Article

Homepage Article Fashion Design 5 Trend Warna Yang Diprediksi…

5 Trend Warna Yang Diprediksi Bakal Booming di Tahun 2024

Memahami dan mengikuti warna yang sedang trend setiap tahunnya, menjadi suatu hal yang sangat penting terutama bagi seorang desainer biar tak ketinggalan zaman. Terkait dengan hal tersebut berikut kami bagikan beberapa trend warna yang diprediksi Worth Global Style Network (WGSN) bakal booming di tahun 2024.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Trend Warna

Tren warna merupakan suatu trend yang memiliki arti penting dalam berbagai industri tidak terkecuali industri fashion. Bagaimana suatu trend bisa berkembang dan menjadi populer di seluruh belahan dunia biasa dirumuskan oleh pihak yang berwenang untuk menentukan warna yang akan menjadi trend.

  • Perubahan trend warna yang terjadi setiap tahun biasanya dapat dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari sosial, teknologi hingga budaya.
  • Selain itu beberapa elemen warna yang memadukan antara dunia nyata dan dunia digital juga diprediksi bakal menjadi sorotan di tahun mendatang.
  • Trend warna membantu produsen menciptakan suatu produk yang sesuai dengan selera dan preferensi masyarakat pada suatu periode tertentu karena warna yang dipilih dapat memengaruhi bagaimana produk dan merek diterima oleh pasar.

Prediksi Trend Warna 2024

Khusus untuk tahun 2024 misalnya, sejauh ini terdapat lima warna unggulan yang dirilis oleh Worth Global Style Network (WGSN) pihak yang diakui dalam urusan konsumen, gaya hidup serta tren desain produk sebagai trend warna untuk 2024/2025.

Beberapa elemen warna yang dimaksud antara lain berupa apricot crush, intense rust, cool matcha, sustained grey dan midnight plum yang menenangkan serta memberikan aura optimisme.

1. Apricot Crush

Apricot crush merupakan warna yang memiliki kemampuan universal untuk merefleksikan gaya hidup seimbang dengan perhatian terhadap kesejahteraan fisik dan mental. Warna inipun secara umum dapat diaplikasikan pada berbagai industri termasuk mode, seni, desain interior bahkan teknologi pangan.

  • Apricot crush mengambil inspirasi dari manfaat yang dimiliki oleh aprikot dan jeruk, yang kaya akan vitamin dan antioksidan.
  • Apricot crush menjadikan alam sebagai sumber inspirasi dan mengekspresikan harapan serta semangat positif melalui simbol warnanya.
  • Keseimbangan unsur oranye sebagai warna yang terang dalam warna Apricot Crush juga menggambarkan kesehatan dan kesejahteraan.

Trend Warna 2024

Sumber : https://stylecommunityschool.ru/

2. Intense Rust

Intense rust merupakan warna yang menggambarkan rasa hangat serta kemewahan. Secara tidak langsung warna ini juga mewakili pandangan hidup banyak orang yang penuh harapan dan optimisme akan stabilitas hidup dalam beberapa tahun ke depan.

  • Intense rust terilhami oleh warna tanah yang memiliki tekstur damai dan memberikan nuansa kehangatan.
  • Intense rust muncul sebagai hasil dari pemahaman bahwa konsumen saat ini semakin peduli terhadap isu keberlanjutan dibandingkan sekadar kebaruan.
  • Intense rust yang merepresentasikan keaslian dan kemewahan juga mendorong penggunaan palet warna yang berkaitan dengan desain klasik yang sudah dikenal.

Trend Warna 2024

Sumber : https://stealthelook.com.br/

3. Cool Matcha

Cool matcha merupakan warna yang menggambarkan ketenangan, sumber inspirasinya sendiri yakni berasal dari keterkaitan antara alam dan teknologi.

  • Cool matcha mencerminkan pentingnya kemajuan dalam penggunaan material alami seperti layaknya bahan pewarna alami yang berbasis tumbuhan dan sumber energi terbarukan.
  • Cool matcha hadir untuk memberikan ketenangan kepada konsumen ditengah suasana yang terus diliputi kecemasan.

Trend Warna 2024

Sumber : https://stealthelook.com.br/

4. Sustained Grey

Sustained grey merupakan warna yang menggambarkan kesadaran terhadap isu keberlanjutan dengan menekankan pentingnya palet warna netral.

  • Sustained grey yang banyak terinspirasi oleh nuansa warna-warna bumi, termasuk ke dalam jenis warna yang melambangkan kesederhanaan.
  • Sustained grey menggambarkan keseimbangan dan gaya hidup yang lebih tenang.
  • Sustained grey meramalkan trend yang akan berlangsung dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Trend Warna 2024

Sumber : https://patternlot.com/

5. Midnight Plum

Midnight plum merupakan warna yang memiliki kaitan dengan eksplorasi luar angkasa dan metaverse. Warna ini mencerminkan keinginan masyarakat untuk mencari ketenangan dari kehidupan yang serba sibuk.

  • Midnight plum sebenarnya memiliki warna dasar ungu tapi identik dengan nuansa gelap yang kuat hampir menyentuh hitam.
  • Selain menampilkan kesan kegelapan dan misteri, midnight plum juga mengandung nuansa sentimen gothic dan bawah tanah.

Trend Warna 2024

Sumber : https://www.instagram.com/chiquemuffin/

Tidak hanya asal pilih, tapi proses proyeksi trend warna seperti yang sudah disebutkan di atas pada prinsipnya juga melibatkan tiga tahapan yang mendalam.

  • Pertama melibatkan riset terhadap warna yang timeless dan dianggap akan selalu relevan pada setiap era.
  • Kedua melibatkan klasifikasi warna berdasarkan aspek warna, cahaya dan krom.
  • Ketiga melibatkan pengujian warna pada berbagai serat seperti kapas, poliester, nilon dan lain sebagainya, untuk memastikan bahwa implementasinya dapat berhasil pada berbagai jenis material.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa elemen warna yang diramalkan Pantone bakal meramaikan industri fashion 2024. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih dan memadupadankan warna-warna busana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang informasi penting lainnya yang berkaitan dengan dunia desain fashion, kamu bisa mendownload E-Book Mendesain dan menyimak terus artikel dari kami.

Tapi kalau kamu lebih tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat pakaian dengan menggunakan teknologi 3D fashion design, kamu bisa gabung workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.