Article

Homepage Article Fashion Design 11 Tips Mengatasi Munculnya…

11 Tips Mengatasi Munculnya Serat Kain Yang Menggumpal di Baju

Sering dibuat kesal lantaran baju kesayangan yang kamu miliki serat kainnya tampak menggumpal seperti bola-bola kecil?. Untuk menghilangkan gumpalan serat yang dapat merusak keindahan baju dan membuat tampilannya tetap menarik simak yuk tutorial berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Penyebab Serat Kain Menggumpal

Munculnya gumpalan serat kain yang mmbentuk bola-bola kecil bisa menjadi suatu masalah yang dialami oleh siapapun, termasuk kamu yang sudah sangat berhati-hati dalam merawat pakaian.

  • Gumpalan serat kain bisa terjadi akibat gesekan yang sering kali timbul akibat pemakaian atau pencucian.
  • Gumpalan serat kain bisa terbentuk saat serat kain mengedur, kusut, lalu membentuk bola kecil di ujung permukaan bahan.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://sewguide.com/

Mencegah Serat Kain Menggumpal

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah serat kain menggumpal?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan serat kain yang menggumpal di baju entah karena penggunaan atau pencucian.

1. Berikan Jeda Pemakaian Baju

Pertama beri jeda pemakaian baju minimal slama 24 jam untuk mencegah munculnya gumpalan serat kain karena pemakaian yang terlalu sering.

  • Menggunakan baju yang sama terlalu sering dapat menyebabkan gumpalan karena bahannya akan cepat melar.
  • Gumpalan serat ini biasanya akan muncul karena benang pendek pada tenunan yang meregang, lalu berubah kusut dan menggumpal.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://www.amazon.sa/

2. Hindari Kebiasaan Mencampur Baju

Hindari kebiasaan mencampur baju yang bahannya lembut seperti katun atau baju berbahan serat alami yang lainm dengan baju yang berbahan kasar seperti denim karena dapat menyebabkan timbulnya gumpalan serat kain.

3. Batasi Gesekan Pada Permukaan Baju

Berikutnya batasi gesekan antara baju atau bahan kain yang mudah menggumpal dengan benda lain. Beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari karena bisa menyebabkan timbulnya gesekan yang besar pada kain diantaranya:

  • Meletakkan siku di atas meja ketika bekerja atau makan.
  • Merangkak saat mengenakan celana panjang.
  • Duduk di atas kursi atau permukaan yang kasar.

Selain itu pengunaan tas punggung mungkin juga dapat membuat serat kain menggumpal karena adanya gesekan saat bagian tas punggung bersinggungan dengan punggung, bahu dan lengan bawah. Jadi untuk mencegah hal teresbut sebaiknya pakailah tas tangan yang kamu sukai.

4. Hindari Kebiasaan Menyikat Noda

Hindari kebiasan menyikat baju yang mudah berbulu sampai nodanya hilang karena dapat menyebabkan serat kain rusak. Jadi kalau kamu menemukan adanya noda pada baju kesayanganmu, lebih baik oleskan cairan pembersih di bagian yang bernoda lalu tepuk-tepuk area yang kotor dengan handuk bersih.

Dengan cara di tepuk-tepuk noda secara otomatis akan berpindah ke handuk tanpa menimbulkan gesekan yang besar antara permukaan baju dengan handuk.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://heaveninearth.com.au/

5. Jauhkan Baju Dari Velcro

Jauhkan baju dari velcro yang sangat lengket dan bisa menempel ke serat kain. Sebab jika hal tersebut dibiarkan, yang ada bagian velcro yang kasar dapat menarik serat kain dan membuatnya mudah menggumpal.

Tapi kalau pakaian yang kamu miliki kebetulan dilengkapi dengan velcro, maka pastikan kamu menutupnya dengan rapat terutama saat baju tersebut hendak dicuci.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://www.saga.co.uk/

6. Balik Baju Sebelum Dicuci

Untuk mencegah serat kain menggumpal, balik baju yang hendak kamu cuci supaya bagian baiknya berada di dalam sementara bagian buruknya berada di luar. Jadi kalaupun gumpalan serat kain masih muncul selama proses pencucian, masalah tersebut hanya akan timbul di bagian buruk baju.

7. Cuci Baju Dengan Menggunakan Tangan

Mencuci baju secara manual dengan menggunakan tangan juga menjadi salah satu alternatif cara yang aman untuk mencegah timbulnya serat kain yang menggumpal. Caranya yaitu:

  • Siapkan ember berukuran sedang lalu masukkan air dan detergen ke dalamnya.
  • Aduk supaya detergen berbusa kemudian gunakan untuk merendam maju yang ingin kamu cuci.
  • Rendam baju minimal lima menit lalu aduk-aduk secara perlahan di dalam air.
  • Jika sudah sekarang keluarkan baju dari dalam ember lalu bilas hingga bersih.
  • Setelah dirasa cukup bersih, peras baju untuk menyingkirkan kelebihan air kemudian keringkan.

8. Cuci Dengan Putaran Lembut

Jika kebetulan kamu mau menggunakan mesin cuci, sebaiknya atur mesin cuci ke putaran yang lembut.

  • Putaran mesin cuci yang lembut dapat mengurangi gesekan baju di dalamnya.
  • Putaran mesin cuci yang lembut mampu meminimalkan gesekan dan membantu mencegah serat kain menggumpal.

9. Gunakan Bantuan Alat Cukur

Gunakan bantuan alat cukur untuk menghilangkan serat kain yang menggumpal atau menarik serat yang tersimpul dari permukaan kain. Caranya yaitu:

  • Siapkan alat cukur yang memiliki mata pisau tajam.
  • Cukur serat kain yang menggumpal di permukaan baju secara perlahan kemudian angkat gumpalan serat tersebut dengan menggunakan tangan.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://loveyarnshop.com/

Tapi ingat jangan memakai alat cukur elektrik karena peralatan tersebut mungkin lebih agresif dan bisa melubangi permukaan baju kesayangan kamu.

10. Gunakan Gunting Yang Kecil

Alternatif lain kamu juga dapat menarik serat kain yang menggumpal kemudian memotongnya dengan hati-hati menggunakan gunting kecil yang tajam. Untuk melakukan ini kamu harus sangat berhati-hati biar tidak merobek baju.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://inthewash.co.uk/

11. Gunakan Sisir Khusus Kain

Gunakan sisir kain khusus untuk menyikat gumpalan serat kain yang kecil. Cara ini bagus dilakukan untuk bahan kain yang ringan dan tidak terlalu padat.

Membersihkan Serat Kain

Sumber : https://www.healthpride.com.au/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi serat kain yang menggumpal. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memudahkanmu untukmerawat baju kesayangan yang kamu miliki ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, celana, rok, jaket, kaos dan juga jas?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.