Article

Homepage Article Kain 3 Jenis Karpet Loop Pile…

3 Jenis Karpet Loop Pile dan Cara Merawatnya

Butuh rekomendasi bahan karpet berkualitas yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga memberi kenyamanan tersendiri pada hunian rumah anda. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih karpet loop pile yang terkenal awet dan tahan lama asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Karpet Loop Pile

Karpet loop pile merupakan karpet lantai yang dibentuk dengan cara melilitkan benang di atas alas. Adapun teknik yang digunakan untuk membuat bahan karpet ini biasa disebut sebagai looping yarn style.

  • Karpet loop pile sejatinya merupakan karpet yang dibuat dari kombinasi wol, nilon dan polypropylene.
  • Karpet loop pile umumnya memiliki tekstur permukaan bulu yang menyambung seperti anyaman.
  • Karpet loop pile dapat dijumpai dalam dua jenis pilihan yaitu polos dan bermotif.

Karpet Lantai

Sumber : https://www.expressflooringstore.com/

Sebagai salah satu jenis karpet lantai yang berkualitas, karpet loop pile sendiri tidak masalah jika dipasang di tempat yang dilalui banyak orang, misalnya ruang tamu atau ruang keluarga karena karpet ini memang sangatlah awet asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Karpet Lantai

Sumber : https://www.avalonflooring.com/

Jenis-Jenis Karpet Loop Pile

Untuk menutup lantai sekaligus memparcantik tampilan ruangan, karpet loop pile inipun dapat dijumpai dalam banyak variasi tampilan. Beberapa jenis karpet yang dimaksud antara lain berupa: 

1. Berber

Berber merupakan tipe karpet loop pile yang paling mudah dicari dan ditemukan di pasaran. Jika dilihat secara detail serat yang ada pada bahan karpet berber secara umum ditekuk menjadi rangkaian loop.

  • Karpet berber akan lebih tahan lama dan anti noda walaupun bantalannya tidak banyak sehingga membuatnya tidak empuk.
  • Lilitan karpet berber cenderung pendek walaupun terkadang ada variasi lain.
  • Karena pendek karpet loop pile jenis berber biasanya terlihat padat, bantet, sekaligus lembut.
  • Karpet berber benangnya juga cenderung tidak mudah rontok. Tapi sebaiknya pastikan anda tidak pernah meletakkan benda yang tajam di atas permukaan karpet karena bisa menyobek dan merusak serat-seratnya.

Karpet Lantai

Sumber : https://www.ebay.com/

2. Level Loop

Loop level merupakan tipe karpet loop pile yang dibuat dengan loop yang pendek dan memiliki panjang yang sama. Loop yang dibuat pada karpet ini biasanya diusahakan sesimetris mungkin jadi terlihat sangat rapi dan tidak kasar.

Dari segi tampilan fisiknya, karpet level loop sendiri umumnya cenderung kaku namun justru sangat cocok untuk diletakkan di area tempat orang berlalu lalang seperti misalnya ruang tamu dan ruang keluarga.

Karpet Lantai

Sumber : https://www.menards.com/

3. Multilevel Loop

Multi level merupakan tipe karpet loop pile yang memiliki panjang benang cukup bervariasi sehingga ketika dilihat dari atas membentuk pola yang juga bervariasi.

  • Karpet lantai jenis multiloop menawarkan lebih banyak desain yang menarik mata karena bisa membentuk beragam pola yang unik.
  • Variasi dan tekstur dari karpet lantai jenis multiloop ini bisa berubah seiring waktu.

Karpet Lantai

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Cara Merawat Karpet Loop Pile

Sama halnya seperti karpet yang dibuat dari bahan lain, meskipun bahannya dikatakan awet dan tahan lama kalau tidak pernah dirawat, dicuci dan dibersihkan karpet loop pile bisa saja mudah rusak. Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut, tentu saja karpet loop pile harus dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk merwat karpet loop pile agar tetap awet dan dapat digunakan sebagai mestinya yaitu:

  • Jemur Karpet Lantai Secara Rutin

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk merawat karpet loop pile yaitu biasakan untuk menjemur karpet loop pile dalam kondisi kering secara rutin di bawah sinar matahari, misalnya saja dua kali dalam seminggu.

  • Menjemur karpet loop pile di bawah sinar matahari akan membunuh kuman-kuman tak terlihat yang ada pada karpet tersebut.
  • Menjemur karpet loop pile di bawah sinar matahari akan membuat kelembabannya tetap terjaga dan tidak mudah bau.
  • Untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaannya, karpet loop pile juga perlu dikibaskan sesekali agar tidak menumpuk.
  • Bersihkan Dengan Vacuum Cleaner

Usahakan untuk rajin-rajin membersihkan debu pada bahan karpet loop pile dengan menggunakan vacuum cleaner atau mesin penyedot debu karena prosesnya jauh lebih mudah.

  • Hindari Penggunaan Sapu Lidi

Hindari kebiasaan membersihkan karpet lantai jenis loop pile dengan sapu terutama sapu lidi, karena fungsi dari sapu lidi ini bukan untuk membersihkan karpet melainkan untuk menyapu halaman rumah.

Selain tidak efektif ujung sapu lidi yang tajam bisa saja merusak permukaan karpet karena ada bagian yang mungkin tersangkut. Sebagai gantinya lebih baik gunakan mesin pembersih khusus seperti vacuum cleaner.

  • Jangan Cuci Dengan Deterjen

Jangan mencuci karpet loop pile dengan deterjen berbahan keras karena dapat menyebabkan bulu-bulu yang ada pada permukaan bahan karpet jadi tidak halus dan tidak bisa terurai seperti semula.

Hilangkan Noda Dengan Cuka

Untuk membersihkan noda membandel seperti noda makanan dan minuman yang mungkin  tidak sengaja tumpah pada karpet lantai jenis loop pile coba gunakan cuka yang dicampur dengan baking soda dan juga air.

  • Caranya campurkan cuka, baking soda dan juga air ke dalam mangkuk.
  • Tuangkan pada area karpet yang kotor lalu sikat dengan sangat hati-hati.
  • Hindari penggunaan sikat dengan bulu yang kasar untuk membersihkan karpet loop pile.
  • Jangan sampai menyikat karpet terlalu kuat jika tidak ingin karpet anda menjadi rusak.
  • Bilas karpet dengan menggunakan air hingga bersih kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering dengan sendirinya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis karpet loop pile dan cara merawatnya yang bisa anda coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk merawat karpet loop pile dengan cara yang tepat sehingga tampilannya tetap menarik dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Yang Banyak Dipakai Untuk Karpet Lantai kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang rekomendasi bahan karpet terbaik yang dapat dijadikan sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik ruangan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.