Article

Homepage Article Kain 5 Keistimewaan Kain Cotton…

5 Keistimewaan Kain Cotton Fleece

Seperti kita ketahui kain fleece merupakan salah satu jenis kain tekstil yang memiliki lapisan serat berbulu pada bagian permukaannya. Dalam industri garmen dan konveksi sendiri dikenal berbagai macam variasi kain fleece, salah satunya yaitu berupa kain fleece katun atau cotton fleece. Variasi campurannya bisa bermacam-macam ada yang terbuat dari 70% serat katun dan 30% serat poliester namun ada juga yang tersusun atas 80% serat katun dan 20% serat wool.

Cotton Fleece

Sumber : http://www.thinking-about-cloth-diapers.com/

Ciri utama yang membedakan kain katun fleece dengan kain tekstil lainnya yaitu permukaannya kainnya cenderung sedikit berbulu, memiliki warna benang yang lebih bercahaya dan lebih ringan. Campuran serat katun dalam kain katun fleece membuat kain ini terasa lebih lembut, hangat dan nyaman saat dikenakan sebagai bahan jaket maupun sweater.

Cotton Fleece

Sumber : http://responsiblemother.com/

Kain katun fleece umumnya bersifat hidrofobik dan memiliki kemampuan untuk menyerap air hingga 1% dari beratnya. Disamping itu, serat yang terdapat pada kain katun fleece juga mampu menghasilkan sirkulasi udara yang baik sehingga tetap terasa nyaman saat dikenakan didaerah yang panas. 

Cotton Fleece

Sumber : https://www.kinderel.com/

Sifat bahannya yang lembut dan mudah untuk dikeringkan menjadikan kain katun fleece banyak dipilih sebagai bahan pembuatan jaket dan sweater untuk olahraga. Selain itu kain katun fleece juga sangat sesuai jika digunakan sebagai alternatif pengganti bahan wool bagi para pengguna jaket dan sweater yang memiliki riwayat alergi atau sensitif terhadap wol.

Cotton Fleece

Sumber : http://mellysews.com/

Sayangnya kain katun fleece ini termasuk kedalam jenis kain tekstil yang mudah terbakar dan menghasilkan jumlah listrik statis yang jauh lebih tinggi dibandingkan kain tekstil lainnya sehingga berpotensi menyebabkan akumulasi serat, debu, bulu dan rambut. 

Cotton Fleece

Sumber : https://www.babydotorganic.com/

Karena kandungan listrik statisnya yang tinggi sweater maupun jaket yang dibuat dari bahan katun fleece terbilang sangat rentan rusak apabila dicuci dan disetrika dengan cara yang tidak tepat.

Cotton Fleece

Sumber : http://store.jeep-outfitter.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.