Article

Homepage Article Fashion Design 6 Cara Ampuh Membersihkan…

6 Cara Ampuh Membersihkan Noda Foundation di Baju Kesayangan Kamu

Menghilangkan noda foundation yang menempel di baju termasuk salah satu kegiatan yang cukup menantang dan bisa jadi memakan waktu yang cukup lama. Meski demikian bukan berarti noda foundation yang mengotori baju tersebut tidak bisa dihilangkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Noda Foundation

Noda foundation merupakan sejenis noda yang dihasilkan dari produk foundation, salah satu produk makeup yang memiliki fungsi penting untuk meratakan warna kulit wajah, menyamarkan ketidaksempurnaan di wajah dan menciptakan tampilan kulit yang lebih mulus.

  • Noda foundation bisa muncul di baju jika kamu tidak berhati-hati ketika mengaplikasikan foundation ke wajah.
  • Noda foundation bisa terjadi apabila kamu tidak hati-hati memakai dan melepas baju saat sudah menggunakan makeup.

Noda Foundation

Sumber : https://inthewash.co.uk/

Beberapa dampak buruk yang bisa timbul karena adanya noda foundation baju antara lain berupa:

  • Noda foundation yang menempel di baju bisa merusak keindahan baju.
  • Noda foundation yang menempel di baju bisa membuat baju terlihat tidak rapi dan kotor.
  • Menurunkan nilai baju secara signifikan terlebih jika kamu ingin menjual atau mendonasikan baju tersebut di masa depan.

Cara Membersihkan Noda Foundation

Terkait dengan hal tersebut, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda di baju yang timbul karena terkena foundation?. Tergantung pada jenis kain dan jenis foundation yang digunakan, secara umum ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak buruk yang timbul karena noda foundation.

Berikut kami bagikan berapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi noda foundation di baju.

1. Bersihkan Noda Sesegera Mungkin

Pertama kamu bisa langsung membersihkan noda di baju secepat mungkin ketika kamu menyadari ada tumpahan foundation yang mengotori bajumu.

  • Sebisa mungkin jangan menggosok noda foundation karena bisa membuatnya lebih masuk ke serat kain, tetapi tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan kertas tisu atau handuk bersih.
  • Gunakan deterjen atau cairan pembersih yang cocok untuk bajumu.
  • Cuci pakaian sesuai dengan petunjuk perawatan yang ada pada label pakaian untuk mencegah kerusakan dan dampak buruk lain yang bisa saja muncul akibat cara pencucian yang salah.

2. Gunakan Cuka Putih dan Air

Gunakan campuran antara cuka putih dan air putih untuk melenyapkan noda foundation. Caranya yaitu larutkan cuka putih menggunakan air dengan perbandingan 1:1 kemudian gunakan larutan tersebut untuk merendam baju yang bernoda.

Setelah nodanya mulai memudar, sekarang sikat baju sampai bersih dengan menggunakan sikat yang berbulu halus lalu cuci baju seperti biasa dengan menggunakan detergen dan keringkan.

Noda Foundation

Sumber : https://www.thespruce.com/

Untuk membersihkan noda di baju yang disebabkan powder foundation atau foundation tabur, ikuti langkah-langkah di bawah.

  • Hilangkan sisa powder foundation yang belum meresap ke dalam serat baju gunakan pengering rambut atau tiup powder foundation secara perlahan.
  • Bubuhkan beberapa tetes campuran air dan cuka putih.
  • Seka sedikit noda dengan kain bersih hingga bekas noda hilang, lalu masukkan baju ke dalam mesin cuci seperti biasa.

3. Angkat Noda Dengan Es Batu

Gunakan pisau untuk mengikis kelebihan foundation, kemudian oleskan es batu untuk mengangkat noda yang tersisa pada pakaian. Jika sudah kamu bisa mencuci baju tersebut seperti biasa dengan menggunakan detergen yang berbahan lembut.

Noda Foundation

Sumber : https://tumbledry.in/

4. Gunakan Sabun Cuci Piring

Selain menerapkan beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba untuk menghilangkan noda foundation yang mengandung minyak dengan menggunakan sabun cuci piring.

  • Caranya yaitu basahi baju yang terkena noda dengan menggunakan air.
  • Oleskan sabun cuci piring pada area yang bernoda lalu diamkan selama beberapa saat.
  • Setelahnya kucek baju hingga bersih, bilas sampai tidak ada busa sabun yang tertinggal kemudian keringkan.

5. Gunakan Alkohol

Gunakan alkohol yang juga dikenal efektif untuk membersihkan noda foundation di baju. Caranya yaitu teteskan alkohol pada baju yang bernoda lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah 15 menit berlalu kamu bisa mencuci baju tersebut seperti biasa dengan detergen kemudian membilasnya sampai bersih dan tidak ada lagi sisa busa sabun yang tertinggal di baju.

6. Gunakan Shaving Foam

Untuk membersihkan noda foundation yang tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya kamu bisa menggunakan shaving foam atau krim cukur.

  • Pertama-tama siapkan shaving foam atau busa yang biasa dipakai untuk cukuran.
  • Oleskan shaving foam secukupnya pada area baju yang bernoda.
  • Diamkan shaving foam selama sekitar 5 menit agar lebih meresap ke dalam serat-serat kain dan membuat noda foundation lebih mudah untuk dihilangkan.
  • Setelah 5 menit berlalu, gosok-gosok shaving foam menggunakan kain bersih sampai nodanya hilang.
  • Biar lebih maksimal kamu bisa mencuci baju kesayangan kamu seperti biasa dengan menggunakan detergen.

Noda Foundation

Sumber : https://barbasol.com/

Jika kamu sudah mencoba cara di atas tapi noda foundation tidak juga hilang, maka kamu bisa mencampurkan sedikit alkohol ke dalam krim cukur lalu mengoleskannya kembali pada area yang bernoda.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghapus noda foundation yang tidak sengaja menempel pada baju kesayanganmu. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk menghilangkan noda foundation pada baju ya.

Cara menghilangkan noda foundation di baju sebenarnya mudah dilakukan asal kamu segera membersihkannya, sebelum noda tersebut mengering. Pastikan pula kamu tidak menggosok area yang bernoda karena hal tersebut hanya akan membuat noda semakin masuk ke serat kain.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.