Article

Homepage Article Desain Fesyen 35 Fakta Unik Tentang Fashion…

35 Fakta Unik Tentang Fashion Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Industri fashion bisa dibilang menjadi salah satu industri yang menyimpan banyak rahasia tersembunyi di dalamnya. Mau tahu apa sajakah itu?. Untuk menambah pengetahuan anda, berikut kami bagikan berbagai fakta unik dan seru terkait dengan dunia fashion yang penting untuk anda ketahui.

Fakta Mengenai Dasi Kupu-Kupu

Fakta menarik pertama yang perlu anda ketahui tentang desain fashion yaitu terkait dengan dasi kupu-kupu. Berawal dari kebiasaan pedagang Kroasia mengikatkan scarf untuk menahan bukaan kerah baju mereka di abad ke-17 dasi kupu-kupu atau bow tie menjadi bagian dari tren pakaian pria hingga kini.

Desain Fashion

Sumber : https://www.suitdirect.co.uk/

Rok Merupakan Pakaian Tertua Dalam Fashion

Rok dikenal sebagai model pakaian tertua dalam sejarah desain fashion. Hal ini diperkuat dengan pernyataan seorang arkeolog Armenia yang menyebutkan bahwa para ilmuwan telah menemukan sebuah potongan rok dari bahan ilalang yang diperkirakan umurnya mencapai 5.900 tahun.

Dibeberapa Negara Rok Juga Dipakai Para Pria

Pada zaman mesir kuno rok biasa dipakai oleh segala gender, baik pria maupun wanita. Model rok yang dibuat pada zaman tersebut umumnya memiliki bentuk seperti layaknya sebuah dress dan jubah. Di beberapa belahan dunia lain seperti Skotlandia atau Spanyol laki-laki juga sering menggunakan rok.

Desain Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Rok Mini Tertua Ditemukan di Denmark

Mumi Gadis Egtved dari Denmark merupakan manusia pertama yang diketahui memakai rok mini. Menurut perkiraan Gadis Egtved adalah nenek moyang bangsa Nordik yang hidup antara tahun 1390-1370 SM karena kompleksitas ritual penguburannya diyakini sebagai bagian dari masyarakat berkasta tinggi.

Fakta Mengenai Kaos Oblong

Kaos oblong awalnya merupakan jenis pakaian yang lebih sering digunakan sebagai dalaman oleh tentara Inggris dan Amerika pada abad ke-19 sampai awal abad ke-20. Setelah mengalami proses yang begitu panjang kaos oblong pada perkembangannya juga mulai digunakan sebagai fashion statement yang menunjukkan identitas pemakainya. 

Desain Fashion

Sumber : https://melodyastruth.bandcamp.com/

Butuh bahan kain kaos berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Segitiga Pada Leher Sweater

Bagi anda yang suka berpenampilan simple dan memilih sweater sebagai alternatif pengganti jaket pasti anda pernah melihat segitiga kecil di bawah kerah leher sweater. Ternyata segitiga kecil yang berada pada kerah leher sweater bukanlah hiasan belaka, tetapi memiliki fungsi sebagai penahan keringat yang turun dari leher. 

Bahaya Penggunaan Crinoline

Pada abad 19 banyak gaun wanita yang dibuat mengembang yakni dengan menambahkan crinoline yang terbuat dari benang, bulu kuda bahkan baja. Namun pakaian semacam ini justru termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian paling berbahaya karena sudah memakan banyak korban jiwa.

  1. Selama periode dua bulan di Inggris setidaknya terdapat 19 kasus kematian yang terjadi karena tragedi crinoline yang terbakar.
  2. Pada tahun 1864 The New York Times melaporkan jika hampir 40 ribu wanita di seluruh dunia meninggal karena kasus serupa.

Desain Fashion

Sumber : http://web.mit.edu/

Trend Penggunaan Korset Yang Menyiksa

Pada abad ke-16 wanita Eropa banyak yang rela menggunakan korset super ketat untuk mendapatkan tubuh dengan perut yang ramping serta pinggul dan pantat yang besar. Saking ketatnya korset ini justru menyebabkan masalah pernafasan, pencernaan dan yang lebih fatal lagi pendarahan organ dalam. 

