Article

Homepage Article Desain Fesyen 3 Efek Perubahan Warna Yang…

3 Efek Perubahan Warna Yang Biasa Ditampilkan Pada Celana Jeans

Pernah menjumpai istilah fading sebelumnya?. Dalam dunia clothing, secara sederhana fading dapat didefinisikan sebagai perubahan alami warna denim atau jeans yang terjadi pada titik-titik tertentu baik karena lipatan atau faktor lainnya. 

Efek Warna Denim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Berbeda dengan efek pudar pada denim prewashed yang memang sengaja dibuat secara khusus dengan mesin dan bahan kimia, efek yang terbentuk pada jeans berbahan raw denim umumnya cenderung lebih bersifat natural dan dapat menyesuaikan diri dengan tubuh pemakainya. Jadi hanya bagian tertentu saja yang akan terlihat kontras.

Efek Warna Denim

Sumber : https://amatterofmillimeters.wordpress.com/

Karena perubahan warna pada produk raw denim terjadi secara manual jadi efek yang ditimbulkan pun bisa berbeda-beda pada setiap potongan celana. Meski demikian hal itulah yang justru membuat jeans menjadi semakin keren. Beberapa efek perubahan warna yang cukup populer diantaranya berupa whiskers, honeycombs, dan ropping effect.

Efek Warna Denim

Sumber : https://www.cultizm.com/

Whiskers

Whiskers merupakan efek pemudaran yang terjadi pada paha bagian atas dari celana jeans. Perubahan warna yang terjadi biasanya akan membentuk pola tertentu bergantung pada lipatan yang dihasilkan oleh paha si pemakai jeans.

  • Semakin longgar ukuran celana jeans yang digunakan bentuk whiskers yang dihasilkan pada umumnya akan lebih besar dan banyak.
  • Sebaliknya jika ukuran celana jeans yang digunakan semakin ketat dibagian paha keatas, maka whiskers yang dihasilkan juga akan berbentuk kecil namun tajam.

Efek Warna Denim

Sumber : https://www.denimsandjeans.com/

Honeycombs

Honeycombs merupakan efek pemudaran yang terjadi pada bagian belakang lutut dari celana jeans. Pola yang dihasilkan umumnya akan berbentuk seperti pattern sarang lebah.

  • Honeycombs yang besar dan lebar akan terbentuk ketika seseorang menggunakan celana jeans dengan fit yang loose seperti straight atau slim-straight.
  • Sebaliknya honeycombs yang kecil dan rapat baru bisa terbentuk ketika seseorang menggunakan celana jeans dengan fit yang pas dengan ukuran kaki seperti slim.

Efek Warna Denim

Sumber : https://www.heddels.com/

Ropping Effect

Ropping effect merupakan efek pemudaran pada celana jeans yang berbentuk seperti tambang atau gelombang pada bagian hem (ujung) sebuah raw denim. Ropping effect dapat dihasilkan ketika bagian lipatan hem pada sebuah raw denim dijahit dengan menggunakan mesin hem khusus.

Efek Warna Denim

Sumber : https://supertalk.superfuture.com/

Tidak hanya terbatas pada whiskers, honeycombs, dan ropping effect namun setiap bahan denim khususnya raw denim sebenarnya juga dapat menciptakan efek-efek lain yang mempunyai nama dan sebutan tersendiri. Sebagai contoh train tracks, tate + ochi, maupun vertical fades.

Efek Warna Denim

Sumber : https://denimartistpp.wordpress.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Kain Denim

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.