Article

Homepage Article Desain Fesyen Tips Memilih, Memakai dan…

Tips Memilih, Memakai dan Memodifikasi Jaket Denim Yang Wajib Anda Coba

Jaket denim dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis jaket yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Selain difungsikan untuk menghangatkan tubuh ketika dingin, jaket denim ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap gaya penampilan yang keren asal pemilihannya juga sudah tepat.

Pengertian Jaket Denim

Jaket denim merupakan sejenis jaket yang dibuat dari bahan kain denim berkualitas tinggi. Jauh sebelum digunakan secara luas seperti sekarang ini konon jaket denim lebih dulu dijual dan dipakai untuk melengkapi barisan koleksi celana jeans dan pakaian kerja lapangan terutama bagi para pekerja tambang.

Jaket Denim

Sumber : https://www.everlane.com/

Dalam perjalanannya melalui beberapa dekade, model jaket denim pun sebenarnya juga mengalami banyak perubahan meski tidak terlalu banyak. Untuk mengetahui model awal jaket denim anda bisa menengok kembali model jaket denim Levi’s. Jaket yang dimaksud yakni jaket denim type I, II dan III.

Jaket Denim Type I

Jaket Denim

Sumber : https://www.okayamadenim.com/

Jaket Denim Type II

Jaket Denim

Sumber : https://global.rakuten.com/

Jaket Denim Type III

Jaket Denim

Sumber : https://www.ironheart.co.uk/

Dari beberapa tipe yang ada, jaket denim tipe terakhir yang juga dapat disebut sebagai trucker jacket menjadi model jaket denim yang paling sering dibuat oleh produsen jaket. Jaket trucker inilah yang kemudian menjadi template dasar dari kebanyakan jaket denim yang dijual dipasaran hingga saat ini.

Jaket Denim

Sumber : https://oldnavy.gap.com/

Keistimewaan Jaket Denim

Sebagai salah satu jenis jaket yang tahan terhadap perubahan cuaca, jaket denim memang terkenal sangat tangguh pada segala kondisi. Selain itu jaket berbagah kain denim ini sebenarnya juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki jenis jaket lainnya lho. 

Jaket Denim

Sumber : https://www.qoo10.co.id/

1. Bersifat Menghangatkan

Jaket berbahan kain denim memiliki tingkat ketebalan yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai alat pelindung tubuh dari angin, dingin, bahkan hujan sekalipun.

  • Bagi anda yang suka bepergian dengan sepeda motor jaket denim biasa digunakan untuk melindungi tubuh saat berkendara.
  • Karakteristik bahan jaket denim yang tebal dan hangat juga sangat cocok digunakan sebagai outfit harian ketika santai atau hangout.

2. Tampilkan Kesan Trendy

Jaket yang dibuat dari bahan kain denim juga bisa memberikan sentuhan gaya yang lebih menawan bagi pemakainya. Dikalangan anak muda bahkan jaket denim ini kerap dijadikan sebagai fashion statement untuk memberikan kesan kasual dan trendi.

3. Mudah Dipadupadankan

Jaket denim sangat mudah dipadupadankan dengan item fashion apapun, mulai dari kaus hingga kemeja. Disamping itu jaket berbahan kain denim juga dapat dijadikan outfit penunjang untuk berbagai acara, baik yang sifatnya formal maupun kasual.

4. Bahannya Awet dan Klasik

Sejak tahun 1905 jaket berbahan kain denim banyak dipilih oleh para pekerja karena bahannya yang bandel, tahan dari hawa dingin, hujan dan cuaca apapun. Selain unggul dari segi durability jaket denim juga menunjukkan gaya klasik yang keren.

5. Bagian Dari Subkultur Grunge

Tahun 1990 jaket denim menjadi bagian dari sub cultur grunge yang  membuka korelasi antara dunia musik dan fashion. Penggunaan jaket denim yang dipadukan dengan kemeja kotak-kotak flanel dipelopori oleh Kurt Cobain.