Desain Fashion

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Celana Kulot Dulu Sering Dipakai Oleh Laki-Laki

Biasa mengenakan celana kulot sebagai pelengkap penampilan anda?. Mungkin anda tidak akan menyangka bila model celana kulot yang sekarang ini banyak digemari oleh para pecinta fashion dulunya merupakan jenis celana yang banyak dipakai oleh para bangsawan pria di Eropa pada awal abad ke-19.

Desain Fashion

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Fakta Tentang Celana Jeans

Kata jeans merupakan kata yang diadaptasi dari “gene”, sebuah nama serat yang diimpor dari Genoa Italia. Terinspirasi dari jeans yang dibuat di Genoa para penenun di kota Nimes, Perancis kemudian mulai memproduksi kain yang sama persis dengan jeans buatan Genoa. Dari situ lahirlah jenis kain yang dikenal sebagai kain denim.

Tokoh Penting Dalam Perkembangan Jeans

Levi Strauss dan Jacob Davis merupakan dua tokoh yang dianggap memiliki peran paling penting dalam sejarah perkembangan celana jeans di dunia. Benang berwarna keemasan yang dipakai dalam jahitan celana jeans sebenarnya merupakan bagian dari merek dagang Levi’s milik Levi Strauss.

Hari Jadi Celana Jeans

Tanggal 20 Mei 1873 dianggap sebagai hari jadi celana jeans karena tepat pada tanggal tersebut Jacob Davis dan Levi Strauss & co memperoleh hak paten untuk celana jeans. Kalau dulu bahan pewarna yang dipakai diambil dari warna biru natural tumbuhan indigos sekarang lebih banyak menggunakan bahan sintetis.

Desain Fashion

Sumber : https://store.closetcasepatterns.com/

Fakta Mengenai Kemeja Flanel

Kemeja flanel konon sudah ditemukan sejak lama yakni pada awal abad ke-16 dengan sebutan flanelette. Jauh sebelum diproduksi secara masal bahan yang dipakai untuk kemeja flanel ini dulunya banyak dibuat secara manual oleh tangan-tangan ahli ibu rumah tangga dari benang wol yang kemudian digaruk ketika mencapai proses finishing.

Desain Fashion

Sumber : https://rapanuiclothing.com/

Fakta Mengenai Kancing

Kancing baju yang kita kenal hingga saat ini sudah ada sebelum manusia mengenal tulisan. Hanya saja penggunaan kancing baju ini baru populer sekitar tahun 1200-an ketika orang mulai gemar mengenakan jubah longgar. Untuk menyatakan ukuran sebuah kancing baju standar satuan yang digunakan Ligne atau dibaca line.

Perbedaan Posisi Kancing Kemeja

Kancing baju pada kemeja pria dan kemeja wanita secara umum memiliki perbedaan posisi yang sangat mencolok. Konon hal ini dikarenakan penciptaan letak lubang kancing baju disesuaikan dengan pemakainya.

  1. Pada masa penciptaannya dulu wanita biasa memakai baju sendiri maka akan lebih mudah jika letak lubang kancingnya di sebelah kanan.
  2. Sedangkan pada pria mereka akan selalu dipakaikan oleh wanitanya sehingga letak lubang kancing baju pria ada di sebelah kiri.

Desain Fashion

Sumber : http://windowseat.ca/

Kancing Pada Lengan Pakaian

Sejarah awal penggunaan kancing pada pergelangan lengan pakaian sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1700-an ketika Prusia diperintah oleh Raja Friderich Agung. Tujuan awalnya yakni untuk mengurangi kebiasaan buruk para tentara yang biasa menyeka keringat menggunakan ujung lengan pakaian.

Desain Fashion

Sumber : https://propercloth.com/

Ritsleting YKK Yang Mendunia

Sebagian besar ritsleting pada pakaian umumnya memiliki logo bertulisan YKK. Tulisan YKK sendiri merupakan singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha, sebuah merek resleting asal Jepang yang berada di bawah naungan PT. Yoshida Industri.  Di Indonesia YKK memiliki anak perusahaan yang berlokasi di Cikarang.

Desain Fashion

Sumber : https://www.zipperstop.com/

Pemilik Hak Paten Ritsleting

Sejak pertama kali ditemukan ritsleting memang menjadi salah satu benda yang cukup berharga bagi kehidupan manusia. Hak paten ritsleting sendiri tercatat atas nama Gideon Sundback pada tahun 1913. Sebelumnya memang sudah ada beberapa inventor yang membuat prototype resleting namun banyak yang tidak berfungsi dengan baik.

