Article

Homepage Article Jahit Menjahit 13 Variasi Lengan Baju Lengkap…

13 Variasi Lengan Baju Lengkap Dengan Pola dan Teknik Menjahitnya

Suka memakai baju berlengan panjang atau baju berlengan pendek?. Untuk memudahkan anda dalam memilih lengan pakaian yang tepat sebaiknya anda juga harus tahu kalau dalam dunia fashion desain sendiri sebenarnya dikenal banyak sekali variasi lengan baju yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Mau tahu seperti apa bentuk variasi lengan yang dimaksud dan bagaimana cara membuatnya?. Supaya sahabat Fitinline tidak makin penasaran anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Pengertian Lengan Baju

Lengan baju dapat didefinisikan sebagai komponen pakaian yang menutupi semua atau sebagian lengan. Sebagai salah satu bagian terpenting dari pakaian, lengan dapat difungsikan untuk melindungi tangan, menutupi bagian ketiak hingga pangkal lengan, memperindah tampilan pakaian serta memanipulasi bentuk tubuh.

Secara umum ada 3 bentuk dasar lengan yang dapat diaplikasikan pada pakaian. Jenis lengan yang dimaksud diantaranya berupa lengan licin, lengan raglan dan lengan setali. 

  1. Lengan licin yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  2. Lengan raglan yaitu lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.
  3. Lengan setali yang didesain menyatu dengan badan.

Variasi Lengan Baju

Dari tiga bentuk dasar dasar lengan yang ada yakni lengan licin, lengan raglan dan lengan setali selanjutnya lengan tersebut mulai dikembangkan menjadi bermacam-macam model lengan yang lebih bervariasi.

1. Lengan Puff

Lengan puff merupakan bentuk variasi lengan baju yang memiliki kerut pada bagian bahu atau bagian bawahnya. Variasi lengan baju jenis ini biasanya banyak digunakan pada desain baju wanita maupun baju untuk anak-anak.

Lengan Baju

Sumber : https://velvet-tees.com/

2. Lengan Suai

Lengan suai atau lengan licin merupakan bentuk variasi lengan baju klasik. Bentuk lengan terbilang paling sederhana jika dibandingkan dengan model lengan lainnya. Lengan baju jenis ini sering digunakan untuk seragam, busana kantoran, dan pakaian santai. \\\

Lengan Baju

Sumber : http://www.lightinthebox.com/

3. Lengan Lonceng

Lengan lonceng merupakan variasi lengan baju yang diperoleh dari pengembangan dari lengan licin dengan bentuk bagian bawah yang mengembang atau membesar. Jenis lengan ini banyak dijumpai pada busana muslim, busana santai dan kebaya.

Lengan Baju

Sumber : https://www.2020ave.com/

4. Lengan Raglan

Lengan raglan merupakan variasi lengan baju yang mempunyai ciri khas berupa garis lengan yang memanjang dari garis leher ke lubang lengan terdalam di bagian dekat ketiak. Model lengan raglan biasa digunakan pada busana pakaian casual berupa kaos atau seragam olahraga.

Lengan Baju

Sumber : https://www.sweetmommyusa.com/

5. Lengan Kimono

Lengan kimono merupakan bentuk lengan yang membesar dibagian ujungnya dan digunting setali dengan bagian badan. Saat ini variasi lengan naju model kimono banyak diaplikasikan pada desain baju wanita.

Lengan Baju

Sumber : https://www.sousouus.com/

6. Lengan Cape

Lengan cape merupakan bentuk variasi lengan baju yang diperoleh dari setengah lingkaran. Lengan ini biasanya dipasang pada desain baju wanita tanpa kerut di bagian kerung lengannya.

Lengan Baju

Sumber : https://www.zalora.com.ph/

7. Lengan Peasant

Lengan peasant merupakan jenis lengan yang memiliki panjang tiga perempat dan dipenuhi dengan kerut pada bagian bahu dan lengan bawah, bentuknya menyerupai lengan puff.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

8. Lengan Sayap

Disebut dengan nama lengan sayap, variasi lengan baju yang satu ini secara keseluruhan memiliki potongan bahan yang menyerupai bentuk sayap, puncak lengan bisa dikerut atau licin.

Lengan Baju

Sumber : https://bajudresskorea.com/

9. Lengan Kaki Domba

Lengan kaki domba termasuk ke dalam jenis variasi lengan baju yang memiliki kerutan dan menggelembung pada bagian puncak dan bagian bawah pas di pergelangan atau sebaliknya menyempit di atas dan menggembung di bawah.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

10. Lengan Tulip

Lengan tulip merupakan variasi lengan baju yang memiliki ukuran pendek dengan puncak lengan berupa kerut atau licin dan berbentuk menyerupai kelopak daun bunga tulip.

