Article

Homepage Article Desain Fesyen 2 Macam Bahan Penyamakan…

2 Macam Bahan Penyamakan Mineral

Penyamakan kulit dikenal sebagai salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk mengubah bahan kulit mentah yang rentan mengalami kerusakan akibat aktivitas mikro organisme atau zat kimia tertentu menjadi bahan kulit yang lebih tahan dan kebal terhadap pengaruh-pengaruh tersebut. 

Penyamakan Mineral

Sumber : http://www.ofakind.com/

Secara teknis prosedur penyamakan kulit yang berkembang sampai saat ini dapat dilakukan menggunakan berbagai macam bahan penyamak, salah satunya dengan memanfaatkan bahan penyamak mineral yang berasal dari golongan krom (Cr) dan aluminium.

Penyamakan Mineral

Sumber : http://imagegranted.com/

Mineral Krom

Mineral krom dikenal sebagai salah satu bahan penyamak yang cukup populer dalam industri penyamakan kulit. Dimana jenis garam krom yang dapat digunakan untuk penyamakan kulit yaitu berupa garam krom kompleks bervalensi 3 yang memiliki warna dasar hijau tua. 

Penyamakan Mineral

Sumber : http://www.fengbaichem.com/

Garam krom tersebut dibuat dengan jalan mereaksikan beberapa bahan tertentu seperti natrium bikromat (Na2Cr2O7) atau kalium bikromat (K2Cr2O7) yang direduksi dengan gula pasir dan asam sulfat. 

Penyamakan Mineral

Sumber : https://lilbookbinder.wordpress.com/

Dalam proses penyamakan krom pada prinsipnya terdapat empat tahapan reaksi yang terjadi secara bersamaan.

  • Reaksi antara gugus OH dan krom.
  • Reaksi antara kation dari komponen krom dan sulfat.
  • Reaktivitas dari bahan masking misalnya formiat.
  • Reaktivitas dari protein kulit.

Penyamakan Mineral

Sumber : http://www.kaehler1920.com/

Bahan penyamak krom sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk, mulai dari bentuk tepung (powder), zat padat atau cairan (reduced chrome). Namun bahan yang paling mudah dijumpai dan paling banyak dijual dipasaran yaitu berupa penyamak krom yang berbentuk tepung. 

Penyamakan Mineral

Sumber : http://www.ori-chem.com/

Aluminium

Selain bahan penyamak krom jenis mineral lain yang dapat digunakan dalam proses penyamakan kulit yaitu berupa aluminium. Penggunan mineral aluminium seperti bahan tawas putih (K2SO4 Al2(SO4)3 24 H2O) dalam penyamakan kulit dimaksudkan untuk menghasilkan bahan kulit jadi yang berwarna putih.

Penyamakan Mineral

Sumber : http://korannet.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.