Article

Homepage Article Kain 11 Kelebihan Kemeja Pria…

11 Kelebihan Kemeja Pria Yang Dibuat Dari Kain Oxford

Berencana untuk membeli kemeja pria tapi masih bingung harus memilih jenis kemeja yang seperti apa?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berpakaian maka anda bisa memilih kemeja berbahan oxford yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga menawakan banyak kelebihan lainnya.

Pengertian Kain Oxford

Kain oxford merupakan sejenis kain bertekstur rata yang dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Dengan tekstur kainnya yang rata dan bermotif cantik, kain ini sangat cocok dijadikan untuk berbagai keperluan termasuk bahan kemeja pria.

Sebagai bahan dasar produk pakaian yang berkualitas, kain oxford sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam merek. Salah satu merek oxford yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk membuat baju kemeja pria yaitu berupa kain taipan tropical yang diperoleh dari campuran cotton dan polyester.

Selain merek Taipan Tropical terdapat pula beberapa merek kain oxford lainnya yang banyak dijual dipasaran. Sebut saja oxford sari warna, oxford spesial putih, oxford duyung dan juga oxford Jm. Semakin banyak komposisi bahan cotton yang digunakan maka semakin tinggi pula tingkat kenyamanan kain tekstil tersebut.

1. Oxford Sari Warna

Oxford sari warna memiliki dua ukuran, yaitu ukuran yang lebar 115 cm dan 150 cm. Jika ukuran 115 cm lebih banyak variasi warna yang disuguhkan. Untuk yang berukuran 150 cm hanya tersedia beberapa jenis warna saja, misal warna coklat dan putih.

2. Oxford Spesial Putih

Oxford Spesial putih memiliki kain atau bahan yang berkualitas super namun hanya tersedia dalam warna putih saja. Sama halnya dengan oxford sri warna, oxford spesial putih ini juga memiliki dua ukuran lebar yaitu 115 cm dan 150 cm namun bahannya tidak terlalu halus.

3. Kain Oxford Duyung

Kain oxford duyung memiliki tingkat kehalusan diatas oxford sari warna, tetapi warna yang dimiliki oxford jenis ini sangat sedikit atau terbatas dan hanya dibuat dalam satu ukuran saja yaitu 115 cm. Harga oxford duyung biasanya lebih mahal dari oxford jenis lainnya.

4. Kain Oxford Jm

Kain oxford Jm masih terbilang jenis baru. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda dengan ketiga bahan sebelumnya jadi dari segi harga juga lebih ekonomis. Kain ini biasanya diproduksi dalam banyak variasi warna namun ukuran yang ada hanya 150 cm saja.

Butuh bahan kain oxford berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai macam model baju kemeja pria?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Oxford dari kami.

Kelebihan Kemeja Oxford

Berbicara mengenai kemeja oxford, jadi pada prinsipnya baju kemeja yang diciptakan dari kain oxford ini sebenarnya juga menawarkan banyak kelebihan dibanding kemeja lain. Beberapa kelebihan kemeja oxford yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

1. Bahannya Lembut di Kulit

Kelebihan pertama dari kemeja oxford yaitu bahannya memiliki karakteristik halus, lembut di kulit dan juga lentur sehingga lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas.

  • Dengan memanfaatkan kain oxford sebagai bahan utamanya kemeja yang dihasilkan cenderung lebih nyaman saat dipakai.
  • Kemeja oxford yang lembut sangat cocok dikenakan dalam berbagai keperluan mulai dari kuliah, hangout bahkan untuk pakaian kerja.

Kemeja Oxford

Sumber : https://kasual.id/

2. Bahannya Sangat Kuat

Dari segi kekuatan bahannya, kemeja pria yang dibuat dari kain oxford bisa dibilang sangat kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Hal ini disebabkan karena kain oxford sendiri diciptakan dengan menggunakan teknik tenun drill.

  • Secara teknis kain oxford termasuk juga ke dalam kategori jenis kain drill hanya saja benang yang digunakan untuk membuatnya lebih kecil dan juga lebih tipis.
  • Karena benang yang dipakai untuk membuatnya lebih tipis dan lebih kecil dari kain drill, maka kain oxford yang dihasilkan juga tidak terlalu tebal.

Kemeja Oxford

Sumber : https://www.oxolloxo.com/

3. Nyaman Dipakai Seharian

Kemeja oxford diketahui memiliki tampilan yang ringan dan cenderung tipis sehingga akan terasa nyaman saat dipakai untuk seharian. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian ringan dan cenderung tipis tidak heran jika banyak orang tertarik menggunakan kemeja oxford.

