang digunakan untuk kancing bungkus pun sangat beragam, mulai dari kain berwarna polos hingga kain dengan motif dan tekstur yang menarik.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Tali

Kelima ada bahan tali yang dapat digunakan untuk membuat kancing cina alias kancing yang dibuat dari simpul-simpul tali. Khusus untuk pembuatan kancing cina sendiri tali yang dipilih biasanya adalah tali yang memenuhi syarat berikut.

  • Tali untuk kancing cina memiliki permukaan halus dan berkilau.
  • Tali untuk kancing cina jika dipotong ujungnya tidak mudah hancur dan terlepas (bertiras).

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Simak juga Cara Mudah Memasang Kancing Cina Pada Pakaian.

6. Tempurung Kelapa

Berikutnya ada tempurung kelapa alias batok kelapa yang bisa digunakan untuk membuat kancing, terutama untuk pakaian atau aksesori dengan gaya alami atau ramah lingkungan. Beberapa kelebihan kancing baju yang dibuat dari tempurung kelapa yaitu:

  • Kancing tempurung kelapa lebih ramah lingkungan dan dapat didaur ulang dengan mudah.
  • Kancing tempurung kelapa cenderung ringan namun biasanya cukup kuat dan cukup tahan lama dan kuat.
  • Kancing tempurung kelapa mampu menahan tekanan yang cukup besar ketika dipasang dengan benar.
  • Kancing tempurung kelapa memiliki tekstur dan warna yang unik sehingga dapat menambah nilai estetika pada pakaian atau aksesoris.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, penggunaan kancing tempurung kelapa pada pakaian juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan baju dan aksesoris dengan tampilan yang menarik sesuai gaya dan kebutuhan kamu.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Shell

Ketujuh ada shell alias cangkang kerang atau tiram. Kancing yang terbuat dari cangkang kerang atau tiram dapat memberikan tampilan unik dengan pola alami yang menarik.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://mavenpatterns.co.uk/

8. Rhinestone atau Kristal

Kesepuluh ada  rhinestone atau kristal yang memiliki efek berkilau ketika terkena sumber cahaya. Dengan tampilannya yang sedemikian cantik, kancing dengan hiasan rhinestone atau kristal bisa menjadi pilihan paling tepat untuk melengkapi pakaian yang memerlukan sentuhan glamor.

Bahan Kancing Baju

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa jenis bahan untuk kancing baju yang dapat kami bagikan buat kamu. Dengan mengetahui banyaknya bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat kancing semoga kamu tidak lagi kesulitan untuk menemukan kancing baju yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model baju. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.