Article

Homepage Article Desain Fesyen Tugas dan Tanggung Jawab…

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Fashion Merchandise (MD)

Fashion merchandise (MD) dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang melibatkan perencanaan, pengembangan, dan pengadaan busana sesuai kelompok pasar yang dituju guna  memenuhi apa kebutuhan para pelanggan. Seseorang yang bekerja dalam bidang fashion merchandise bertugas untuk memprediksi trend yang diminati pelanggan, memesan produk fashion dari fashion designer atau garmen untuk dijual di butik maupun department store. 

Fashion Merchandise

Sumber : Sumber : http://fashiondegreelink.com

Selain memahami seluk beluk dunia mode, seorang MD juga dituntut untuk menguasai keterampilan dan keahlian lain dalam menentukan produk fashion yang tepat sesuai trend dan minat para konsumen. Dalam mempertemukan mode dan bisnis, seorang fashion merchandiser diharapkan memiliki pengetahuan luas tentang berbagai teknik dan strategi pemasaran.

Fashion Merchandise

Sumber : Sumber : http://www.fanshawec.ca

Pada prinsipnya job description seorang MD yang bekerja pada masing-masing perusahaan bisa sedikit berbeda walaupun intinya sama-sama bertanggung jawab sebagai penyedia barang yang nantinya akan dijual.

Fashion Merchandise

Sumber : Sumber : http://www.fashiondesignscope.com

Dalam melakukan pekerjaannya seorang MD harus bisa bernegosiasi dengan pihak penyuplai barang untuk mendapatkan harga terbaik dari sebuah barang. Sebab harga beli yang disepakati tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dengan harga jual yang bersangkutan saat dipasarkan kepada konsumen. 

Fashion Merchandise

Sumber : Sumber : http://www.ursuline.edu

Selain mendapatkan harga terbaik, seorang MD juga harus mampu menyeimbangkan antara harga dan kualitas barang yang hendak dijual di pasaran. Untuk memastikan kualitas barang, diperlukan kerja sama yang baik dari pihak intern perusahaan yaitu development sample dan quality control, serta pihak luar yaitu supplier yang diberi kepercayaan untuk mengerjakan order pesanan MD.

Fashion Merchandise

Sumber : http://www.textiletoday.com.bd/

Selain itu ketepatan waktu dalam pendistribusian atau pengiriman barang ke toko juga menjadi salah satu hal terpenting yang harus dipastikan oleh seorang MD, terutama saat penjualan barang di toko sedang mengalami peningkatan.

Fashion Merchandise

Sumber : http://www.totaljobs.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.