Tips Memilih Jaket Denim

Tertarik untuk menjadikan jaket denim sebagai fashion statement anda?. Sebelum memutuskan untuk membeli jaket denim simak dulu yuk beberapa hal penting yang wajib anda perhatikan dalam memilih jaket denim. 

Jaket Denim

Sumber : https://www.amazon.co.jp/

1. Desain dan Potongan Jaket

Rumus utama yang dapat anda jadikan acuan dalam memilih jaket denim yaitu pilih jaket yang cocok dengan tubuh dan penampilan anda.

  • Pertimbangkan konstruksi jaket.
  • Bayangkan pakaian apa yang hendak dipadukan dengan jaket itu dan penampilan macam apa yang hendak anda hadirkan.

2. Ukuran Jaket Denim

Jaket denim yang dijual di pasaran biasanya dibuat dengan standar ukuran tertentu yang sudah ditetapkan oleh produsen, karena itullah penting bagi anad untuk memperhatikan kesesuaian ukurannya dengan badan anda.

  • Ukuran jaket denim yang pas baiknya tidak kebesaran atau kekecilan.
  • Panjang jaket idealnya jatuhnya masih di sekitar pinggang.
  • Sementara untuk panjang lengannya jangan sampai melebihi telapak tangan karena akan nampak kebesaran.

3. Warna Jaket

Berlanjut ke unsur berikutnya yakni unsur warna. Untuk warna jaket anda bisa menyesuaikannya dengan warna rambut atau kalau mau aman pilih saja jaket yang berwarna netral agar lebih mudah dipadupadankan dengan keseluruhan outfit.

  • Warna biru tua (indigo) sebaiknya menjadi pilihan jaket denim yang pertama. Model jaket semacam ini akan membuat tampilan anda jadi terlihat klasik.
  • Untuk jaket yang kedua pilih yang warnanya kontras dengan jaket yang sudah anda miliki, misal jaket denim dengan efek washed.
  • Kalau mau mendapatkan tampilan yang variatif anda juga bisa memilih jaket denim yang diproduksi dengan warna biru muda, navy dan navy tua.

4. Tekstur Jaket

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan dalam memilih jaket denim yaitu perhatikan tekstur bahan dan tingkat ketebalan kainnya.

  • Jaket denim dengan bahan ringan bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk penggunaan sehari-hari.
  • Bahan yang ringan juga akan memudahkan anda dalam melakukan proses pencucian.
  • Untuk keperluan berkendara anda bisa memilih jaket denim yang terbuat dari bahan kain yang sedikit lebih tebal.

Butuh bahan kain denim berkualitas untuk membuat jaket?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi kain kami Di Sini.

5. Satu Jaket Untuk Banyak Gaya

Selain memilih jaket yang sesuai dengan kebutuhan baik dari segi ukuran, warna dan desain anda juga harus mempertimbangkan hal yang satu ini. Semakin bisa dipadupadankan dengan banyak gaya semakin mudah anda untuk mendapatkan tampilan yang keren.

6. Kerah Jaket

Untuk memberikan kesan yang lebih fashionable, anda bisa memilih beberapa tipe kerah jaket denim. Setiap tipe kerah biasanya akan memberi karakter unik kepada jaket, jadi pertimbangkan dengan baik sebelum anda memutuskan untuk membeli jaket denim.

a. Tanpa Kerah

Jaket denim tanpa kerah merupakan jenis jaket yang sifatnya timeless. Model jaket semacam ini juga bisa anda kenakan sebagai pelapis dalam ketika mengenakan coat panjang terutama ketika musim dingin.

Jaket Denim

Sumber : https://global.rakuten.com/

b. Kerah Flanel

Jaket denim dengan kerah flanel akan memberi kesan country atau pedesaan. Jadi model jaket yang satu ini sangat cocok dipakai oleh anda yang ingin mencari penampilan tradisonal.