Lengan Baju

Sumber  :  https://www.pilih.co/

11. Lengan Bishop

Lengan bishop memiliki bentuk licin pada bahu sementara menggelembung dibagian bawah. Panjang lengan bishop bisa tigaperempat, tujuh perdelapan, atau panjang sampai pergelangan.

Lengan Baju

Sumber : https://www.intermixonline.com/

12. Lengan Balon

Lengan balon merupakan lengan baju yang dipenuhi dengan gembung pada bagian pertengahan  panjang lengan sehingga  tampilannya tampak menyerupai balon. Bagian bawah lengan bisa diselesaikan dengan manset, bisban atau elastis.

Lengan Baju

Sumber : https://global.rakuten.com/

13. Lengan Dolman

Lengan dolman dapat dikategorikan ke dalam janie variasi lengan baju yang mempunyai ukuran longgar dengan bentuk kerung lengan agak dalam mulai dari bahu sampai tujuh setengah cm di atas garis pinggang.

Lengan Baju

Sumber : https://us.shein.com/

Selain dibedakan berdasarkan modelnya, lengan baju yang biasa diaplikasikan pada sebuah pakaian sebenarnya juga dapat dibagi lagi berdasarkan ukuran panjangnya. Berikut nama-nama dari lengan yang dimaksud beserta penjelasan singkatnya.

1. Sleeveless

Sleeveless berarti tidak memiliki bagian lengan. Jadi untuk jenis-jenis pakaian sleveless, mulai dari bagian bahu sampai pergelangan tangannya dibiarkan terbuka tanpa ada tambahan kain penutup sama sekali.

2. Cap Sleeve

Cap sleeve merupakan lengan pakaian yang ukuran panjangnya berada di antara sleeveless dan short sleeve. Potongan lengannya sendiri dibuat pendek tidak mencapai lubang lengan bagian bawah dan hanya menempel pada bagian bahu.

3. Short Sleeve

Short sleeve biasa dipakai untuk menyebutkan bagian lengan pakaian yang berukuran pendek. Lengan pakaian jenis ini tentunya lebih panjang dibandingkan cap sleeve, karena bagian ujungnya dibuat sampai pertengahan pangkal tangan.

4. Elbow Sleeve

Elbow sleeve merupakan variasi lengan baju yang panjangnya hanya sampai siku.

5. 3/4 Length Sleeve

Lengan baju tiga perempat atau three quarter length merupakan jenis lengan pakaian yang memiliki ukuran panjang hingga tiga perempat panjang tangan.

6. 7/8 Length Sleeve

Lengan pakaian tujuh perdelapan merupakan jenis lengan pakaian yang memiliki ukuran panjang hingga tujuh perdelapan panjang tangan.

7. Long Sleeve

Sesuai dengan namanya jenis lengan yang satu ini termasuk ke dalam jenis lengan pakaian yang memiliki ukuran cukup panjang, menutup keseluruhan bagian lengan mulai dari bahu sampai pergelangan tangan.

Macam-Macam Pola Lengan

Setelah mengetahui berbagai variasi lengan baju yang ada sekarang saatnya untuk mempelajari cara membuat polanya. Prinsip utama yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat macam-macam pola lengan baju secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.

1. Pola Lengan Panjang

Untuk membuat pola lengan panjang yang bagus dan berkualitas sahabat Fitinline bisa mulai membuat pola dasar lengan terlebi dulu. Bagian pergelangan dinaikkan sesuai dengan besarnya manset sedangkan sisi lengan bagian bawah dimasukkan 3 cm. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar pola di bawah ini.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

2. Pola Lengan Semi Jas

Dibuat dari pola dasar lengan, bagian belakang pada garis sikut dibuat kup sehingga bentuk garis lengan belakang tidak lurus.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

3. Pola Lengan Pendek

Pola lengan pendek dapat dibuat dari pola dasar ukuran lengan pendek, dimana pada bagian puncak lengan ini dibiarkan licin tanpa kerut.

Pola Lengan Pendek Cara Pertama

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

Pola Lengan Pendek Cara Kedua

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

4. Pola Lengan Lonceng

Cara pembuatan pola lengan lonceng sebenarnya terbilang cukup mudah. Sahabat Fitinline bisa menjiplak pola dasar lengan busana yang sudah jadi kemudian membagi bagian bawahnya kedalam enam bagian sama besar.

Selanjutnya gunting pola secara vertikal dari bagian bawah lengan menuju bagian atas sesuai garis penanda yang telah dibuat. Usahakan agar pola yang anda buat jangan sampai terputus.

