Article

Homepage Article Fashion Design 3 Tingkatan Rompi Safety…

3 Tingkatan Rompi Safety (Safety Vest) Berdasarkan Warnanya

Sering melihat orang yang berlalu lalang sekitar proyek dengan menggunakan rompi yang berwarna cerah dan mencolok?. Selain berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakan kerja, warna-warna yang dipilih sebagai bahan dasar untuk rompi safety (safety vest) ternyata juga memiliki tujuan lain lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rompi Safety

Rompi safety yang dikenal pula dengan nama lain safety vest merupakan sejenis rompi yang didesain khusus untuk melindungi tubuh para karyawan atau pekerja, dari resiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi sewaktu-waktu pada saat bekerja dalam situasi atau lingkungan yang berisiko tinggi.

  • Rompi safety (safety vest) termasuk kedalam kategori alat pelindung diri (APD) yang lazim digunakan oleh para pekerja di lapangan.
  • Rompi safety (safety vest) umumnya dipakai di lingkungan kerja yang membutuhkan visibilitas tinggi dalam cuaca buruk atau tingkat pencahayaan rendah.
  • Rompi safety (safety vest) sering digunakan oleh pekerja yang bekerja di sektor konstruksi, pertambangan dan industri lainnya yang melibatkan risiko kecelakaan kerja cukup tinggi.
  • Rompi safety (safety vest) dirancang secara khusus untuk melindungi keselamatan pekerja.
  • Rompi safety  (safety vest) diperlukan untuk melindungi atau minimal mengurangi efek terpapar angin saat para pekerja bertugas di lapangan.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia kerja, rompi safety (safety vest) sendiri banyak diciptakan dalam berbagai variasi warna yang berbeda untuk mengidentifikasi pekerjaan tertentu. Bahkan menurut perannya rompi keselamatan kerja inipun juga harus digunakan oleh para pekerja sesuai jenis rompinya.

Arti Warna Dari Rompi Safety

Untuk pilihan warnanya beberapa contoh warna yang paling umum dipakai untuk rompi safety (safety vest) antara lain berupa warna merah, warna orange dan warna hijau / kuning stabilo. Dimana dari ketiga warna tersebut masing-masing memiliki arti dan fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

1. Rompi Safety Warna Merah

Rompi safety atau rompi keselamatan kerja yang diciptakan dalam warna merah nyala atau merah cabe umumnya banyak digunakan oleh para pekerja lapangan yang memiliki mobilitas yang tinggi baik di siang ataupun malam hari.

  • Rompi safety (safety vest) warna merah biasa dipakai oleh para pekerja tambang.
  • Selain dipakai oleh pekerja tambang rompi safety (safety vest) warna merah ini juga biasa dipakai oleh para petugas pemadam kebakaran.

Rompi Safety

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Rompi Safety Warna Orange

Rompi safety atau rompi keselamatan kerja yang diciptakan dalam warna orange merupakan rompi yang paling sering digunakan para pekerja proyek dibidang konstruksi dan industri berisiko tinggi lainnya.

Pekerja yang melakukan perbaikan di jalan raya juga sering mengenakan rompi safety oranyedengan tujuan untuk memudahkan pengemudi dalam mengidentifikasi mereka sebagai pekerja jalan dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat saat melewati area kerja.

Rompi Safety

Sumber : https://www.bhinneka.com/

3. Rompi Safety Warna Hijau / Kuning Stabilo

Sementara untuk rompi safety atau rompi keselamatan kerja yang diciptakan dalam warna hijau hijau terang mendekati kuning stabilo yang menyala banyak digunakan untuk polisi lalu lintas, penjaga keamanan dan petugas kebersihan.

Rompi Safety

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Meski kelihatan sepele pemilihan warna seperti warna merah, warna orange dan warna hijau / kuning stabilo pada rompi safety atau rompi keselamatan kerja sendiri juga bukan tanpa alasan. Berikut beberapa alasan mengapa warna-warna cerah tersebut dipilih sebagai warna rompi safety (safety vest). 

  • Memudahkan orang lain ketika melihat pengguna rompi dari jarak jauh.
  • Memudahkan orang lain ketika melihat pengguna rompi dalam kondisi minim cahaya seperti malam hari atau di area dengan cahaya rendah.
  • Membantu mengurangi resiko kecelakaan dengan membuat pengguna lebih terlihat dan terdeteksi oleh orang lain.
  • Membantu indentifikasi kelompok kerja pada pekerjaan dari warna rompi yang berbeda.

Untuk alasan keamanan rompi safety (safety vest) inipun umumnya juga dilengkapi dengan pita scotlight / pita reflektif yang bisa membuat rompi keselamatan kerja dapat terlihat dengan mudah oleh orang lain sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan / resiko kecelakaan bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Rompi Safety

Sumber : https://m.bukalapak.com/

Pita scotlight sendiri merupakan sejenis pita yang mengandung bahan reflektif sehingga saat dipakai bisa memantulkan cahaya kembali ke sumbernya. Dengan cara memantulkan cahaya, pita scotlightberkontribusi besar dalam meningkatkan keselamatan dan visibilitas di berbagai situasi.

  • Pita scotlight berguna untuk meningkatkan visibilitas dan keselamatan pengguna, terutama dalam kondisi minim cahaya atau gelap.
  • Dalam keadaan darurat pita scotlight juga bisa membantu tim penyelamat atau petugas darurat untuk menemukan dan membantu korban dengan lebih cepat.

Rompi Safety

Sumber : https://mall.shopee.co.id/

Selain itu beberapa rompi safety juga dirancang dengan perlindungan tambahan seperti bahan tahan api atau tahan air tergantung pada kebutuhan pemakainya. Beberapa jenis rompi safety (safety vest) yang dimaksud yaitu:

  • Water-related safety vest yang dibuat dengan khusus untuk pekerjaan yang dilakukan di lingkungan perairan. Biasanya rompi safety (safety vest) ini diperlengkapi pula dengan peralatan penyelamat seperti pelampung dan peluit.
  • Rainwear safety vest yang dipakai di lingkungan konstruksi yang sering hujan. Seperti layaknya rompi safety (safety vest) yang lain, rainwear safety vest juga memiliki visibilitas tinggi dan mudah terlihat dari kejauhan.
  • Construction safety vest yang dipakai dalam konstruksi diatas permukaan tanah. Umumnya pekerja bangunan memakai rompi yang tipe ini.
  • Safety harness vest yang dirancang khusus untuk para pekerja konstruksi yang dilakukan di lokasi laut.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa contoh warna rompi safety (safety vest) yang umum digunakan oleh para pekerja di Indonesia. Dengan mengetahui makna dari masing-masing warna rompi safety (safety vest) semoga pengetahuan dan wawasan kamu tentang rompi safety jadi makin bertambah ya.

Butuh kain jala rompi berkualitas untuk membuat rompi safety atau rompi keselamatan kerja?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Jala Rompi terbaik yang kami miliki.

Simak juga Karakteristik Kain Jala Rompi dan Aplikasinya Pada Rompi Safety kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang ciri khas kain jala rompi serta aplikaisnya dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.