Article

Homepage Article Kain 11 Tips Memilih Tenda Yang…

11 Tips Memilih Tenda Yang Bagus Untuk Keperluan Camping

Tenda menjadi salah satu perlengkapan camping yang wajib dibawa oleh para pecinta alam ketika melakukan pendakian. Untuk mendapatkan tenda camping yang sesuai dengan kebutuhan tentu anda juga harus tahu hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli dan memilih tenda itu sendiri.

Pengertian Tenda Camping

Tenda dapat dikategorikan ke dalam jenis alat pelengkap camping yang juga menjadi rumah bagi pendaki gunung. Fungsi utama dari alat ini yaitu sebagai tempat untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh ketika mendaki gunung sekaligus tempat berlindung dari cuaca buruk yang kadang tidak terduga.

Kriteria Tenda Camping Yang Bagus

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai alat pelindung diri saat mendaki gunung, tenda camping hendaknya dipilih yang kualitasnya benar-benar bagus. Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah tenda camping diantaranya:

  • Tenda camping yang baik hendaknya dibuat dari bahan kain yang bersifat anti air.
  • Kualitas dari bahan tenda camping bisa dilihat dari resistansi terhadap tekanan air.
  • Semakin tinggi resistansi terhadap tekanan air maka semakin baik produk tersebut menghalau rembesan air.
  • Memiliki kualitas bahan yang awet, tidak mudah sobek serta mampu melindungi tubuh agar tetap kering saat turun hujan.
  • Bahannya tidak mudah kusut sehingga memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi walau sudah sering dipakai berkali-kali.
  • Mudah dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat.
  • Ringan untuk dibawa-bawa dan mudah untuk dibongkar pasang.
  • Dapat dilipat dengan mudah sehingga tidak memakan banyak tempat ketika dimasukkan ke dalam tas penyimpanan.

Tips Memilih Tenda Camping

Berencana untuk membeli tenda tapi masih bingung harus memilih tenda camping yang seperti apa?. Meski bisa dipilih secara bebas, tapi tetap saja untuk memastikan bahwa tenda camping yang anda dapatkan memang sesuai dengan kebutuhan ada juga lho beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Pilih Yang Bahannya Tahan Air dan Angin

Dalam memilih tenda camping terbaik penting bagi anda untuk mengetahui apa saja komposisi bahan dari tenda camping yang akan dipilih. Dengan mengetahui komposisi bahan tenda camping maka anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan tenda camping yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Tenda camping yang baik hendaknya dibuat dari bahan khusus yang bersifat tahan air dan angin seperti halnya kain parasut.
  • Untuk memastikan ada tidaknya sifat anti air pada tenda camping anda dapat menyiramkan air pada bahan tenda tersebut.
  • Apabila terlihat efek seperti daun talas, maka itu berarti tenda camping tersebut memiliki lapisan anti air.

Tenda Camping

Sumber : https://www.blibli.com

2. Pilih Tenda Yang Mudah Kering

Untuk memudahkan anda dalam melakukan perawatan usahakan untuk memilih tenda yang mudah dibersihkan dan dikeringkan. Dengan memakai tenda yang mudah kering, maka tenda camping yang anda miliki dapat terhindar dari jamur yang mungkin tumbuh dan berkembang biak pada permukaan tenda.

Tenda Camping

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Pahami Keunggulan dan Kekurangan Bahan

Sebelum memutuskan untuk membeli tenda camping ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan dari bahan yang digunakan untuk tenda. Bila anda ingin mendapatkan tenda terbaik yang mudah dibersihkan dan juga cepat kering maka anda bisa memilih bahan kain parasut sebagai alternatifnya.

Dari sekian banyak bahan yang ada, kain parasut menjadi salah satu jenis bahan yang bisa diandalkan untuk membuat tenda terbaik karena menawarkan banyak keunggulan.

  • Tenda camping yang dibuat dari kain parasut dapat diandalkan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.
  • Tenda parasut termasuk ke dalam jenis tenda yang bagus karena karakteristik bahannya terbilang awet dan ringan.
  • Tenda camping dari bahan parasut sangat mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat. Jika ada kotoran atau noda yang menempel anda bisa membersihkan bagian kotor tersebut dengan air mengalir.
  • Tenda camping yang diciptakan dari kain parasuti juga tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa rapi walau sudah dipakai berulang kali.
  • Tenda camping berbahan parasut bisa diandalkan saat musim hujan karena baan kain yang digunakan untuk membuatnya secara umum memiliki sifat anti air.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali jenis kain kain parasut yang dapat dijadikan tenda. Misalnya saja kain parasut loreng, kain parasut milky, kain parasut bening dan kain parasut balon yang menawarkan banyak keunggulan.

