Article

Homepage Article Kain Tekstil Sejarah dan Perkembangan…

Sejarah dan Perkembangan Model Jaket Varsity Serta Bahan Yang Sering Digunakan Untuk Membuatnya

 

 

 

 

Jaket varsity memang terkenal sebagai jaket yang begitu disukai oleh anak muda di berbagai belahan dunia. Selain memiliki tampilan yang unik dan berbeda dari jaket lainnya, jaket varsity ini umumnya juga sangat cocok dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan karena pilihan bahan kain untuk membuatnya juga sangat banyak.

Pengertian Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan salah satu jenis model jaket yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika, namun seiring perkembangan zaman dimodifikasi untuk kebutuhan fesyen. Dilihat dari desain dasarnya jaket varsity biasanya memakai kancing dan memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan. 

Jaket Varsity

Sumber : https://id.pinterest.com/

Adanya warna pembeda antara warna dibagian lengan dengan bagian badan mampu memberikan kesan yang cukup unik pada tampilan jaket varsity. Selain itu pada beberapa jenis jaket varsity biasanya ditambahkan pula inisial huruf “letter” dari patch kain di dada sebelah kiri yang membuatnya semakin keren.

Jaket Varsity

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sejarah Jaket Varsity

Catatan sejarah menyebutkan jaket varsity yang kita kenal hingga saat ini konon pertama kali dipakai oleh mahasiswa Universitas Harvard ketika tengah mengadakan suatu pertandingan baseball. Berawal dari sinilah jaket varsity kemudian juga dikenal sebagai jaket baseball dalam referensi budaya Amerika.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.amazon.com/

Bagi seorang atlet jaket varsity bukan hanya sekedar model jaket biasa, tapi juga sebagai simbol kesuksesan yang diraihnya. Sebab hanya orang-orang terpilih yang mendapatkan jaket dengan bordiran huruf “H” di bagian dada. Orang yang diizinkan untuk memakai huruf pada baju olahraga mereka yaitu kapten tim.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.zumiez.com/

Selain jaket pihak kampus juga memberikan penghargaan berupa kaos jersey dengan huruf “H” kepada para pemain yang berprestasi atau berpartisipasi dalam permainan. Lalu dari sini muncullah istilah “letterman” yang biasa dipakai untuk menyebutkan siswa yang telah memenuhi partisipasi tingkat tertentu pada sebuah tim universitas.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.zalando.co.uk/

Istilah letterman berasal dari pemberian kain berbentuk huruf “letter” yang memuat inisial nama tertentu kepada setiap partisipan yang kemudian ditempatkan di jaket atau sweater untuk menunjukkan prestasi tertentu. Jadi jaket varsity yang disematkan kain berbentuk huruf tersebut dikenal sebagai “jaket letterman”.

Jaket Varsity

Sumber : https://store.roosterteeth.com/

Karakteristik Jaket Varsity

Jaket varsity pada umumnya hadir dalam warna two tone atau dua warna yang berbeda, dimana warna pada bagian lengan dan tubuh biasanya dibuat berlainan sesuai dengan keinginan pemakai jaket terebut. Jaket ini di lengkapi pula dengan kerah, kancing dan variasi logo di bagian depan atau belakang.

Beberapa karakteristik umum dari model jaket varsity yang penting untuk anda ketahui antara lain:

  1. Jaket varsity kebanyakan dibuat dengan ukuran panjang hingga sebatas pinggang.
  2. Jaket varsity memiliki ciri khas warna yang berbeda antara bagian badan dan lengan.
  3. Untuk bahan utamanya, jaket varsity bisa dibuat dari bahan kain sejenis katun wool (badan) dan kulit (lengan) atau bahan lain sesuai keinginan pembuatnya.
  4. Jaket varsity memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch kain atau bordir. Detail yang paling khas merupakan huruf “H” yang dibordir di dada kiri jacket.
  5. Jaket varsity memiliki kancing (resleting untuk opsi) sebagai tutupan jaket di depan dari ujung bawah sampai ujung leher.
  6. Jaket varsity biasanya memiliki motif yang sama di bagian kerah, manset dan pinggang.
  7. Jaket varsity memiliki dua kantong miring tanpa penutup di kedua sisi perut.

Perkembangan Jaket Varsity

Dari yang awalnya hanya dipakai sebagai kebanggaan tim untuk menunjukkan prestasi dalam bidang atletik, akademis atau pun kegiatan tertentu yang merepresentasikan suatu organisasi, jaket varsity pada perkembangannya mulai diadposi sebagai jaket yang banyak digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan.

Seiring berjalannya waktu jaket varsity kemudian menjadi suatu trend yang membuat siapa saja yang memakainya akan terlihat cool dan tampil lebih fashionable. Di Indonesia sendiri jaket varsity telah menjelma menjadi suatu item fashion yang cukup laris dan banyak di ciptakan dengan berbagai macam variasi model.