4. Tidak Panas Saat Dikenakan

Kemeja pria yang dibuat dari kain oxford umumnya cenderung terasa lebih adem dan tidak panas saat dipakai karena rongga-rongga yang terdapat di permukaan kainnya memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah.

  • Kain oxford yang dipakai untuk kemeja umumnya dihasilkan dari serat katun yang dikombinasikan atau dicampur dengan serat lain.
  • Kandungan katun yang terdapat pada kain oxford menjadikan produk pakaian yang dibuat dari kain ini tidak terasa panas saat dipakai.
  • Saat cuaca panas kemeja oxford bisa meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar. Semakin banyak komposisi cotton yang ditambahkan semakin tinggi pula tingkat kenyamanan kain yang dihasilkan.

Kemeja Oxford

Sumber : https://www.petermanningnyc.com/

5. Mudah Menyerap Keringat

Kemeja oxford sangat cocok di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia karena bahannya sangat mudah menyerap keringat dan air. Sesuai dengan karakteristik bahannya yang mudah menyerap keringat, secara otomatis kemeja pria yang diciptakan dari kain oxford akan terasa nyaman saat dipakai seharian.

  • Kemeja oxford dapat dijadikan sebagai outfit andalan saat musim panas karena memiliki kemapuan menyerap keringat yang sangat baik.
  • Menggunakan kemeja oxford di musim panas juga dapat mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembab.

Kemeja Oxford

Sumber : https://global.llbean.com/

6. Bahannya Tidak Menerawang

Kemeja oxford cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh meski bahannya tebilang tipis sehingga sangat cocok diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat bekerja di kantor, kuliah atau sekedar hangout. Penggunaan furing pada kemeja oxford pun sifatnya juga tidak wajib (bisa pakai bisa tidak).

7. Tidak Membuat Alergi

Menggunakan kemeja oxford memungkinkan penggunanya untuk beraktifitas lebih leluasa tanpa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi. Hal itu dikarenakan bahan kain oxford benar-benar lembut, nyaman dan aman digunakan untuk membuat kemeja pria.

  • Kain oxford tergolong aman digunakan bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun.
  • Kain oxford terbuat dari serat alami sehingga mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.
  • Khusus untuk anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah mengalami iritasi menggunakan kemeja berbahan oxford bisa menjadi solusi terbaik.

Kemeja Oxford

Sumber : https://www.t-shirtco.com/

8. Pilihan Warnanya Banyak

Kemeja oxford bisa dijumpai dalam banyak pilihan warna dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Warna-warna yang biasa ditampilkan pada kemeja oxford umumnya cenderung lembut, seperti abu-abu, biru laut, hijau toska, merah dan kuning pastel.

  • Kemeja oxford  mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan kemeja, kain oxford juga dikenal memiliki warna yang terkesan lebih lembut dibanding bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat pria lebih tertarik untuk mengenakannya.

Kemeja Oxford

Sumber : https://fitinline.com/

Selain pilihan warnanya cukup banyak, warna kain oxford umumnya juga tidak mudah luntur dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan demikian warna kain oxford yang ada pada baju kemeja tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamaan.

Kemeja Oxford

Sumber : https://www.ebay.com.au/

9. Pilihan Modelnya Bervariasi

Kemeja yang dibuat dari bahan oxford sangat sesuai untuk gaya casual maupun formal. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakainya kemeja oxford yang diciptakan untuk para pria inipun secara garis besar dapat dibedakan kedalam berbagai macam model, bisa berbentuk slim fit ataupun regular fit.

  • Kemeja slim fit dikenal sebagai salah satu model kemeja pria yang memiliki potongan pas di badan mengikuti body atau bentuk tubuh pemakainya.
  • Sedangkan untuk kemeja yang berpotongan regular atau kemeja pria standar umumnya memiliki potongan yang relatif lebih longgar.

Kemeja Oxford

Sumber : https://www.editsuits.com/

10. Harganya Cukup Terjangkau

Kemeja yang dibuat dari kain oxford sangat mudah untuk ditemukan dan kebanyakan juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, jadi anda bisa tetap membelinya tanpa perlu khawatir uang tabungan anda akan terkuras habis.

  • Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli kemeja berbahan kain oxford.
  • Sekalipun kemeja berbahan oxford memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding kemeja lainnya.

Kemeja Oxford

Sumber : https://firstquarterfinance.com/

11. Perawatannya Sangat Mudah

Kemeja oxford umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Untuk mencuci kemeja oxford sendiri anda bisa menggunakan cara manual yakni dengan kedua tangan ataupun mesin cuci. Meski demikian pencucian dengan kedua tangan lebih dianjurkan.

  • Kemeja pria yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kemeja oxford bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.

