Article

Homepage Article Fashion Design 5 Peluang di Dunia Modeling…

5 Peluang di Dunia Modeling Yang Tidak Mengutamakan Tinggi Badan

Berkeinginan untuk menjadi fashion model tapi merasa kurang percaya diri karena kamu memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi atau tidak ideal untuk menjadi model?. Jangan khawatir, karena kini banyak juga brand fashion yang tidak terlalu mengutamakan tinggi badan untuk model mereka.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Model

Fashion model merupakan salah satu profesi di industri fashion yang memiliki peran sangat penting untuk mempromosikan dan memperagakan pakaian, aksesoris atau produk fashion lainnya yang dibuat oleh para desainer dalam berbagai konteks, termasuk di atas panggung, di catwalk, dalam iklan cetak, iklan televisi dan di media sosial.

  • Fashion model dapat bekerja dengan berbagai merek, desainer dan agensi model.
  • Fashion model harus memiliki penampilan yang menarik dan memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang lain dengan penampilan mereka.
  • Fashion model juga sering kali harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai gaya busana.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meskipun untuk beberapa jenis pekerjaan, seperti halnya peragaan busana di panggung catwalk tinggi badan yang lebih tinggi mungkin masih menjadi kebutuhan, namun untuk saat ini trend tersebut perlahan sudah mulai berubah karena banyak perusahaan dan desainer mode yang kini lebih menghargai keragaman tubuh.

  • Dalam beberapa kasus, model-model yang lebih pendek atau dengan ukuran tubuh yang berbeda telah menjadi sorotan dalam iklan, editorial mode dan kampanye merek.
  • Dipilihnya model yang tidak terlalu tinggi dengan berbagai ukuran tubuh menunjukkan bahwa fisik bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan sebagai fashion model.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jadi sudah jelas bukan bahwa tinggi badan bukanlah syarat mutlak untuk menjadi fashion model. Terlebih lagi sekarang banyak juga brand besar dengan target konsumen dan pasar lebih spesifik yang melirik orang-orang dengan postur tubuh bervariasi untuk mempromosikan produk yang dijualnya.

Peluang Menjadi Fashion Model

Tertarik untuk terjun langsung sebagai fashion model tapi minder dengan keterbatasan yang kamu miliki?. Sebagai referensi berikut beberapa peluang karir dalam dunia model yang bisa kamu coba.

1. Model Petite

Jika kamu memiliki ukuran tubuh yang cenderung mungil tapi tetap terlihat proporsional, kamu bisa menjadi model petite untuk merek-merek yang menargetkan pasar untuk orang-orang dengan tinggi badan di bawah 162 cm.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Model Plus Size

Jika kamu termasuk orang yang memiliki ukuran tubuh cenderung gemuk atau berisi, kamu bisa menjadi model plus size untuk merek-merek yang menargetkan pasar plus size.

  • Model plus size menjadi sebuah revolusi di industri kecantikan bahwa bukan hanya orang yang ber tubuh ramping saja yang bisa berkarir menjadi model.
  • Model plus size menjadi icon bahwa kecantikan bukan lagi dilihat dari bentuk tubuh.
  • Model plus size juga bisa menjadi contoh bahwa wanita berukuran besar juga bisa tampil percaya diri.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Model Hijab

Jika kamu biasa menggunakan hijab ketika melakukan aktifitas sehari-hari, kamu bisa menjadi model hijab untuk merek-merek fashion yang mengkhususkan diri dalam produksi busana Muslim atau hijab yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan pasar Muslim.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Body Part Model

Kalau kamu kurang suka difoto full body, alternatif lain kamu bisa mencoba untuk menjadi body part model alias model yang hanya menunjukkan bagian tubuh tertentu yang dipandang memiliki nilai jual dan memiliki ikatan kuat dengan produk fashion tertentu.

Fashion Model

Sumber : https://www.bookmodels.com/

Beberapa contoh bagian tubuh yang dimaksud antara lain berupa:

  • Bibir untuk iklan produk perawatan bibir.
  • Mata untuk iklan produk kecantikan mata.
  • Telinga untuk iklan aksesoris telinga.
  • Lengan untuk iklan tas, gelang dan jam tangan.
  • Dada dan leher untuk iklan kalung dan juga scarf.
  • Kaki untuk iklan pelembab, sepatu, sendal dan stocking.
  • Rambut untuk iklan aksesoris rambut dan produk perawatan rambut.

5. Model Difabel

Khusus untuk kamu yang memiliki keterbatasan fisik kamu bisa menjadi model difabel, karena kini pun banyak juga brand fashion yang mulai menggaet penyandang disabilitas atau difabel sebagai model mereka.

  • Merek-merek yang menekankan pada inklusi dan representasi akan keberagaman mungkin memilih untuk menggunakan model-model dengan keterbatasan fisik atau keunikan tertentu.
  • Selain memberdayakan penyandang disabilitas atau difabel, cara ini juga bisa mengubah persepsi masyarakat tentang orang dengan disabilitas yang kerap dianggap berbeda.

Fashion Model

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia jawaban singkat mengenai pertanyaan apakah ada fashion model yang badannya tidak terlalu tinggi. Setelah menyimak pembahasan di atas, sekarang kamu jadi makin tahukan meski model dengan badan yang lebih tinggi memang masih menjadi kebutuhan, kriteria tinggi badan bukanlah syarat mutlak untuk menjadi model. 

Untuk kamu yang ingin terjun langsung di dunia modeling simak kembali pembahasan mengenai:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.