Jaket Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

c. Kerah Bulu

Jaket denim dengan kerah bulu dapat dijadikan sebagai jaket penghangat tubuh bagi anda yang kerap bekerja di luar ruangan dengan cuaca tak bersahabat, namun jangan sekali-sekali menggunakannya di area tropis.

Jaket Denim

Sumber : https://www.abercrombie.com/

7. Sesuaikan Budget Harga

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga jaket yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan anda. Jangan hanya kerena ingin tampil gaya terus anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat jaket denim sendiri untuk keperluan pribadi, anda bisa mendownload pola jaket denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual dari kami Di Sini. Berikut standar ukuran untuk jaket denim di Fitinline.

Jaket Denim

Aturan Memakai Jaket Denim

Sudah menemukan jaket yang pas tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Untuk menghindari kesan salah kostum sebaiknya simak dulu yuk beberapa aturan dasar yang dapat digunakan sebagai acuan dalam memakai jaket.

  1. Bila anda ingin memakai jaket denim mula-mula bayangkan model pakaian seperti apa yang hendak anda padukan dengan jaket tersebut.
  2. Bayangkan pula penampilan macam apa yang hendak anda hadirkan ketika mengenakan jaket yang anda miliki.
  3. Untuk menghindari kesan yang terkesan menumpuk sebaiknya kenakan jaket denim dengan inner atau baju dalam yang berwarna polos dan tidak terlalu tebal.
  4. Jangan pernah menggunakan dua item fashion yang sama-sama berbahan denim. Bila anda sudah memakai jaket denim itu artinya jangan mengenakan celana jeans.
  5. Bila anda harus mengombinasikan jaket denim dan fashion item lain yang berbahan sama sebaiknya padukan dengan intensitas warna yang berbeda. Contoh yang sempurna yakni celana jeans super gelap dengan jaket denim yang bernuansa cerah.
  6. Untuk pria jangan pernah menggunakan jaket denim dengan celana pendek, tidak ada perkecualian.
  7. Jangan gunakan jaket denim terlalu sering, kecuali jika anda memang ingin dikenal sebagai manusia berjaket denim.
  8. Hindari jaket jeans dengan kerah kulit atau berbulu dengan lapisan di dalamnya kecuali anda tinggal di daerah yang sangat dingin.
  9. Untuk anda yang ingin tampil formal dengan jaket denim padukan dengan dalaman kemeja yang bagus serta celana yang senada. Gaya seperti juga cocok untuk menghadiri acara malam dengan banyak pencahayaan.
  10. Demi menjaga warna denim agar tidak mudah pudar sebaiknya perlakukan jaket terseebut dengan cara yang baikm dan benar. Jangan mencuci jaket denim terlalu sering dan hindari pengerutan dengan membilasnya menggunakan air hangat.

Memodifikasi Jaket Denim

Selain menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas anda juga bisa tampil lebih modis dan stylish dalam balutan jaket denim keluaran lama yang sudah dimodifikasi agar jadi makin keren lho. Berikut kami bagikan beberapa ide mengubah jaket denim yang mungkin bermanfaat untuk anda.

1. Ganti Lengan Jaket Denim

Khusus untuk anda yang memiliki banyak koleksi sweater yang sudah tidak terpakai anda bisa mengambil bagian lengannya kemudian menyambungkannya dengan bagian kerung lengan jaket denim.

  • Bongkar jahitan lengan jaket dan lengan sweater dengan menggunakan pendedel.  
  • Pasangkan lengan bagian kanan sweater pada bagian kerung lengan kanan jaket.
  • Dengan cara yang sama pasangkan lengan bagian kiri sweater pada bagian kerung lengan kiri jaket.
  • Jika diperlukan sematkan bebrapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.
  • Jahit bagian lengan sweater dan bagian utama jaket kemudian rapikan dengan cara mengobras tepian kampuhnya melalui bagian buruk jaket.
  • Jaket kreasi anda siap untuk digunakan. 