Butuh ritsleting berkualitas dengan harga murah untuk melengkapi produk jahit anda?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Pemilik Hak Paten Kait Bra

Hak paten paten untuk kait bra dipegang oleh Mark Twain seorang novelis, penulis, dan pengajar berkebangsaan Amerika Serikat yang sangat antusias terhadap teknologi. Jauh sebelum digunakan untuk bra, kait tersebut awalnya dibuat untuk rompi, pantalon, dan jenis pakaian lain yang membutuhkan tali.

Logo Sporty Yang Pertama

Logo sporty yang pertama kali dipakai untuk pakaian olahraga bukanlah logo adidas atau sejenisnya, tapi berbentuk buaya kecil "crocodile" yang dibordir di kaos polo milik salah satu pemain tenis dunia, René Lacoste. Setelah pensiun dari dunia olahraga beliau membuat perusahaan sendiri dengan simbol tersebut.

Model Manusia Menggantikan Manekin

Hingga abad 19 sebenarnya tidak pernah ada model manusia yang dijadikan sebagai peraga dalam dunia desain fashion, lantaran para desainer baju pada masa itu selalu menggunakan manekin. Tapi kalau sekarang untuk mengenalkan rancangannya para desainer baju lebih banyak yang menggunakan jasa model.

  1. Model manusia memiliki peran yang sangat penting dalam peragaan busana di catwalk.
  2. Meski begitu untuk memamerkan pakaian di tokonya, dari dulu para desainer baju tetap menggunakan boneka manekin.

Desain Fashion

Sumber : https://www.walmart.com/

Butuh Dress Form (Wanita) maupun Dress Form (Pria) sebagai model atau peraga untuk display toko anda?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Majalah Fashion Pertama di Dunia

Melihat kondisinya saat ini mungkin banyak diantara anda yang berfikir bahwa majalah desain fashion pertama di dunia pasti dibuat untuk wanita, padahal nyatanya tidak demikian. Majalah fashion pertama justru dibuat oleh pria dan ditujukan bagi kaum pria juga, tepatnya pada tahun 1672.

Negara Paling Modis di Dunia

Setiap negara sebenarnya memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain dalam hal berpakaian. Namun dari beberapa negara yang ada, Italia, Perancis, Amerika Serikat, Jepang dan Inggris memang lebih dikenal sebagai negara yang kerap dijadikan sebagai kiblat fashion karena memiliki penduduk paling modis.

Selain memiliki penduduk dengan penampilan paling modis, kota Paris Perancis yang terletak di jantung Eropa juga banyak melahirkan desainer baju ternama seperti Cristian Dior, Louis Vuitton dan Givenchy yang berhasil mengangkat trend fashion setempat ke mata dunia.

Warna Pink Dulu Dipakai Anak Laki-Laki

Di masa lalu tepatnya setelah Perang Dunia I warna pink biasa diidentikkan dengan anak laki-laki, sementara warna biru identik dengan anak perempuan.

  1. Warna pink diberikan untuk anak laki-laki karena warna tersebut terkesan lebih tegas dan kuat. Selain itu warna pink merupakan turunan dari warna merah yang identik dengan sifat maskulin.
  2. Sedangkan warna biru banyak dipilih para desainer baju untuk membuat pakaian anak perempuan karena dianggap lebih lembut dan menenangkan.

Warna pink kemudian identik dengan karakteristik feminin sejak Perang Dunia II karena dianggap melambangkan masa muda dan kesehatan,kemudian mulai dikonotasikan dengan cinta dan sifat-sifat feminin.

Kaos Kaki Sudah Ada Sejak Zaman Primitif

Berdasarkan catatan sejarah rupanya kaos kaki sudah ada sejak zaman manusia primitif. Bedanya kaos kaki yang dipakai jaman dulu sebagian besar terbuat dari kulit binatang yang dililitkan pada kaki, kalau sekarang kaos kaki banyak dibuat menggunakan bahan wool dan sutera dengan berbagai warna.