Lengan Baju

Sumber : http://www.ikatbag.com

Pindahkan pola lengan yang baru saja anda buat keatas kertas pola lain yang telah dipersiapkan. Buat garis lurus vertikal kemudian tempatkan bagian tengah lengan (ujung bagian atas) tepat pada garis tersebut. Tarik potongan lengan kesamping kiri dan kanan sepanjang 2 cm. Untuk potongan berikutnya beri jarak 4 cm.

Setelah semua potongan bagian lengan tertempel dengan sempurna, selanjutnya buat garis lengkung dibagian bawah lengan. Dengan demikian pola lengan lonceng siap digunakan dan diaplikasikan pada busana.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

5. Pola Lengan Berkepala

Lengan berkepala dapat dibuat dari pola dasar lengan. Puncak lengan berkerut atau ploi, bagian bawah tetap pas, garis puncak lengan digunting juga garis pangkal lengan, lalu puncak dinaikkan mulai dari pangkal lengan untuk memperoleh kerut.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

6. Pola Lengan Puff

Lengan puff dapat dibuat dari pengembangan pola dasar lengan yang dibagi menjadi enam bagian dan ditandai dengan garis-garis bantu. Setiap bagian digaris lalu digunting dan dikembangkan seluruh bagian baik puncak maupun bawah lengan.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

Untuk membuat pola lengan puff pertama-tama buat pola lengan standar pada satu lembar kertas beserta sejumlah garis vertikal untuk membaginya menjadi beberapa bagian. Potong kertas tersebut sesuai tanda garis pola yang sudah dibuat menggunakan gunting kertas.

  • Untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian bawahnya potong garis pembaginya dari bawah lengan ke arah atas.
  • Sementara untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian atasnya pemotongan garis pembagi dimulai dari arah yang berlawanan yaitu dari arah atas kengan ke bawah.

Lengan Baju

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Dalam memotong garis pembagi usahakan pemotongan dihentikan sebelum mencapai puncak sehingga pola lengan tersebut tidak terputus. Rentangkan potongan pola berdasarkan lebar yang diinginkan sehingga diperoleh bentuk seperti gambar berikut.

Lengan Baju

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Tempatkan potongan pola pada selembar kertas baru kemudian jiplak menggunakan pensil atau spidol. Jika dibutuhkan bubuhkan lem atau perekat untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser. 

Lengan Baju

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Singkirkan potongan atau kerangka pola tersebut kemudian rapikan bentuk garis lengkung atau garis-garis lain yang membentuk sudut pada sisi kiri dan kanan pola baru sehingga saat kedua sisi tersebut disatukan atau dijahit akan diperoleh bentuk yang rapi.

Lengan Baju

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Selesai membuat bagian utama lengan, selanjutnya buat pola manset dengan panjang sesuai ukuran tangan atau lengan dimana batas lengan tersebut berakhir.

Lengan Baju

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

7. Pola Lengan Panjang Model Lonceng

Lengan panjang model lonceng bisa dibuat dari pola dasar lengan dimana pada bagian siku dan bawah lengan dimasukkan 2 cm, garis tengah lengan dipotong sampai garis sikut. Selanjutnya garis siku digunting lalu dikembangkan untuk memperoleh efek lebar bagian bawah lengan.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

8. Pola Lengan Bishop

Untuk membuat lengan bishop siapkan dulu pola dasar lengan. Selanjutnya pola dibagi menjadi enam lalu setiap bagian digaris, setiap garis digunting lalu bagian bawah dikembangkan dan bagian puncak tidak dan tetap licin.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

9. Pola Lengan Sayap

Lengan sayap dapat dibuat dari pengembangan pola dasar puncak lengan. Untuk lengan sayap berkerut pola dikembangkan dan untuk lengan sayap tidak berkerut pola tetap, tidak menggunakan panjang lengan karena ujung lengan masuk ke lubang lengan.

Lengan Baju

Sumber : https://www.scribd.com/

10. Pola Lengan Raglan

Berdasarkan metode pembuatannya variasi lengan baju jenis ini sebenarnya bisa dibuat dengan sistem Eropa dan sistem Jepang. Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang cara membuat pola lengan raglan anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 2 Teknik Pembuatan Pola Lengan Raglan.

11. Pola Lengan Tulip

Untuk membuat pola lengan tulip anda bisa memodifikasi pola dasar lengan berukuran standar. Dari pola lengan baju yang sudah jadi, sahabat Fitinline hanya tinggal membuat dua buah garis lengkung seperti gambar berikut.

Lengan Baju

Sumber : http://mysparkle.blogspot.co.id/

Pindahkan ¾ pola lengan bagian belakang pada kertas pola yang baru dengan cara menjiplaknya mengikuti garis penanda yang telah dibuat sebelumnya.

Lengan Baju

Sumber : http://mysparkle.blogspot.co.id/

Lengan Baju

Sumber : http://mysparkle.blogspot.co.id/

Lakukan cara yang sama untuk memindahkan ¾ pola lengan bagian depan pada kertas pola yang baru.