Jaket Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Hias Jaket Dengan Kain Bermotif

Bosan dengan tampilan jaket denim yang terkesan polos?. Anda bisa menggunakan kain bermotif sebagai aksen di jaket denim anda. Sebagai bahan percobaan anda bisa menjahit kain bermotif di bagian kantong atau bagian belakang jaket.

  • Siapkan jaket yang ingin anda hias beserta kain bermotif yang akan anda pakai untuk menghias jaket.
  • Tandai bagian utama jaket yang ingin anda hias.
  • Potong bahan kain bermotif sesuai pola hias yang ingin anda buat pada jaket.
  • Tempelkan kain bermotif pada jaket kemudian sematkan jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.
  • Jahit bahan kain bermotif dan bagian utama jaket secara bersamaan kemudian rapikan.

Jaket Denim

Sumber : https://www.lyst.com/

3. Buat Sulaman Pada Jaket Denim

Menghias jaket denim dengan sulaman juga menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memperbaharui tampilan jaket. Dengan cara yang sangat sederhana anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho.

  • Pertama siapkan jaket yang hendak anda hias beserta tulisan atau gambar yang ingin anda pakai untuk menghias jaket.
  • Tempel gambar atau tulisan pada bagian jaket yang akan dihias misal di bagian belakang jaket.
  • Jiplak bentuk hiasan pada jaket dengan menggunakan kapur jahit atau alat tulis lainnya.
  • Buat sulaman mengikuti bentuk pola yang ada dan hasilnya anda akan mendapatkan jaket dengan sulaman yang indah.
  • Cara ini mungkin memang agak sulit tapi kalau sudah jadi pasti anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat selesai membuat dan mengenakan jaketnya. 

Jaket Denim

Sumber : http://stickfiguregirl.com/

4. Gunakan Detail Patch

Bagi anda yang suka mengoleksi detail patch atau emblem, anda bisa menggunakan patch atau emblem tersebut untuk mempermak jaket denim agar jadi terlihat menarik. Berikut langkah-langkah membuatnya yang bisa anda coba.

  • Siapkan jaket, detail patch dan peralatan jahit. Patch yang anda pakai ini bisa dipilih sesuai selera, mulai dari tulisan sampai tokoh kartun favorit.  
  • Tempelkan beberapa detail patch pada bagian badan jaket sesuai dengan kebutuhan kemudian tinggal jahit patch di bagian jaket yang anda inginkan.
  • Makin banyak patch yang anda aplikasikan pada jaket, maka semakin ramai pula tampilan jaket yang dihasilkan.

Jaket Denim

Sumber : https://gcds.it/

5. Jaket Denim Bleaching

Selain menerapkan beberapa cara yang telah disebutkan di atas bleaching juga bisa dijadikan sebagai salah satu metode untuk membuat tampilan jaket denim makin kekinian lho.

  • Untuk membuat kreasi jaket denim bleaching anda hanya perlu mempersiapkan jaket denim, pemutih pakaian dan juga kuas.
  • Pertama-tama bentangkan jaket denim di atas meja yang datar.
  • Percikan pemutih pakaian pada permukaan jaket kemudian tunggu selama beberapa saat hingga warna alami jaket tampak memudar.

Hanya dengan menggunakan pemutih pakaian dijamin warna jaket anda akan terlihat luntur dan tampak tak biasa. 

Jaket Denim

Sumber : https://www2.hm.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan apa saja hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih jaket denim sesuai dengan kebutuhan. Meski memang lebih banyak digunakan oleh anak muda, tetapi jaket ini juga cukup nyaman untuk orang dewasa lho.

Tanpa harus membeli jaket denim baru pun anda juga bisa mendapatkan model jaket yang kekinian hanya dengan memberikan sedikit sentuhan di beberapa bagiannya. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline. Simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.