Article

Homepage Article Fashion Muslim 11 Kelebihan Baju Koko Yang…

11 Kelebihan Baju Koko Yang Dibuat Dari Kain Oxford

Mencari alternatif pakaian pria yang keren dan nyaman dipakai untuk berbagai macam keperluan seperti beribadah, hangout ataupun bekerja sekaligus?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih baju koko berbahan oxford yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga menawarkan banyak keunggulan.

Pengertian Baju Koko

Baju koko merupakan sejenis baju berkerah tegak yang dilengkapi dengan sejumlah kancing pada bagian bawahnya. Dilihat dari sejarahnya, kemunculan baju koko di Indonesia sendiri sebenarnya memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan akulturasi adat warga Tionghoa dengan budaya yang ada di tanah air.

Baju Koko

Sumber : https://www.blibli.com/

Nama “koko” muncul dari panggilan orang Indonesia kepada lelaki Tionghoa yakni engko-engko lalu berkembang menjadi koko. Berdasarkan desain awalnya pun baju koko konon banyak terinspirasi dari baju Tui Khim yang biasa dikenakan oleh para pria Tiongkok ada di masa lalu.

Tidak jauh berbeda dengan baju koko modern yang banyak di jual di pasaran, baju Tui Khim yang biasa dikenakan oleh pria Tiongkok konon juga memiliki karakteristik yang sangat khas yakni berkerah tegak dan dilengkapi dengan kancing berjumlah lima buah kancing pada bukaan tengah depan.

Baju Koko

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan baju koko modern dengan jenis pakaian pria yang lain diantaranya:

  • Baju koko memiliki kerah yang pendek dan tidak mempunyai lipatan kerah.
  • Baju koko biasanya dibuat dalam warna polos dan tidak bergambar, kalaupun ada paling hanya berupa segaris motif sulaman atau bordir yang tidak terlalu mencolok.
  • Baju koko ada yang dibuat berlengan panjang ataupun pendek.
  • Baju koko keabanyakan belahan sepanjang 15 cm pada sisi sebelah kiri kanan pinggang.
  • Baju koko biasa dipakai dengan sarung tapi bisa juga dipadu-padankan dengan celana bahan maupun jeans.

Untuk keperluan ibadah seperti sholat, pemakaian baju koko biasanya disertai dengan kopiah (penutup kepala ala Melayu) tapi sifatnya tidaklah wajib. Selain dikenakan dengan cara dimasukkan ke dalam sarung ataupun celana, baju koko bisa juga dikenakan dengan cara biasa yakni ujungnya dibiarkan bebas.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, baju koko sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai macam bahan kain asal memiliki karakteristik adem, nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Salah satu bahan kain yang memenuhi syarat tersebut yakni berupa kain oxford.

Jenis-Jenis Kain Oxford

Kain oxford merupakan sejenis kain bertekstur rata yang dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Dengan tekstur kainnya yang rata dan bermotif cantik, tidak heran jika kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat baju koko.

Kain Oxford

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan dasar produk pakaian yang berkualitas, kain oxford sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam merek. Salah satu merek oxford yang cukup terkenal yaitu berupa kain taipan tropical yang diperoleh dari campuran cotton dan polyester.

Selain merek Taipan Tropical terdapat pula beberapa merek kain oxford lainnya yang banyak dijual dipasaran. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Oxford Sari Warna

Oxford sari warna merupakan merek kain oxford yang dapat dijumpai dalam dua ukuran, yakni yang lebarnya 115 cm dan 150 cm.

  • Kain oxford sari warna dengan ukuran 115 cm umumnya tersedia dalam banyak variasi warna yang cukup beragam.
  • Sementara untuk yang berukuran 150 cm hanya tersedia beberapa jenis warna saja, seperti coklat dan putih.

2. Oxford Spesial Putih

Oxford spesial putih termasuk jenis kain yang berkualitas super namun hanya tersedia dalam warna putih saja. Oxford spesial putih ini juga memiliki dua ukuran lebar yaitu 115 cm dan 150 cm namun bahannya tidak terlalu halus.

3. Kain Oxford Duyung

Kain oxford duyung memiliki tingkat kehalusan diatas oxford sari warna, tetapi pilihan warnanya sangat terbatas dan hanya dibuat dalam satu ukuran saja yaitu 115 cm. Dari segi harga oxford duyung biasanya cenderung lebih mahal.