Lengan Baju

Sumber : http://mysparkle.blogspot.co.id/

Dengan begitu anda akan mendapatkan dua bentuk pola lengan yang berbeda. Satu untuk pola lengan bagian depan satunya lagi untuk pola lengan bagian belakang.

Lengan Baju

Sumber : http://mysparkle.blogspot.co.id/

Untuk menguji kesesuaian pola lengan tulip sahabat Fitinline bisa mengecaknya dengan cara menumpuk kedua pola lengan tersebut. Hasilnya akan Jika diperoleh bentuk lengan yang cantik menyerupai bunga tulip atau kuncup mawar.

Lengan Baju

Sumber : http://mysparkle.blogspot.co.id/

Teknik Memasang Lengan Baju

Untuk menciptakan tampilan yang bagus, teknik pemasangan setiap jenis lengan umumnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara satu dengan yang lain tergantung seperti apa model dan bentuk lengan itu sendiri. 

1. Lengan Licin

Lengan licin merupakan lengan yang bentuk lingkar kerung lengannya licin, yang ada hanya kerutan semu pada lengan yang tujuannya agar pemasangan lengan tidak kaku dan lebih rapi terutama pada puncak lengan. Untuk menjahit lengan licin anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan badan yang sudah dijahit garis bahu dan garis sisi.  
  • Jahit puncak kerung lengan dengan setikan jarang dua lajur, garis pola terletak diantara setikan, dengan jarak antara setikan 0,5 cm.
  • Jahit sisi lengan.
  • Ukur lingkar kerung lengan badan dan samakan dengan ukuran lingkar  kerung lengan pada lengan.
  • Pasangkan lengan, dengan posisi bagian baik badan menghadap bagian baik lengan dengan bantuan jarum pentul atau jelujuran dan posisikan garis bahu tepat pada titik puncak lengan.
  • Jahit sekeliling lingkar kerung lengan pada garis kampuh.

Lengan Baju

Sumber : https://bsd.pendidikan.id/

2. Lengan Puff 

Lengan puff merupakan jenis lengan baju yang mempunyai kerutan pada puncak lengan.  Untuk menjahit lengan puuf anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan badan yang sudah dijahit garis bahu dan garis sisi.  
  • Jahit puncak kerung lengan dengan setikan jarang dua lajur, garis pola terletak diantara setikan, dengan jarak antara setikan 0,5 cm. Lalu dikerut sesuai kebutuhan/desain.
  • Jahit sisi lengan.
  • Ukur lingkar kerung lengan badan dan samakan dengan ukuran lingkar  kerung lengan pada lengan.
  • Pasangkan lengan, dengan posisi bagian baik badan menghadap bagian baik lengan dengan bantuan jarum pentul atau jelujuran dan posisikan garis bahu tepat pada titik puncak lengan.
  • Jahit sekeliling lingkar kerung lengan pada garis kampuh.

Lengan Baju

Sumber : https://bsd.pendidikan.id/

3. Lengan Raglan

Lengan raglan merupakan jenis lengan baju lengan yang tidak mempunyai lingkar kerung lengan tetapi mempunyai garis serong dari leher sampai ketiak (sisi badan) baik bentuk bagian muka maupun bagian belakang. Untuk menjahit lengan raglan anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Satukan badan muka dengan lengan muka.
  • Satukan badan belakang dengan lengan belakang.
  • Satukan sisi dari ujung lengan sampai batas bawah busana kiri dan kanan.

Lengan Baju

Sumber : https://bsd.pendidikan.id/

4. Lengan Setali

Lengan setali merupakan lengan yang tidak mempunyai lingkar kerung lengan. Lengan setali dibuat menyatu dengan badan, ada yang mempunyai garis bahu dari leher sampai panjang lengan atau tidak mempunyai garis b ahu (garis bahu dibuat pada lipatan kain) Untuk menjahit lengan setali anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Satukan garis lengan bagian muka dengan bagian belakang baik sebelah kiri ataupun sebelah kanan kanan (untuk yang ada jahitan di bahu).
  • Jahit sisi lengan terus ke sisi badan dengan demikian lengan sudah dibentuk.

Lengan Baju

Sumber : https://bsd.pendidikan.id/

Demikian pembahasan singkat mengenai bentuk variasi lengan baju, macam-macam pola lengan baju dan teknik dasar menjahit lengannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau harus memilih satu diantara sekian banyak model lengan yang ada, kira-kira sahabat Fitinline lebih suka yang mana? Share ya...

Khusus untuk anda yang tertarik mempelajari bagaimana cara mudah membuat baju dengan pola siap pakai yang sudah jadi anda bisa mendownload pola baju dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.