Article

Homepage Article Fashion Design Eksplorasi Kain Nusantara…

Eksplorasi Kain Nusantara Di Pagelaran Jogja Fashion Festival

Pagelaran Jogja Fashion Festival (JFF) baru saja dihelat pada hari Sabtu tanggal 9 Maret 2013 di Atrium utama Plaza Ambarukmo. Dengan mengangkat tema Legacy of Beauty, yang menyuguhkan karya-karya bermakna warisan dan keindahan budaya Indonesia. Sekitar 35 desainer memamerkan hasil rancangannya. Beberapa desainer mengeksplorasi kain nusantara untuk membuat rancangannya, misal kain batik dan kain sasirangan.

Beberapa Rancangan pada Pagelaran Jogja Fashion Festival

 

Beberapa Rancangan pada Pagelaran Jogja Fashion Festival

Sumber: http://trend.berita21.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Sejak batik Indonesia secara resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik, simbol, dan budaya yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat sejak lahir hingga meninggal. Pesona kain batik memang tak akan pernah pudar. Tiap desaigner seperti berlomba-lomba membuat rancangan yang unik, menarik, berciri khas dan berdaya jual tentunya. Perpaduan batik tulis dengan sifon dan crepe. Perpaduan batik kontemporer dengan aksesoris futuristik menghasilkan busana gala dan cocktail yang anggun, klasik, namun tetap modern.

Gaun Batik

Gaun Batik

Sumber: http://www.antarafoto.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Eksplorasi terhadap kain nusantara yang lain yaitu menampilkan rancangan yang terinspirasi dari kekayaan alam yang memiliki nilai budaya namun terancam punah. Dengan menggabungkan unsur tradisional dan inovatif dalam nuansa warna yang cerah, siluet feminim dan sportif. Terdapat pula perancang yang menampilkan pakaian suku pedalaman Kalimantan dengan menonjolkan keindahan motif dari kain Sasaringan yang abstrak dan penuh warna.

Peragaan busana terbagi dalam dua sesi yaitu sore dan malam hari, sama-sama didukung oleh paragawati dan peragawan yang berkualitas. Semoga pagelaran seperti ini mampu meningkatkan kualitas fashion di Indonesia. Serta melestarikan kebudayaan bangsa, untuk lebih banyak dan lebih sering lagi mengeksplorasi kain tradisional agar lebih banyak yang mengenal dan tidak cepat punah.

Kalo bukan kita yang menjaga, siapa lagi ?. Apa harus menunggu bangsa lain dulu yang mengakui dan melestarikannya, baru kita mau bertindak. Bangga yuk dengan kekayaan nusantara ini.

Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.