4. Kain Oxford Jm

Kain oxford Jm dapat dijumpai dalam banyak variasi warna namun ukuran yang ada hanya 150 cm. Dibandingkan merek duyung, kain ini secara umum memilliki tekstur yang kurang halus tapi dari segi harga jauh lebih ekonomis.

Kelebihan Baju Koko Oxford

Sama halnya dengan baju koko yang dibuat dari kain katun ataupun bahan lainnya, baju koko yang dibuat dari kain oxford pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan dari baju koko berbahan oxford yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Halus dan Lembut di Kulit

Kelebihan pertama yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih baju koko berbahan  kain oxford yaitu baju koko yang dihasilkan memiliki karakteristik halus, lembut di kulit dan juga lentur sehingga lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas.

  • Baju koko yang dibuat dari kain oxford biasanya cenderung lebih nyaman saat dipakai untuk beraktifitas.
  • Dengan karakteristik bahannya yang lembut, baju koko yang diciptakan dari kain oxford juga sangat cocok dikenakan untuk keperluan kuliah, hangout bahkan bekerja.

2. Bahannya Cenderung Kuat

Baju koko yang dibuat dari kain oxford bisa dibilang sangat kokoh, kuat dan tidak mudah rusak lantaran kain oxford sendiri diciptakan dengan menggunakan teknik tenun drill.

  • Secara teknis kain oxford juga termasuk ke dalam kategori jenis kain drill hanya saja benang penyusunnya lebih kecil dan juga lebih tipis.
  • Karena benangnya lebih tipis dan lebih kecil dari kain drill, maka kain oxford yang dihasilkan juga tidak terlalu tebal.
  • Meski tergolong tipis dan benang penyusunnya juga lebih kecil tapi kain oxford ini tetap tergolong ke dalam jenis kain yang sangat kuat.

Kain Oxford

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Nyaman Digunakan Seharian

Baju koko yang dibuat dari kain oxford diketahui sangat nyaman dipakai seharian karena memiliki tampilan yang ringan dan cenderung tipis. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian unik, yakni cenderung tipis dan ringan tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memakainya.

4. Adem dan Tidak Panas

Baju koko yang dibuat dari kain oxford umumnya terasa lebih adem dan tidak panas saat dipakai  karena kain oxford sendiri memiliki kemampuan yang sangat baik untuk meminimalisir rasa gerah akibat meningkatnya suhu sekitar.

  • Kain oxford memiliki rongga-rongga yang memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah.
  • Kain oxford sendiri umumnya dihasilkan dari serat katun yang dikombinasikan atau dicampur dengan serat lain.
  • Kandungan katun yang terdapat pada kain oxford inilah yang menjadikannya tidak terasa panas saat dipakai.

5. Mudah Menyerap Keringat

Baju koko yang diciptakan dari kain oxford memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menyerap keringat sehingga sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

  • Sesuai dengan karakteristik bahannya yang mudah menyerap keringat, baju koko dapat dijadikan sebagai outfit andalan saat musim panas.
  • Menggunakan baju koko oxford di musim panas juga dapat mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembab.

6. Bahannya Tidak Menerawang

Baju koko pria yang dibuat dari bahan dasar kain oxford cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh meski bahannya bisa dikatakan agak tipis. Penggunaan kain furing pada baju koko berbahan oxford pun sifatnya juga tidak wajib (bisa memakai kain furing namun bisa juga tidak).

Kain Oxford

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Aman Untuk Kulit Sensitif

Baju koko pria yang dibuat dari kain oxford cenderung aman digunakan untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Jadi menggunakan baju koko berbahan oxford bisa menjadi solusi terbaik untuk anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah mengalami iritasi.

  • Kain oxford benar-benar lembut dan aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.
  • Kain oxford yang terbuat dari serat alami juga mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.

8. Banyak Pilihan Warnanya

Baju koko berbahan oxford mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna. Warna-warna yang biasa ditampilkan pun umumnya cenderung lebih lembut dan kalem, seperti halnya abu-abu, biru laut, hijau toska, merah dan kuning pastel.

  • Disamping pilihan warnanya cukup banyak, kain oxford umumnya juga memiliki kualitas warna yang cukup baik jadi tidak mudah luntur dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan baju koko, kain oxford dikenal memiliki warna yang terkesan lebih lembut dari pada bahan lainnya.
  • Banyaknya pilihan warna yang ditawarkan akan membuat pria lebih bebas untuk memilih baju koko yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kain Oxford

Sumber : https://fitinline.com/

9. Pilihan Modelnya Bervariasi

Baju koko yang dibuat dari bahan oxford sangat sesuai untuk gaya casual maupun formal. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakainya baju koko oxford yang diciptakan untuk para pria inipun secara garis besar dapat dibedakan kedalam berbagai macam model yang lebih modern.