Beberapa variasi model jaket varsity yang banyak diminati oleh anak muda diantaranya:

1. Jaket varsity original dengan ciri warna badan dan tangan yang berbeda, dimana pada bagian ujung tangan, badan bawah dan kerah menggunakan bahan rib bergaris.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Jaket varsity dengan variasi hoodie yang bagian kerahnya dimodifikasi menjadi  hoodie.

Jaket Varsity

Sumber : https://iamwildcat.net/

3. Jaket varsity raglan dengan jahitan tangan menyambung hingga ke leher. Bagian kerah dari jaket ini bisa menggunakan bahan rib maupun langsung berupa hoodie.

Jaket Varsity

Sumber : http://novojackets.com/

4. Jaket varsity model kombinasi yang didapat dari gabungan model jaket varsity original kemudian diberi tambahan hoodie. Ketika hoodie dimasukkan maka akan terlihat seperti jaket varsity model original.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.shopdisney.com/

Bahan Jaket Varsity

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria maupun wanita jaket varsity sebenarnya bisa dibuat dari bahan apapun walau memang lebih sering dibuat dari bahan fleece yang lembut dan halus. Meski demikian tidak menutup kemungkinan ada juga jaket varsity yang dibuat dari bahan kain yang lainnya.

Beberapa bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat jaket pria dan jaket wanita dengan model varsity antara lain berupa kain baby terry, kain diadora, kain taslan, kain denim, bahan kulit, kain despo, kain mayer, kain mikro, kain puma scot, kain parasut, kain zn dan berbagai bahan kain yang sejenis.

1. Kain Fleece

Kain fleece sejak dahulu dikenal sebagai salah satu jenis kain yang paling umum digunakan untuk jaket varsity. Kain fleece ini secara umum memiliki karakteristik yang cukup tebal, lembut dan memiliki bulu di dalamnya sehingga dapat menyerap keringat namun tidak membuat tubuh menjadi panas jika dipakai. 

Jaket Varsity

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Kain Baby Terri

Kain baby terri merupakan bahan jaket pria dan jaket wanita yang memiliki karakteristik seperti fleece yakni sama-sama berbulu tapi agak lebih tipis dari fleece. Bahan ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis bahan pilihan terbaik dari bahan jenis sweater namun juga dapat digunakan untuk model jaket varsity yang enteng.

3. Kain Diadora

Kain diadora merupakan jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat jaket sport termasuk salah satunya yaitu jaket varsity. Kain ini secara umum memiliki tekstur yang cukup tebal, bagian dalam agak berbulu dan bagian luarnya licin. Jenis kain diadora yaitu kain diadora lokal dan kain diadora taiwan.

4. Kain Taslan

Kain taslan merupakan jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat jaket outdor. Kain taslan ini kebanyakan dipilih karena tidak mudah menyerap air sehingga cocok jika digunakan ketika musim hujan. Jenis kain taslan diantaranya yaitu taslan milky, taslan balon dan taslan bening.

5. Kain Denim

Kain denim dikenal sebagai bahan kain yang memiliki tampilan padat dan agak berat. Meski bahan denim kebanyakan lebih sering dipakai untuk membuat celana jeans tapi dengan padupadan dan pilihan warna yang tepat kain denim ini akan membuat jaket varsity jadi terlihat lebih keren.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.depop.com/

6. Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan sejenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat variasi pada jaket varsity terutama di bagian tangan. Dengan digunakannya bahan kulit baik dalam versi yang asli maupun dalam versi kulit sintetis jaket varsity umumnya akan menjadi terlihat lebih mewah.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.farfetch.com/

7. Kain Despo

Kain despo termasuk jenis kain windbreaker (penahan angin) sejenis parasut namun agak halus. Karakteristik dari kain ini yaitu saat dipegang cenderung licin, tidak mudah kusut, dan bersifat waterproof (anti air). Jenis kain despo diantaranya despo polos, despo loreng, despo balon dan despo stretch.

8. Kain Mayer

Kain mayer merupakan jenis kain parasut polyester. Dengan karakteristik bahannya yang  relatif tipis jika dibandingkan dengan kain taslan, tidak kaku, bersifat water resistant (tidak dapat ditembus air jika jumlah airnya tidak terlalu banyak) kain mayer sangat cocok dipakai untuk jaket pria dan jaket wanita.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.zalora.co.id/

9. Kain Mikro

Kain mikro adalah kain yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil. Kain mikro memiliki karakteristik seperti bahan parasut namun agak tipis, selain itu permukaan kainnya licin. Jenis kain mikro diantaranya yaitu microfiber, micro ripstop, micro TR dan micro bintik.

10. Kain Puma Scot

Kain puma scott memiliki karakteristik mirip parasut akan tetapi lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak berisik bila digesekkan dan tidak mudah kusut. Kain puma scott merupakan kain yang anti air. Sangat cocok digunakan untuk membuat jaket outdor dan juga jaket varsity.

11. Kain Parasut

Kain parasut merupakan kain yang terbuat dari bahan dasar polyester. Karakteristik paling khas dari kain ini yaitu sangat tipis dan cenderung kedap air atau angin walaupun sebenarnya setiap jenis kain parasut memiliki kualitas yang berbeda, ada yang tebal, tipis bahkan tembus pandang.

