Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Tips Padupadan Baju Bermotif…

10 Tips Padupadan Baju Bermotif Garis atau Stripe Yang Wajib Anda Coba

Mengenakan busana dengan motif stripe alias motif garis memang menjadi pilihan yang tepat untuk memeriahkan penampilan seseorang di tengah cuaca yang tidak menentu. Meski sekilas terkesan basic namun motif pakaian yang satu ini umumnya akan selalu nampak trendi saat dipasangkan dengan fashion item apa saja lho.

Sejarah Singkat Motif Stripe

Motif stripe merupakan salah satu motif pakaian yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pada awal kemunculannya di abad pertengahan motif garis ini konon kerap dianggap sebagai simbol kriminalitas karena hanya digunakan oleh tahanan, pelaku kriminal, hingga prostitusi. Motif garis ini muncul dalam 2 garis yaitu hitam dan putih. 

Motif Garis

Sumber :  https://www.imagenesmy.com/

Ditetapkannya motif garis sebagai pakaian kriminal sebenarnya bukan tanpa alasan. Sebab pada abad pertengahan garis sendiri  dianggap sebagai simbol dari “satanis”. Pernyataan yang sama tertulis dalam buku Michel Pastoureau tahun 2001 yang berjudul “The Devil’s Cloth: A History of Stripe and Striped Fabric”.

Motif Garis

Sumber : https://www.superdenim.com/

Setelah melewati proses yang cukup panjang motif stripe selanjutnya diadaptasi sebagai motif yang dekat dengan anak. Hal ini bermula ketika Ratu Victoria mendandani pangeran Albert Edward dengan kaos motif garis layaknya bajak laut pada abad ke-18. Sejak saat itulah motif garis pada anak-anak dipandang sebagai simbol kebaikan. 

Motif Garis

Sumber : https://www.monbreton.com/

Memasuki Abad ke-20 Coco Chanel kemudian membawa motif garis ke industri fashion ternama. Kala itu Mademoiselle Coco Chanel melihat para pekerja di area pelabuhan mengenakan baju rajut garis-garis berwarna navy blue dan putih ketika sedang melakukan perjalanan menuju French Rivera. 

Motif Garis

Sumber : http://gulati.info/

Terinspirasi dari apa yang dilihatnya Coco Chanel lantas menciptakan koleksi motif garis dengan desain lebih minimalis kemudian mulai menjualnya di Prancis pada tahun 1917. Kehadiran motif garis pada masa itu justru menghasilkan perubahan makna dari dekat dengan anak-anak menjadi simbol kerja keras.

Motif Garis

Sumber : http://www.hautecouturenews.com/

Berlanjut ke tahun 1950-an. Pada era ini barulah para perempuan mulai mengenakan baju motif garis atau motif stripe. Sebut saja Marilyn Monroe, Audrey Hepburn dan Brigitte Bardot. Penggunaan baju bermotif garis tersebut kemudian menjadi lambang dari keberanian, ketegasan, serta rasa haus akan perubahan. 

Motif Garis

Sumber : https://seasonoutfit.com/

Tips Memakai Baju Bermotif Stripe

Tertarik untuk mengenakan busana dengan motif stripe atau motif garis tapi masih bingung menentukan padu padannya?. Untuk menghindari kesan salah kostum berikut kami bagikan beberapa hal penting yang wajib anda pertimbangkan saat memakai baju bermotif stripe atau baju motif garis.

1. Perhatikan Ukuran Garis

Pernah merasa aneh ketika memakai pakaian bermotif garis?. Bisa jadi ukuran garis yang ada pada baju anda kurang sesuai dengan tubuh anda. Terdengar aneh memang, tapi faktanya ukuran garis sebuah baju ternyata dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap final look seseorang.

Berdasarkan besar kecilnya garis yang ditampilkan setiap motif stripe sebenarnya memiliki jenis dan istilahnya sendiri. Beberapa variasi dari motif stripe yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Motif awning stripe yang terdiri dari garis dengan warna solid dan background putih. Motif ini memiliki ukuran kurang lebih 1/4 inchi pada setiap garisnya. 