Kemeja Oxford

Sumber : https://www.huffpost.com/

Tertarik untuk membuat kemeja formal maupun kemeja casual sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi mungkin anda bisa mendownload pola kemeja pria siap pakai dari kami.

Kekurangan Kemeja Oxford

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya kemeja pria yang dibuat dari kain oxford sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran bahan oxford sendiri cenderung mudah kusut walaupun masih bisa diatasi dengan cara menyetrikanya.

1. Cenderung Mudah Kusut

Kemeja pria yang dibuat dari kain oxford cenderung mudah kusut. Meski demikian hal ini masih bisa diatasi dengan cara menyetrikanya setiap kali habis dicuci dan dikeringkan.

2. Rentan Rusak Karena Detergen

Kemeja oxford ini juga memiliki kelemahan lain yakni seratnya bisa menjadi kaku dan rentan robek bila terkena detergen yang berlebihan.

  • Kain oxford termasuk jenis kain yang tidak tahan dengan reaksi kimia dari detergen.
  • Serat kain oxford akan mudah rusak bahkan robek saat bereaksi dengan detergen yang terlalu banyak atau dalam waktu yang terlalu lama.

3. Kualitasnya Berbeda-Beda

Dari segi kualitas ada kemeja oxford yang kualitas bahannya cukup bagus namun ada juga yang kualitasnya kurang bagus. Untuk menyikapi hal tersebut sebaiknya selalu periksa bahan kemeja dengan seksama sebelum membelinya.

Tips Merawat Kemeja Oxford

Punya sejumlah koleksi baju kemeja berbahan oxford dalam almari pakaian anda?. Untuk memastikan agar kemeja tersebut tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat kemeja oxford dengan cara yang baik dan benar.

1. Cuci Manual Dengan Tangan

Biasakan untuk selalu mencuci kemeja oxford dengan menggunakan teknik hand-wash atau mencuci dengan tangan karena cara ini akan memberikan umur lebih panjang pada kemeja.

  • Mencuci dengan tangan memungkinkan anda untuk memberikan perlakuan lebih pada bagian pakaian yang teramat kotor.
  • Mencuci dengan tangan akan membuat kemeja oxford jadi lebih bersih dan tahan lama.
  • Mencuci dengan tangan meningkatkan umur tekstil dengan menjaga serat kain dan warnanya agat tidak mudah pudar.

2. Jangan Direndam Detergen

Hindari kebiasaan merendam kemeja berbahan oxford dengan menggunakan detergen, sebagai gantinya anda bisa merendam kemeja dengan air secukupnya.

  • Gunakan detergen saat proses mengucek saja untuk membantu membersihkan noda dan kotoran.
  • Jika anda ingin memberikan efek wangi pada baju kemeja, anda bisa merendam kemeja dengan pewangi atau pelembut pakaian.

3. Jangan Dicuci Terlalu Sering

Jangan terlalu sering mencuci kemeja oxford agar serat kainnya tidak mudah rusak dan warna alaminya tetap terjaga dengan baik.

  • Kemeja berbahan oxford sebaiknya dicuci 2x dalam seminggu setelah dipakai atau disesuaikan dengan frekuensi pemakaian saja.
  • Tapi jika kemeja tersebut memang sudah kotor dan tidak nyaman digunakan sebaiknya segera dicuci.

4. Setrika Dengan Temperatur Rendah

Untuk memperbaiki tampilan kemeja agar terkesan lebih rapi, setelah dicuci dan dijemur kemeja bahan oxford sebaiknya disetrika dengan temperatur rendah sampai sedang. Hindari menyetrika kemeja oxford dengan suhu tinggi karena akan membuat kain semakin tipis.

5. Simpan di Tempat Yang Kering

Simpanlah kemeja oxford dengan cara digantung bukan dilipat apalagi disusun bertumpuk dengan berbagai jenis pakaian lain dalam almari pakaian.

  • Kemeja oxford yang sudah disetrika sebaiknya disimpan dengan cara digantung supaya tidak menimbulkan bekas lipatan saat akan digunakan.
  • Simpan kemeja di dalam almari pakaian yang kering dan tidak lembab supaya kemeja tidak ditumbuhi bakteri.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari kemeja oxford yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki kemeja oxford  semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan kemeja pria yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Satu hal yang harus diingat, khusus untuk anda yang ingin membeli kemeja pria berbahan oxford anda perlu lebih jeli dan teliti agar bisa menemukan kemeja pria yang tepat dan berkualitas bagus. Jangan sampai anda hanya tergiur dengan harganya yang murah lantas mengabaikan kesesuaian model dan ukurannya dengan badan anda.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan Kain Oxford atau bahan lainnya anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.