12. Kain ZN

Kain ZN merupakan salah satu bahan jaket pria dan jaket wanita yang mempunyai sifat yang mirip dengan kain taslan namun tekstur kainnya berbeda kerena kain ZN ini cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan taslan. Kain ZN biasanya juga mempunyai sifat anti air (water resistant).

Tips Memilih Jaket Varsity

Buat anda yang masih suka bingung ketika memilih jaket varsity yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan berikut kami bagikan beberapa tips memilih jaket varsity yang sayang jika anda lewatkan.

  1. Perhatikan kualitas bahan jaket sebelum membeli. Jaket pria dan jaket wanita yang mahal sekalipun belum tentu kualitas bahannya mesti bagus, jadi anda harus benar-benar jeli saat melihat bahan jaket tersebut.
  2. Pastikan ukuran jaket varsity yang anda pilih sudah sesuai dengan badan anda. Untuk alasan kenyamanan pilih yang ukurannya pas badan dalam artian tidak terlalu kebesaran ataupun kekecilan.
  3. Lihat kerapian jahitan jaket bila anda ingin mendapatkan jaket yang lebih awet dan tahan lama. Jahitan yang dimaksud tidak hanya terbatas pada jahitan dalam jaket tetapi juga mencakup jahitan bordir pada jaket.
  4. Jangan memilih perpaduan warna jaket pria dan jaket wanita yang bisa merusak mata, misalnya kombinasi warna dasar merah dan lengan jaket berwarna hijau.
  5. Agar tampilan anda tidak menjadi aneh coba pilihlah perpaduan warna yang serasi saja. Beberapa kombinasi warna jaket yang sesuai diantaranya warna merah dengan putih, warna abu-abu dengan dongker dan perpaduan warna serasi lainnya.
  6. Apabila ingin tampil klasik dan minimalis pilihlah jaket dengan tampilan klasik. Jaket varsity berwarna hitam, biru navy, putih, coklat dan krem merupakan contoh warna yang cocok digunakan sepanjang musim.
  7. Hindari penggunaan detail yang terlalu ramai pada jaket bila anda kurang begitu suka memakai jaket yang telalu banyak ornamen. Kalau mau aman pilihlah jaket tanpa hiasan sekalipun.

Tips Padupadan Jaket Varsity

Sebagai salah satu item fashion multifungsi jaket varsity pada prinsipnya dapat dikenakan oleh semua orang baik itu pria maupun wanita. Ketika dikenakan oleh para pria jaket ini akan terlihat lebih maskulin dan macho sebaliknya ketika di gunakan oleh para wanita maka akan terlihat feminim.

Butuh inspirasi gaya pemakaian jaket varsity yang keren dan lain dari biasanya?. Mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa tips berikut.

  1. Jika anda ingin tampil lebih elegan coba kenakan jaket varsity yang memiliki tampilan klasik. Beberapa contoh warna jaket yang bisa anda coba diantaranya warna hitam, putih, biru navy, krem dan coklat.
  2. Agar tidak membosankan dan terlihat mewah anda bisa memilih jaket varsity berbahan leather kemudian padukan bersama vest dan kemeja untuk tampilan maskulin atau rok pensil untuk gaya berbusana wanita.
  3. Bagi anda wanita yang suka bergaya feminim sesekali coba kenakan jaket varsity dengan shift dress berpotongan di lutut, terusan berdetail peplum, hingga terusan maxi yang menyapu lantai.
  4. Buat penampilan anda jadi lebih modern dan tangguh dengan memadukan jaket bersama fashion item berbahan leather. Bagi anda yang ingin mencoba gaya ini direkomendasikan untuk memilih celana skinny atau clutch oversized berbahan kulit.
  5. Khusus untuk anda yang mau tampil fashionable tanpa butuh waktu lama ada satu trik yang bisa anda coba. Caranya cukup kenakan jaket varsity full printed lalu padukan dengan kaos dan celana jeans.  
  6. Untuk anda para pria yang mau tampil gaya saat kuliah anda bisa memadupadankan jaket varsity dengan kemeja bermotif. Kalau mau tampil lebih santai anda tinggal  mengganti kemeja dengan kaos stripe.
  7. Untuk menciptakan kesan yang lebih sporty anda bisa memakai jaket varsity yang bersetail simple kemudian kombinasikan jaket tersebut dengan kaos polo putih yang punya kesan sporty juga.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat jaket varsity sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya maka anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai cara Membuat Pola Jaket Varsity dari kami Di Sini.

Kalau anda ingin membuat jaket varsity dengan pola ukuran standar ala konveksi, anda bisa mendownload Pola Jaket Varsity dari kami Di Sini. Standar ukuran untuk model jaket varsity di Fitinline adalah sebagai berikut.

Jaket Varsity

Pola Jaket Varsity yang dibuat di Fitinline merupakan pola jaket varsity yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa sebagai identitas kampus. Pola jaket varsity ini didesain untuk konsumsi rumahan, dimana pola dibuat dalam bentuk file ukuran S, M, L dan XL lengkap dengan panduan penjelasan dan penyusunan pola.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.