Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Cotton…

10 Keunggulan Kain Cotton Stretch Yang Dibuat Dari Kombinasi Cotton dan Spandex

Merasa cukup familiar dengan yang namanya kain katun?. Penting untuk anda ketahui bahwa kain katun sendiri variasinya ada banyak lho. Salah satunya yakni berupa kain cotton stretch yang menawarkan banyak keunggulan karena dibuat dari kombinasi dua macam serat yang berbeda yakni serat cotton / katun dan spandex.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Cotton Stretch

Kain cotton stretch merupakan sejenis kain woven / tenun (bukan kaos) yang sangat adem, nyaman dan dapat digunakan untuk banyak keperluan. Berdasarkan komposisi penyusunnya, bahan cotton stretch sendiri umumnya banyak dibuat dari campuran cotton (serat katun) dan spandex dengan perbandingan tertentu.

  • Serat cotton / katun yang lebih dominan membuat kain cotton stretch mempunyai sifat adem di kulit dan cenderung mudah menyerap keringat.
  • Sedangkan serat spandex yang terkandung di dalamnya membuat kain cotton stretch mempunyai sifat sedikit stretch dan nyaman dipakai.

Kain Cotton Stretch Kain Cotton Stretch

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Cotton Stretch

Tidak jauh beda dengan bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian sehari-hari, kain cotton stretch ini pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain cotton stretch sebagai bahan pembuatan busana diantaranya:

1. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain cotton stretch termasuk ke dalam jenis kain woven / tenun yang memiliki jalinan benang erat sehingga membuatnya lebih kuat dan lebih bertahan lama di banding kain rajut dan kain yang tidak di tenun.

2. Memiliki Elastisitas Yang Baik

Kain cotton stretch memiliki sifat yang sangat khas yakni cenderung stretch ke 1 sisi. Walau pemakaian campuran spandex pada kain ini hanya beberapa persen saja, tapi serat spandex yang ada di dalamnya akan membuat cotton stretch memiliki daya elastisitas yang baik.

3. Memiliki Handfeel Yang Soft

Kain cotton stretch tergolong ke dalam jenis kain yang memiliki handfeel soft dan lembut karena mengandung banyak serat katun. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian lembut, kain ini akan terasa nyaman saat bersentuhan dengan permukaan kulit.

4. Warnanya Bright dan Tidak Luntur

Kain cotton stretch memiliki warna yang bright dan tidak luntur karena diproses memakai pencelupan reactive. Jadi meski sudah dicuci berulang kal warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah pudar ataupun kusam.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Kain cotton stretch cenderung tidak menerawang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal. Ketika dijadikan sebagai bahan pakaian, kain cotton stretch ini bahkan tidak perlu lagi tambahan furing atau lapisan lain didalamnya.

6. Mudah Menyerap Keringat

Kain cotton stretch memiliki karakteristik yang sangat khas yakni bahannya sangat mudah untuk menyerap keringat karena mayoritas terbuat dari serat cotton / katun.

7. Adem dan Sejuk di Kulit

Kain cotton stretch terbilang sangat adem dan sejuk jika sudah menempel pada bagian kulit karena memiliki pori-pori yang bisa mempermudah sirkulasi udara. Dengan begitu saat dijadikan sebagai bahan pakaian kain ini tidak akan panas saat dikenakan.

8. Lentur dan Nyaman Dipakai

Kain cotton stretch tergolong ke dalam jenis bahan kain yang lentur dan sangat nyaman jika dipakai untuk daily outfit.

9. Bahannya Terkesan Jatuh

Kain cotton stretch mempunyai tampilan yang jatuh. Meski demikian, saat digunakan sebagai bahan pakaian kain cotton stretch ini tidak akan menempel di kulit dan tidak mencetak lekukan tubuh.

10. Perawatannya Sangat Mudah

Kain cotton stretch perawatannya sangatlah mudah. Agar pakaian atau produk fashion yang terbuat dari bahan cotton stretch lebih awet anda bisa mencoba tips berikut.

  • Jangan mencuci busana berbahan cotton stretch dengan menggunakan mesin cuci tapi sebaiknya gunakan tangan dan jangan disikat.
  • Jemur busana berbahan cotton stretch di tempat yang tidak terkena matahari langsung agar warnanya tidak cepat pudar.

Kegunaan Kain Cotton Stretch

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain cotton stretch ini pada prinsipnya sangat populer digunakan untuk membuat berbagai produk yang menarik seperti kemeja, baju koko, blus wanita, gamis, tunik, celana, kerajinan tangan, masker dan kebutuhan lainnya.

1. Kemeja

Kemeja menjadi salah satu produk pelengkap fashion yang banyak dibuat dari kain cotton stretch. Dengan karakteristik bahannya yang adem dam mudah menyerap keringat, kemeja yang dihasilkan pastinya akan sangat nyaman digunakan di daerah yang beriklim tropis dan lebih sering terkena sinar terik matahari.

Kain Cotton Stretch

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Baju Koko

Berikutnya ada baju koko yang memiliki tampilan sangat khas yakni biasa dilengkapi dengan kerah tegak dan sejumlah kancing di bagian depan. Tak hanya bagus dipakai untuk menghadiri aktifitas keagamaan, baju koko dari bahan cotton stretch ini juga nyaman dipakai saat bekerja.

3. Blus Wanita

Selain kemeja dan baju koko, kain cotton stretch juga sangat cocok digunakan sebagai bahan utama blus wanita. Penggunaan blus yang dibuat dari kain cotton stretch akan membuat anda bisa beraktivitas dengan bebas tanpa harus merasa risih karena bahan yang digunakan tidak nyaman.

Kain Cotton Stretch

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Gamis

Gamis dengan model longgar yang didesain menyatu antara atasan dan bawahan untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki, juga termasuk ke dalam jenis fashion item yang dapat dibuat dari kain cotton stretch.

5. Tunik

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita, kain cotton stretch juga ideal digunakan untuk membuat tunik. Tunik yang dibuat dari bahan inipun bisa digunakan sebagai pakaian andalan saat hangout ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Kain Cotton Stretch

Sumber : https://www.lazada.co.id/

6. Celana

Selanjutnya ada busana penutup tubuh bagian bawah dengan model kulo yang bisa dijadikan outfit andalan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah. Biar tampilannya tidak terkesan monoton, kulot dari kain cotton stretch dapat dikreasikan pula dengan tambahan ruffle dan juga pita.

Kain Cotton Stretch

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Masker

Tak kalah menarik dari sejumlah fashion item yang sudah disebutkan di atas, kain cottoh stretch yang lentur dan adem sebenarnya juga sangat bagus dipakai untuk membuat masker reusable yang dapat  dicuci dan dipakai lebih dari satu kali.

Kain Cotton Stretch

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain cotton stretch lengkap dengan berbagai macam fashion item yang dibuat dari bahan tersebut. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki kain cotton stretch semoga anda bisa lebih mudah menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Butuh bahan kain cotton stretch berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, blus, gamis, tunik dan berbagai model busana lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Cotton Stretch (MTK) yang kami miliki.

Download juga Pola Baju dan Pola Masker siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat kemeja, baju koko, blus, gamis, celana kulot dan masker sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.