  • Kain Parasut Loreng

Kain parasut loreng disebut dengan nama demikian karena memang bahannya bermotif loreng. Sebagai bahan pembuatan tenda camping kain parasut sendiri dapat dibedakan lagi menjadi dua varian.

Kain parasut loreng bening merupakan kain parasut yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna bening/transparant dan bersifat water resistant.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut loreng biway merupakan kain parasut yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway) dan bersifat water resistant.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut milky adalah kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) milky (warna putih susu). Dengan karakteristik bahannya yang bersifat anti air kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat tenda camping terbaik.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut coating bening adalah kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan.

  • Kain parasut bening disebut demikian karena memang memiliki coating berwarna bening pada permukaan kainnya.
  • Kain parasut bening termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti air.
  • Coating bening yang ditambahkan pada kain membuat bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat cover bag terbaik.
  • Kain parasut bening sangat mudah didapatkan, pilihan warnanya cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut balon merupakan jenis kain yang bersifat waterproof karena memiliki coating jenis balon yang cukup tebal. Kain ini biasanya lebih banyak dipakai untuk keperluan outdor dan sangat jarang digunakan untuk sandang.

Kain Parasut

Sumber :  https://fitinline.com/

4. Pilih Tenda Sesuai Kapasitas

Pastikan anda memilih ukuran tenda yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting untuk dilakukan agar suhu udara yang ada di dalam tenda tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah terpengaruh dengan suhu tubuh.

  • Jika tenda akan diisi oleh 2 orang sebaiknya pilihlah tenda yang berkapasitas 3 atau 4 orang.
  • Dengan adanya ruang lebih di dalam tenda anda jadi bisa lebih mudah untuk menyimpan tas carrier dan melakukan pergerakan selama tidur.
  • Semakin anda memerlukan ruang yang luas, maka ukuran tenda yang anda perlukan akan semakin besar. Jumlah kapasitas penghuni tenda juga akan mempengaruhi ukuran tenda.

5. Pilih Yang Mudah Dipasang

Untuk menghemat waktu dan usaha yang anda perlukan untuk memasang tenda sebaiknya pilihlah tenda camping yang mudah dalam pemasangannya agar tidak merepotkan.

  • Jika sahabat Fitinline tidak terbiasa camping atau memasang tenda, pilihlah tenda yang praktis, mudah dipasang dan disertai petunjuk pemasangan.
  • Tenda yang mudah dipasang tentu akan mudah dibongkar.
  • Memilih tenda yang mudah dipasang juga akan menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk memasang tenda.

Untuk urusan bentuk atau modelnya, tenda camping sendiri sampai saat ini dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang sangat bervariasi. Jenis tenda yang dimaksud antara lain berupa tenda kubah (dome), tenda kubah pop-up, tenda quick pitch dan model tenda lainnya.

  • Tenda Dome

Tenda dome merupakan jenis tenda yang paling banyak digunakan oleh para petualang. Tenda ini umumnya memiliki ciri khas pada bentuknya yang melengkung seperti kubah pada tiang-tiang penyangga.

  • Tenda dome sangat mudah untuk didirikan dan memiliki bentuk depan yang bagus dengan jumlah penyangga yang lebih dari tiga.
  • Tenda dome sangat cocok digunakan di alam bebas namun tidak cocok untuk cuaca yang ekstrim.

Tenda Camping

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Tenda Kubah Pop-up

Tenda jenis kubah pop up merupakan jenis tenda yang paling sering sekali digunakan oleh para petualang modern sebagai tempat istirahat saat dalam perjalanan karena desainnya yang sangat praktis.

  • Tenda kubah pop up ssangat mudah untuk digunakan, anda hanya tinggal membukanya saja bro dan tenda ini akan berdiri dalam beberapa detik kemudian.
  • Tenda kubah pop up umumnya tidak terlalu besar, bahkan hanya cukup satu-dua orang saja.

Tenda Camping

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Tenda Quick Pitch

Tenda quick pitch merupakan tenda yang mempunyai desain lebih modern dari jenis tenda sebelumnya. Tenda quick pitch ini biasanya banyak diminati oleh para petualang karena kemudahannya untuk dididirikan.

  • Tenda quick pitch sangat cocok untuk digunakan saat solo traveling karena bisa didirikan dengan satu orang saja.
  • Tapi karena ruangnya sangat terbatas maka tenda jenis ini tidak bisa digunakan untuk beramai-ramai.

Tenda Camping

Sumber : https://www.4muda.com/

6. Periksa Kelengkapan Tenda

Pada saat membeli tenda perhatikan kelengkapannya. Kelengkapan tenda yang dimaksud yakni terdiri atas pasak tenda dan tali pancangnya. Lihat juga apakah tenda tersebut masih memerlukan alas tidur berupa plastik terpal agar rumput dan bebatuan yang ada di bawah tenda tidak mengganggu kenyamanan tidur.