Kaos Kaki Dulu Termasuk Barang Mewah

Jauh sebelum diproduksi secara masal, kaos kaki dulunya termasuk ke dalam jenis barang mewah yang hanya digunakan oleh kaum bangsawan. Kalau sekarang siapa saja bebas untuk mengenakan sepasang kaos kaki, baik untuk keperluan casual sehari-hari maupun kesempatan lainnya. 

Tradisi Memakai Sepatu Sempit di Tiongkok

Tradisi menghentikan pertumbuhan kaki dengan memakai sepatu sempit dulu sempat populer di China. Budaya mengikat kaki yang juga menjadi trend fashion berbahaya ini konon mulai diterapkan sejak zaman dinasti Song (960-1297) sampai tahun 1911 namun akhirnya dilarang pada Revolusi Sun Yat Sen tahun 1911.

High Heels Pertama Kali Digunakan Pria

Sama halnya dengan warna pink, high heels ternyata juga pertama kali digunakan oleh pria. Bukti bahwa high heels pernah dipakai oleh pria tergambar pada artefak mangkok keramik Persia dari abad 9 karena pada masa itu high heels memang digunakan oleh prajurit Persia yang mengendarai kuda.

Penggunaan high heels sebagai alas kaki pria sebenarnya bukan tanpa alasan, sebab di masa lalu high heels ini biasa digunakan mempertahankan kestabilan kaki prajurit ketika menginjak sanggurdi pada kuda. Dengan kaki yang terkunci, maka prajurit dapat membidik panah mereka secara lebih jitu.

Desain Fashion

Sumber : https://www.missguided.co.uk/

Waktu Terbaik Mencoba Sepatu

Berencana untuk membeli sepatu?. Untuk mendapatkan ukuran sepatu yang pas sesuai dengan kaki anda, sore hari menjadi waktu terbaik yang bisa anda pilih untuk mencoba sepatu. Alasan utamanya yaitu karena ukuran kaki seseorang akan mencapai ukuran yang paling melar ketika sore hari.

Trend Bergaya Seperti Ibu Hamil

Pada zaman dulu tepatnya di abad ke 15, trend hamil sangat populer di kalangan wanita karena kehamilan merupakan sesuatu yang dianggap fashionable. Bahkan demi mengikuti trend tersebut banyak perempuan yang sebenarnya tidak hamil rela menyimpan bantal atau gulungan dalam baju mereka agar terlihat modis.

Trend Mencukur Alis

Selama masa Renaissance trend mencukur alis hingga habis sempat menjadi trend yang diminati oleh banyak fashionista agar mereka agar terlihat cantik. Salah satu contoh terbaiknya yaitu Mona Lisa. Dalam lukisan Mola Lisa yang populer sampai sekarang tergambar jelas bahwa trend mencukur alis sudah ada sejak zaman Renaissance.

Fungsi Patch Pada Tas Punggung

Pernah menjumpai detail berbentuk diamond pada sisi bagian depan dari produk tas punggung anda?. Patch yang biasanya berbentuk diamond ini disebut "lash tab" atau "pig snout" gunanya buat menggantung barang yang nggak bisa masuk ke dalam tas misalnya aja sepatu, botol minum, senter dan lain sebagainya.

Dahulu Perhiasan Bukan Untuk Wanita

Sedikit berbeda dengan budaya yang berkembang di masa modern seperti sekarang, dahulu perhiasan lebih populer dikenakan oleh kaum pria dengan tujuan untuk menunjukkan tingkat sosialnya. Bahkan diperkirakan kaum prialah yang sebenarnya pertama kali mengenakan perhiasan bukan wanita.

Pajak Bagi Pria Berjenggot di Rusia

Pada masa pemerintahan kaisar Peter Yang Agung di masa lalu pria berjenggot akan dikenakan pajak karena Rusia menginginkan warganya untuk berpenampilan bersih dari jenggot agar dapat terlihat lebih stylish sebagai pria Eropa.. Namun sekarang pria dengan jenggot akan dianggap lebih maskulin.

Larangan Memakai Pakaian Ungu di Roma

Pada masa Romawi Kuno, warna ungu dipandang sebagai yang paling mulia dan agung karena alasan itulah pakaian berwarna ungu hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan atau keturunan bangsawan sementara orang lain dilarang memakainya.Tujuannya agar warga kelas rendah tidak mempertontonkan kekayaan.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa fakta menarik terkait dengan dunia fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak seru dan menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.