Article

Homepage Article Fashion Design 11 Tips Packing Paket Baju…

11 Tips Packing Paket Baju Agar Aman Sampai ke Konsumen

Jangan sembarangan membungkus paket baju untuk jualan. Bahkan sekalipun baju dikenal memiliki sifat tidak cepat rusak saat pengiriman, tetap saja akan lebih baik jika paket baju-baju tersebut dikemas dengan cara yang baik dan benar agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Packing Yang Bagus

Mengemas baju dengan cara yang rapi menjadi suatu hal penting yang harus diperhatikan saat berjualan. Selain memastikan bahwa barang tiba dalam kondisi baik, kemasan baju yang rapi juga dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan akan produk yang kamu jual lho.

Packing Baju

Sumber : https://chenghuapackaging.en.made-in-china.com/

Tips Membungkus Paket Baju

Berbicara mengenai cara packing baju lantas apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam packing baju itu sendiri?. Khusus untuk kamu yang baru mulai beerjualan berikut kami bagikan beberapa tips packing baju untuk jualan yang bisa kamu coba.

1. Pilih Kemasan Yang Tepat

Pilih jenis kemasan yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Untuk membungkus paket baju, tas plastik transparan, kantong plastik dengan ziplock, tas kertas, kotak kemasan dan kemasan vakum bisa menjadi pilihan kemasan yang baik.

  • Tas plastik transparan menjadi pilihan kemasan yang baik untuk menjual baju secara online karena memungkinkan pelanggan untuk melihat produk dengan jelas.
  • Kantong plastik dengan ziplock dapat digunakan untuk mengemas pakaian dalam atau aksesori dan memberikan pelanggan kemudahan akses.
  • Tas kertas dikenal lebih ramah lingkungan dari pada tas plastik dan dapat memberikan penampilan yang lebih premium pada brand.
  • Kotak kemasan dapat memberikan perlindungan ekstra untuk baju dan bisa juga dicetak dengan desain merek untuk meningkatkan branding.
  • Kemasan vakum dapat digunakan untuk mengompresi pakaian agar lebih kecil dan hemat ruang selama pengiriman.

Packing Baju

Sumber : https://noissue.co/

Selain mudah ditemukan tas plastik transparan, kantong plastik dengan ziplock, tas kertas, kotak kemasan dan kemasan vakum juga bisa memberikan keamanan dalam paket baju yang dikirim.

2. Kemas Sesuai Jenisnya

Kemas baju yang kamu jual sesuai dengan jenisnya. 

  • Untuk pakaian yang lebih formal atau berharga pertimbangkan penggunaan tas kertas dan kotak kemasan yang lebih kuat.
  • Untuk pakaian yang lebih casual kamu bisa menggunakan kemasan yang ringan seperti plastik transparan dan kantong plastik dengan ziplock.
  • Untuk pakaian dalam kamu bisa menggunakan kemasan vakum yang dikompresi agar ukuranny jadi lebih kecil.

3. Perhatikan Ukuran Kemasan

Pastikan ukuran kemasan yang kamu pakai sesuai dengan jumlah dan jenis baju yang hendak kamu kirim. Sebisa mungkin hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil karena dapat merusak baju yang dikemas di dalamnya.

Packing Baju

Sumber : https://sourcing.hktdc.com/

4. Gunakan Kemasan Yang Menarik

Buat desain kemasan yang menarik dan dapat meningkatkan nilai jual dari produk yang kamu pasaran. Jika memungkinkan pertimbangkan untuk mencetak logo atau merek di kemasan produk yang kamu gunakan.

  • Packing yang kreatif dan menarik dapat menciptakan pengalaman yang unik bagi pelanggan.
  • Packing yang kreatif dan menarik dapat meningkatkan visibilitas merek kamu.

Packing Baju

Sumber : https://www.packm.com/

5. Kemas Baju Dengan Rapi

Untuk memberikan kesan yang lebih profesional kepada pelanggan pastikan baju yang kamu kemas tidak berkerut atau kusut baru kemudian dilipat dengan rapi dan dimasukkan ke dalam kemasan yang sudah kamu siapkan.

  • Lipat baju dengan rapi agar ukurannya bisa muat ke dalam kemasan yang kamu pilih
  • Lapisi baju dengan kertas perkamen, sejenis kertas yang tampak transparan dan memiliki tekstur yang tampak kasar.
  • Jika sudah sekarang kamu bisa mengemas baju ke dalam tas plastik transparan, tas kertas atau kotak kemasan.

Baju yang dikemas dengan baik dan dilipat dengan rapi dapat mengurangi risiko kusut saat dalam perjalanan atau penyimpanan. Selain itu packing yang rapi mencerminkan perhatian kamu terhadap detil dan kualitas produk.

Packing Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Packing Dengan Aman

Pastikan baju yang kamu jual aman di dalam kemasan dan tidak terkena air, debu atau zat-zat yang berpotensi merusak kualitas dan tampilan produk. Jika diperlukan gunakan perekat atau segel untuk menjaga kemasan tetap tertutup.

  • Packing baju dengan cara yang baik dan benar untuk menghindari isi di dalamnya menjadi rusak atau hilang karena kemasannya terbuka.
  • Penggunaan segel pada kemasan juga berfungsi untuk melindungi produk selama perjalanan atau pengiriman sehingga bisa sampai di tangan konsumen dengan aman.

7. Tambahkan Label Harga dan Info Produk

Jika kamu menjual produk dengan harga berbeda atau memiliki informasi produk tertentu, tambahkan label harga sert label produk ke dalam kemasan baju. Opsi lain tambahkan hang tag yang unik dan kreatif agar konsumen tertarik untuk melakukan kembali pembelian produk yang kamu jual.

Packing Baju

Sumber : https://shrifreevs.live/

8. Gunakan Kertas Tisu atau Plastik

Selipkan kertas tisu atau plastik antara baju yang satu dengan baju yang lain untuk menghindari tampilan yang tumpang tindih sekaligus meminimalisir gesekan yang dapat merusak kualitas produk.

9. Sertakan Ucapan Terima Kasih

Sertakan kartu ucapan kecil sebagai tanda terima kasih kepada pelanggan dengan. Meski kelihatan sepele keberadaan kartu ucapan ini justru bisa menjadi sentuhan pribadi yang berharga bagi para konsumen.

Packing Baju

Sumber : https://www.diymydesign.com/

10. Lakukan Pemeriksaan Terakhir

Sebelum mengirim barang, lakukan pemeriksaan terakhir untuk memastikan bahwa semua pakaian dan kemasan berada dalam kondisi baik lalu tulislah alamat pengiriman pada tempat yang mudah terlihat.

11. Pelajari Aturan dan Ketentuan Pengiriman

Pastikan kamu memahami aturan dan ketentuan pengiriman, seperti biaya pengiriman, metode pengiriman dan waktu pengiriman yang dijanjikan.

Selain itu pertimbangkan pula untuk mengasuransikan baju yang kamu kirim. Asuransi pengiriman ini akan memberikan perlindungan finansial terhadap kerusakan, kehilangan atau kehilangan barang-barang selama proses pengiriman.

Kesimpulan

Itu dia beberapa point penting yang harus diperhatikan ketika packing baju untuk jualan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam meningkatkan reputasi bisnis dan membuat pelanggan merasa puas.

Simak juga 6 Cara Packing Baju Agar Muat Banyak di Tas Saat Traveling.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.