Motif Garis

Sumber : https://shop.magnoliamarket.com/

  • Motif bengal yang memiliki garis yang sedikit lebih tipis. Terdiri dari garis-garis dengan warna solid dengan latar berwarna putih.

Motif Garis

Sumber : https://www.louisiishirts.com/

  • Motif candy stripe yang memiliki corak lebih tipis dari motif bengal. Ukuran lebar dari masing-masing garis kurang lebih 1/8 inchi sehingga tampilannya cenderung lebih padat.

Motif Garis

Sumber : http://www.ebay.co.uk/

  • Motif pencil stripe yang memiliki pola garis lebih tipis dari candy stripe. Motif garisnya maksimal hanya sebesar guratan pada pensil dengan lebar antar garis bervariasi. 

Motif Garis

Sumber : http://www.alexander-west.com/

  • Motif pin stripe yang memiliki garis lebih tipis dari pencil stripe. Ukuran garisnya rata-rata hanya sebesar 1 atau 2 helai benang. Beberapa ada yang dibuat patah-patah dengan lebar bervariasi dalam pengaplikasiannya.

Motif Garis

Sumber : http://finefabrics.com/

  • Hairline stripe yang terbentuk dari garis-garis tipis tapi lebar seperti rambut. Garis ini biasanya memiliki susunan yang sangat rapat sehingga efek yang dihasilkan cenderung solid dan berstektur. 

Motif Garis

Sumber : http://www.alexander-west.com/

  • Bar code stripe yang memiliki bentuk tidak jauh berbeda dengan sebuah bar code. Pola ini terdiri dari dua warna garis atau lebih yang bervariasi dan berbeda ukuran satu sama lain.

Motif Garis

Sumber : https://www.spoonflower.com/

  • Shadow stripe  yang memiliki pola garis menempel dengan garis lainnya sehingga menciptakan efek bayangan. Garis ini memiliki lebar yang bervariasi dan biasanya terdiri dari dua atau tiga warna yang berbeda.

Motif Garis

Sumber : http://www.alexander-west.com/

Untuk menciptakan siluet yang ramping anda bisa memilih motif baju yang ukuran garisnya tipis dan menumpuk seperti pencil stripe, pin stripe maupun shadow stripe. Sebaliknya bagi anda yang memiliki tubuh kurus anda bisa memilih motif stripe yang ukuran garisnya sedikit lebih besar agar badan anda jadi lebih berisi.

2. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh

Karena kesalahan dalam memilih motif stripe bisa membuat tubuh seperti kue lapis maka anda juga harus memperhatikan dengan detail kesesuaian motif baju dengan bentuk tubuh. 

  • Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir gunakan baju bergaris horizontal untuk memberikan volume pada badan bagian atas. Agar penampilan anda tetap terlihat simpel pilih busana dengan warna yang klasik.
  • Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir anda bebas memakai model baju garis-garis jenis apapun. Dalam artian bisa berupa model baju bergaris vertikal atau model baju bergaris horizontal.
  • Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh kotak anda juga bebas menggunakan baju bergaris jenis apapun. Kalau anda ingin terlihat memiliki lekukan tubuh anda bisa memakai baju yang garisnya tebal.
  • Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh segitiga anda menggunakan rok atau celana garis-garis untuk menambahkan volume pada tubuh bagian bawah dan mengimbangkan tubuh bagian atas. 

Motif Garis

Sumber : http://nicomingrone.co.vu/

3. Pilih Material Yang Tepat

Motif baju berupa garis-garis memang identik dengan busana kasual, namun bukan berarti motif ini tidak bisa dikenakan untuk acara formal. Jika anda ingin tampil lebih glamor anda bisa memilih busana bermotif garis yang terbuat dari material berkilau seperti satin dan dilengkapi detail menarik.

Motif Garis

Sumber : https://www.shopstyle.com/

Kalau anda memerlukan model baju yang bermotif stripe untuk pakaian sehari-hari maka anda bisa memilih kaos yang berpotongan cukup simple. Untuk pilihan bahannya gunakan kain kaos yang terbuat dari banyak material katun agar tubuh anda tetap merasa nyaman saat melakukan aktivitas seharian.

