Article

Homepage Article Jahit Menjahit 2 Faktor Utama Yang Mempengaruhi…

2 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Kekuatan Benang

Untuk menghasilkan sebuah bahan kain yang berkualitas minimal dibutuhkan sebuah benang yang kuat. Selain difungsikan untuk menghasilkan bahan kain yang kuat benang tersebut juga diperlukan untuk untuk menjamin kelancaran proses produksi dan pembuatan bahan kain. Dua hal utama yang menjadi faktor penentu kekuatan benang yaitu berupa sifat-sifat bahan baku dan konstruksi benang.

Benang

Sumber : http://picoleta.tumblr.com/

Sifat-sifat bahan baku sangat sangat erat kaitannya dengan panjang serat, kerataan panjang serat, kekuatan serat, dan kehalusan benang. 

Benang

Sumber : http://www.chamore.es/

Panjang Serat

Semakin panjang serat yang dipergunakan untuk bahan baku pembuatan benang, semakin kuat benang yang dihasilkan.

Kerataan Panjang Serat

Semakin rata serat yang dipergunakan artinya semakin kecil selisih panjang antara masing-masing serat. Dengan begitu benang yang dihasilkan akan semakin kuat dan rata.

Kekuatan Serat

Semakin kuat serat yang dipergunakan maka semakin kuat pula benang yang dihasilkan.

Kehalusan Benang

Semakin halus serat yang dipergunakan, maka akan semakin kuat pula benang yang dihasilkan. Sebenarnya kehalusan serat itu sendiri ada batasnya, sebab serat yang terlalu halus akan mudah terbentuk neps yang mempengaruhi kerataan benang.

Benang

Sumber : https://pixabay.com/

Lain halnya dengan sifat-sifat bahan baku, konstruksi benang sangat dipengaruhi oleh jumlah antihan dan nomor benang.

Jumlah Antihan

Jumlah antihan pada benang menentukan kekuatan benang, baik untuk benang tunggal maupun benang gintir. Jika terdapat kelebihan atau kekurangan jumlah antihan pada benang dari jumlah antihan yang telah ditentukan maka kekuatan benang akan menurun.

Benang

Sumber : http://creativiu.com/

Nomor Benang

Jika benang-benang dibuat dari serat-serat yang mempunyai panjang, kekuatan dan sifat-sifat serat yang sama, maka benang yang mempunyai nomor lebih rendah, benangnya lebih kasar dan akan mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada benang yang mempunyai nomor lebih besar.

Benang

Sumber : http://www.coatsindustrial.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.