Selain itu tenda camping juga wajib memiliki flysheet untuk mengurangi terik matahari serta mencegah air hujan agar tidak langsung jatuh dan membasahi bagian tenda.

  • Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan.
  • Flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawahnya.

Tenda Camping

Sumber : https://outger.com/

7. Pilih Jahitan Yang Memiliki Seal

Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada tenda camping. Pastikan tenda camping yang hendak anda beli memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Jahitan tenda camping yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
    • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
    • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.

Selain memiliki jahitan yang bagus dan rapi, tenda camping hendaknya juga dilengkapi dengan seal tape untuk menahan atau menghadang masuknya air hujan ke dalam tenda melalui lubang-lubang kecil pada jahitan.

  • Pada saat membeli tenda camping bentangkan tenda dan teliti setiap bagiannya.
  • Perhatikan sambungan dan jahitan yang ada di dalam dan luar tenda.
  • Pastikan semua sambungan tersebut memiliki seal yang terbuat dari karet atau plastik.
  • Jahitan yang baik akan memastikan udara dingin dan air hujan tidak masuk ke dalam tenda saat digunakan untuk berkemah.

Tenda Camping

Sumber : https://www.msrgear.com/

8. Pilih Lantai Tenda Model Bathtub

Pilih lantai tenda dengan model bathup yang menyentuh tanah namun keempat ujungnya terangkat beberapa sentimeter sehingga menyerupai kantong. Hal ini dimaksudkan agar air tidak masuk dari arah bawah tenda serta membuat tenda lebih aman dari gangguan hewan dan serangga yang hidup di tanah.

9. Pilih Tenda Berwarna Cerah

Hindari memilih tenda yang warnanya menyatu dengan alam kecuali jika anda mendaki untuk keperluan penelitian alam dan berinteraksi dengan hewan liar. Sebagai gantinya pilihlah tenda dengan warna cerah seperti kuning, merah, oranye, merah atau ungu agar anda lebih mudah ditemukan oleh pendaki lainnya. 

10. Pertimbangkan Berat Tenda

Untuk memudahkan anda saat melakukan aktivitas pendakian sebaiknya pilihlah tenda camping yang cukup ringan namun bahannya cukup kuat. Selagi memilih tenda cobalah untuk membawa tenda tersebut di bagian punggung untuk mengira-ngira beban dan besarnya ketika sudah digabungkan dengan tas ransel.

11. Pilih Yang Dilengkapi Tas

Selain memeriksa ukuran dan bobotnya saat dilipat, pastikan juga keberadaan tas penyimpanan dari produk yang anda pilih. Dengan adanya tas penyimpanan yang disertakan saat pembelian produk maka anda bisa lebih mudah dalam menyimpan dan membawa tenda camping saat tidak dipakai.

Tenda Camping

Sumber : https://www.finfeatherfur.com/

Tips Mendirikan Tenda

Sudah menemukan tenda yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan?. Bila anda ingin mendirikan tenda saat berada di gunung penting bagi anda untuk menentukan lokasi yang tepat. Untuk menjaga kenyamanan dan kehangatan tempat berlindung serta menghindari penurunan daya tahan tubuh perhatikan hal berikut.

  • Usahakan untuk mendirikan tenda di tempat yang terlindung dari terpaan angin, jangan dirikan tenda di tempat yang terbuka dari terpaan angin.
  • Carilah tempat yang kering dan rata, jangan dirikan tenda di lereng gunung atau lembah.
  • Hindari mendirikan tenda di bawah pohon yang telah lapuk dan rapuh, karena akan sangat berbahaya ketika pohon tersebut tumbang. Carilah juga tempat di bawah pohon yang terkena sinar matahari
  • Jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan dialiran sungai ataupun pada jalur lintas binatang.
  • Hindari tempat yang berdekatan sarang nyamuk atau serangga lainnya.

Setelah menemukan tempat yang tepat untuk membuat tenda selanjutnya anda tinggal mendirikan tenda yang layak untuk berteduh dan berlindung sementara di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas dan angin. Tenda yang layak untuk berteduh setidaknya memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Usahakan tenda jangan sampai bocor.
  • Jangan terlalu merusak alam sekitarnya, gunakanlah fasilitas di alam sesuai dengan kebutuhan
  • Buatlah tempat untuk menyalakan api unggun dan memasak.
  • Jangan pernah lupa untuk membuat parit di sekitar tenda yang anda dirikan, sehingga ketika hujan turun anda dapat tetap merasa nyaman.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilh tenda camping yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa memilih tenda camping yang tepat sangat penting untuk dilakukan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan tenda saat digunakan beristirahat.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain parasut atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.