Motif Garis

Sumber : https://monokastore.com/

4. Cobalah Baju Berwarna Cerah

Supaya tampilan anda makin fresh dan tidak terlihat membosankan, anda bisa menggunakan baju motif garis yang diciptakan dalam berbagai variasi warna selain hitam. Misalnya saja kombinasi warna pink putih, biru putih, merah putih atau kuning putih.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memakai baju yang berwarna cerah yaitu:

  • Bisa membuat wajah terlihat lebih segar dan lebih ceria.
  • Baju berwarna terang sangat cocok jika dipakai dalam berbagai cuaca terutama saat sedang musim panas.
  • Bisa membuat mood menjadi lebih baik dan siap mengawali hari dengan  semangat baru.
  • Warna cerah juga menjadi trend fashion yang selalu digemari.

Semakin berani anda mengkombinasi warna pada motif-motif tersebut maka akan semakin stylish pula penampilan yang anda dapatkan. Asal padupadan busana yang anda kenakan sudah dijamin baju berwarna cerah ini tidak akan membuat anda terlihat norak atau berlebihan.

Motif Garis

Sumber : https://www.lazada.com.my/

5. Jadikan Motif Garis Sebagai Aksen

Kenakan busana dengan motif stripe sebagai aksen agar tampilan anda tidak terkesan monoton. Untuk inspirasi cara pemakaiannya anda dapat mengkombinasikan kaos motif garis dengan blazer dan celana jeans yang berpotongan slim fit.

  • Bagi anda yang bosan memakai celana warna gelap anda bisa bereksplorasi dengan skinny jeans berwarna cerah.
  • Tapi kalau anda khawatir untuk memakai warna terang tersebut anda bisa memadukan kaos bermotif garis dengan high-waist skinny jeans.
  • Sebagai luarannya anda bisa memilih blazer yang berwarna netral.
  • Seimbangkan motif stripe atau motif garis yang ramai dengan busana yang warna polos. Biarkan motif stripe tersebut menjadi primadona bagi total look anda.

Motif Garis

Sumber : https://beauty.onehowto.com/

Untuk pelengkap gaya penampilan saat hangout bersama teman tidak ada salahnya jika anda menjadikan celana motif stripe sebagai aksen. Caranya siapkan jaket denim, kemeja polos, dan celana kulot stripe pendek untuk tampil keren. Gaya ini sangat cocok dikenakan bagi anda yang bertubuh langsing.

Motif Garis

Sumber : https://www.pinterest.com/

Tanpa harus diaplikasikan pada keseluruhan bagian busana, sebenarnya anda juga bisa menggunakan busana dengan sedikit corak garis di bagian tertentu saja misalnya di bagian kerah, lengan atau ujung baju. Dengan cara ini penampilan anda akan tetap terlihat menarik sahabat Fitinline.

Motif Garis

Sumber : https://www.mariavincent.com/

6. Motif Garis Pada Outer

Tidak hanya dijadikan sebagai aksen motif garis ini juga bisa anda kreasikan menjadi outer lho. Supaya tampilan anda tidak terkesan membosankan dan berbeda dari yang lain anda harus pandai-pandai mengakali pemakaian outernya.

  • Buat anda yang ingin tampil menawan dengan outer motif garis, anda bisa mengenakan long cardigan bermotif garis lalu coba padukan dengan kemeja polos dan celana jeans.
  • Khusus untuk anda yang berhijab anda juga bisa mengenakan jumpsuit polos yang dipadukan dengan long cardigan beraksen garis-garis. Untuk hijabnya anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.  
  • Selain long cardigan, motif garis-garis pada cardigan yang dibuat seperti model kimono juga bisa anda pilih untuk melengkapi jumpsuit polos yang anda kenakan.
  • Jika anda ingin tampil lebih rapi dalam busana yang bernuansa smart casual maka blazer dengan motif garis bisa jadi pilihan utama yang tepat untuk anda.

Motif Garis

Sumber : https://es.aliexpress.com/

7. Kreasikan Dengan Motif Lain

Untuk anda yang suka bereksperimen tidak ada salahnya untuk mencoba padupadankan dua motif sekaligus dalam penampilan. Pilih warna apa saja yang anda sukai kemudian padukan dengan baju bermotif polkadot, floral atau animal print. Supaya tampilan anda tidak terkesan berlebihan terapkan teknik layering.