Beberapa contoh model baju koko modern yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Baju Koko Dengan Leher O dan V

Baju koko dengan leher berbentuk O atau V menjadi salah satu model baju koko yang sangat cocok dikenakan untuk pria yang berleher besar serta anak-anak yang kurang nyaman memakai baju koko berkerah shanghai.

  • Baju Koko Lengan Panjang

Baju koko yang dilengkapi dengan lengan panjang sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya penampilan saat beribadah ke masjid atau menghadiri acara keagamaan lainnya.

  • Baju Koko Lengan Pendek

Hadir dengan potongan yang lebih trendy, baju koko modern yang dilengkapi dengan lengan pendek sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap gaya penampilan sehari-hari.

  • Baju Koko Panjang

Baju koko panjang menjadi salah satu model baju koko yang memiliki panjang hingga ke mata kaki. Khusus di Indonesia sendiri baju koko jenis ini biasanya lebih sering dipakai untuk acara keagamaan dan beribadah ke Masjid.

  • Baju koko panjang beberapa ada yang dilengkapi dengan kerah shanghai namun ada juga yang berkerah bulat.
  • Khusus untuk baju koko panjang yang berkerah rapat biasa disebut jubbas dan thobes (tawb).
  • Sedangkan model baju koko panjang yang berkerah bulat biasa dinamakan galabiyya.
  • Baju Koko 3/4

Berikutnya ada model baju koko modern 3/4 yang memiliki panjang hingga ke lutut. Baju koko model ini konon berasal dari negara Asia Tengah, seperti Afganistan, Bangladesh, India, Pakistan, Nepal serta Srilanka dan biasa disebut dengan nama Kurta.

10. Harganya Relatif Terjangkau

Untuk masalah harga, baju koko yang dibuat dari kain oxford biasanya dijual dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan baju koko sejenis yang dibuat dari bahan lain. Dari sekian banyak keunggulan yang dimilikinya, hal inilah yang membuat baju koko berbahan kain oxford disukai banyak orang.

11. Perawatannya Sangat Mudah

Baju koko berbahan oxford cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Baju koko pria yang mudah dibersihkan dan dikeringkan jelas akan memudah anda saat melakukan perawatan.

Beberapa cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat baju koko berbahan oxford diantaranya:

  • Baju koko berbahan oxford sebaiknya dicuci 2x dalam seminggu setelah dipakai atau disesuaikan dengan frekuensi pemakaian saja.
  • Usahakan untuk selalu mencuci baju koko pria berbahan oxford dengan cara manual yakni dengan menggunakan tangan.
  • Hindari kebiasaan merendam baju koko pria berbahan oxford dengan menggunakan detergen, sebagai gantinya cukup gunakan air secukupnya.
  • Jangan terlalu sering mencuci baju koko agar serat kainnya tidak mudah rusak dan warna juga tidak cepat pudar.
  • Hindari menyetrika baju koko pria berbahan oxford dengan suhu tinggi karena akan membuat bahan kainnya yang tipis menjadi hangus dan rentan sobek.
  • Simpan baju koko dengan cara digantung bukan dilipat supaya tidak menimbulkan bekas lipatan saat akan digunakan.

Tertarik untuk membuat baju koko sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownloas Pola Baju Koko Ala Dude Herlino dari kami.

Kekurangan Baju koko Oxford

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya baju koko yang dibuat dari kain oxford sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran bahan oxford sendiri cenderung mudah kusut walaupun masih bisa diatasi dengan cara menyetrikanya.

  • Selain mudah kusut baju koko berbahan oxford juga memiliki kelemahan lain yakni seratnya bisa menjadi kaku dan rentan robek bila terkena detergen yang berlebihan.
  • Kain oxford termasuk jenis kain yang tidak tahan dengan reaksi kimia dari detergen.
  • Serat kain oxford akan mudah rusak bahkan robek saat bereaksi dengan detergen yang terlalu banyak atau dalam waktu yang terlalu lama.

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari baju koko yang dibuat dari kain oxford. Dengan mengetahui keunggulan yang dimilikinya semoga anda bisa jadi lebih mudah untuk menemukan baju koko yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bahan Kain Oxford berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju koko pria tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.