Article

Homepage Article Kain 5 Fungsi Penting Dari Kaos…

5 Fungsi Penting Dari Kaos Partai Yang Perlu Kamu Ketahui

Biasa digunakan sebagai salah satu media kampanye yang populer oleh para partai politik, kaos partai ternyata juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari baliho atau poster yang tersebar di sepanjang jalan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kaos Partai

Kaos partai merupakan atribut kampanye dengan harga ekonomis yang biasa digunakan oleh anggota atau pendukung suatu partai politik. Tak hanya cocok dipakai di lingkungan indoor saja, kaos partai ini pada prinsipnya juga efektif digunakan untuk keerluan outdoor.

Kaos Partai

Sumber : https://bikinkaosjogja.net/

Untuk pilihan modelnya kaos partai inipun dapat dijumpai dalam berbagai model yang berbeda, baik itu dalam bentuk kaos oblong ataupun kaos polo.

  • Kaos Oblong

Kaos oblong merupakan salah satu model kaos yang paling standar dan klasik karena bentuk lehernya masih sangat sederhana yakni menyerupai huruf “O”. Berdasarkan model lengannya, kaos oblong ini dapat dibuat dalam bentuk lengan raglan dan lengan licin.

  • Kaos oblong lengan licin mempunyai lengan yang dijahit pada lingkar kerudung lengan.
  • Sedangkan kaos oblong lengan raglan mempunyai lengan yang dijahit dari garis leher sampai ketiak.

Kaos Partai Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

  • Kaos Polo

Kaos polo merupakan sejenis kaos yang biasa dibuat dengan tambahan kerah di bagian leher. Ciri lain yang membedakan kaos polo dengan model kaos yang lain diantaranya:

  • Kaos polo memiliki placket yang terletak di bagian depan.
  • Kaos polo biasa dilengkapi dengan 2 hingga 3 buah kancing di bagian depan.
  • Kaos polo banyak dibuat dengan tambahan kantong di sebelah kiri dan juga bordir.

Kaos Partai

Sumber : https://fitinline.com/

Untuk mempercantik tampilannya agar lebih menarik, kaos partai biasanya juga disablon dengan logo dan nama partai agar lebih mudah diingat. Tapi sekalipun kaos partai banyak didesain dalam berbagai variasi model dan warna tetapi pada intinya semua memiliki fungsi yang tidak jauh beda lho.

Kaos Partai

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Fungsi Dari Kaos Partai

Mau tahu alasan mengapa keberadaan kaos partai dapat dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting?. Berikut kami bagikan beberapa fungsi penting dari kaos partai yang perlu kamu ketahui.

1. Sebagai Tanda Pengenal

Dalam rapat umum partai politik dan kampanye politik, kaos partai dapat digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal bagi para pengukung partai politik. Dengan begitu mereka bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi anggota lain yang berada di satu partai yang sama.

2. Meningkatkan Kenyamanan

Kaos partai didesain untuk membuat penggunanya jadi lebih nyaman saat melakukan kegiatan kampanye. Atas dasar itu pula, kaos partai umumnya juga biasa dibuat dari bahan dasar kain yang ringan dan nyaman digunakan.

Untuk membuat kaos partai yang didesain tanpa kerah misalnya, beberapa contoh bahan kaos yang bagus dan nyaman dipakai untuk membuat kaos partai diantaranya:

  • Bahan kaos cotton combed yang memiliki karakteristik halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).
  • Bahan kaos cotton carded yang dirajut dari benang-benang berbulu karena masih banyak mengandung serat kapas yang pendek. Kualitasnya pun berada sekelas dibawah katun combed.
  • Bahan hyget / kain hyget yang memiliki permukaan mengkilap, tidak mudah kusut mengkilap, tidak terlalu tebal dan cepat kering bila basah.
  • Dibandingkan dengan kaos berbahan dasar serat katun, bahan hyget kebanyakan memang lebih tipis, agak kasar dan memiliki daya serap keringat yang kurang baik ketika dikenakan.
  • Meski demikian bahan kaos hyget ini masih layak dipakai untuk membuat kaos kaos partai ataupun kaos promosi.

Sementara untuk membuat kaos partai model polo misalnya beberapa contoh bahan kaos yang bagus dan nyaman dipakai untuk membuat kaos partai diantaranya:

  • Kain lacoste cotton pique yang mempunyai tekstur berpori-pori pada ke dua sisi bahannya (bagian luar dan dalam).
  • Lacoste cotton CVC yang dibuat dari campuran cotton dan polyester. Campuran keduanya menghasilkan kain yang memiliki daya serap yang tinggi dan kuat.
  • Kain lacoste PE yang memiliki tesktur dan pori-pori lebih besar dari pada kain lacoste cotton pique dan kain lacoste cotton CVC.

3. Simbol Solidaritas dan Persatuan

Kaos partai dapat memperkuat rasa solidaritas dan persatuan di antara anggota dan pendukung partai politik, serta memberikan perasaan bahwa mereka adalah bagian dari kelompok yang memiliki tujuan dan visi politik yang sama.

  • Kaos partai dapat dipakai untuk membantu seseorang jadi merasa terlibat secara aktif dalam proses politik dan menunjukkan identitas politik mereka dengan jelas.
  • Mengenakan kaos partai bisa menjadi cara bagi individu untuk mengekspresikan dukungan mereka terhadap partai politik tertentu.

4. Promosi Partai Politik

Kaos partai juga dapat difungsikan sebagai alat promosi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang partai politik sekaligus mengenalkan partai politik kepada masyarakat umum terutama untuk partai yang masih baru dan belum terlalu dikenal oleh banyak orang.

Untuk kampanye partai, kaos ini biasanya dipesan oleh partai politik dalam jumlah besar dan nantinya akan dibagikan kepada masyarakat untuk mendapatkan dukungan dan simpati ketika musim pemilihan umum tiba.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kaos partai dapat dijadikan sebagai atribut yang memberi semangat dan keyakinan bagi para penggunanya ketika berbicara dan berpartisipasi dalam kegiatan politik.

Selain dijadikan sebagi salah satu media promosi yang fleksibel, setelah musim pemilihan umum kaos partai ini bisa juga dipakai untuk kegiatan lain termasuk bersantai di rumah.

Kesimpulan

Nah itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fungsi penting dari kaos partai lengkap dengan bahan kain yang bisa kamu pilih untuk membuatnya. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kamu ga lagi kesulitan untuk memilih bahan kaos yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos partai?. Sebagai bahan pertimbangan intip yuk koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

Download juga pola kaos siap pakai dari kami kalau kamu ingin mencoba membuat kaos sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.