Motif Garis

Sumber : https://www.amazon.com/

Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa alternatif pilihan gaya berbusana yang bisa anda coba.

  • Kombinasikan baju motif garis dengan motif polkadot. Tabrak motif seperti ini bisa membuat tampilan anda jadi jauh lebih kreatif.
  • Bagi anda yang suka tampil fenimin padukan rok motif garis dengan kaos atau blus lengan pendek dengan motif floral yang cerah.
  • Kenakan baju motif garis yang klasik dengan baju yang beraksen warna-warni untuk memberikan kesan playful dan ceria.
  • Padupadankan baju motif garis dengan jaket statement jika anda ingin mendapatkan tampilan yang keren. Misal kaos motif garis dengan jaket bulu atau jacquard.
  • Kenakan baju motif garis dengan jaket klasik seperti tweed ataupun kulit jika anda lebih suka memakai baju bergaya klasik.
  • Jika anda menganggap pemakaian baju motif garis dengan motif polkadot maupun motif lain sudah terlalu mainstream anda bisa memadukan dua motif stripe secara bersamaan.
  • Biar beda coba pilih kemeja yang dibuat dengan paduan garis vertikal dan horizontal.

8. Perhatikan Arah Motifnya

Bila anda ingin mengenakan busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang sama-sama bermotif stripe, pastikan anda memadukan dua motif stripe yang senada agar tidak saling silang dan membuat orang lain merasa pusing saat melihat busana yang anda pakai.

  • Cara paling aman yang bisa anda coba untuk mendapatkan kombinasi yang pas diantaranya:
  • Padukan busana penutup tubuh bagian atas yang arah garisnya horizontal dengan rok atau celana yang arah motifnya horizontal. Garis horizontal bisa anda kenakan untuk menonjolkan bagian tubuh yang masih perlu terlihat lebar.
  • Padukan busana penutup tubuh bagian atas yang arah garisnya vertikal dengan rok atau celana yang arah motifnya vertikal. Garis vertikal akan menampilkan garis memanjang bisa memberi efek melangsingkan.  
  • Padukan busana penutup tubuh bagian atas yang arah garisnya diagonal dengan rok atau celana yang arah motifnya diagonal. Motif diagonal sendiri, akan membuat pemaikainya terlihat lebih tinggi dan menciptakan siluet halus.

Selain memperhatikan arah stripenya anda juga harus menerapkan aturan dasar bold vs thin. Caranya letakkan motif stripe kecil pada busana bagian atas dan strip besar sebagai busana bagian bawah. Dengan demikian tampilan yang dihasilkan akan membuat tubuh jadi terlihat lebih proporsional.

Motif Garis

Sumber : http://melrose.thezoereport.com/

9. Kenakan Aksesoris Yang Tepat

Bila anda ingin memakai baju motif garis yang penuh warna ingatlah untuk memakai aksesoris dengan warna solid. Tidak masalah jika anda memakai baju warna warni yang harus diperhatikan adalah selalu gunakan aksesoris yang simple dan warnanya juga tidak terlalu ramai.

10. Jadikan Motif Stripe Sebagai Pelengkap

Jika anda masih ragu memakai baju motif garis anda cukup menambahkan sepatu, dompet, tas, gelang maupun anting motif garis warna-warni sebagai aksesorisnya. Untuk menonjolkan motif garisnya, pilih baju dengan warna netral atau baju dengan warna solid yang tidak memiliki banyak aksen.

Motif Garis

Sumber : https://40plusstyle.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai tips padupadan baju motif garis yang dapat kami bagikan untuk anda. Selama baju motif garis yang anda miliki bisa menjadi statement penampilan, variasi model stripes ini akan selalu jadi yang terbaik. Anda juga bisa memadukan beragam corak garis yang berbeda ukuran panjang, lebar, posisi, atau warna.

Kalau sahabat Fitinline punya ide yang tidak kalah menarik terkait dengan cara pemakaian baju yang bermotif garis, share ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.