Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tips Memilih Baju Kuliah…

10 Tips Memilih Baju Kuliah Yang Tepat Untuk Mahasiswa Baru

Bingung ingin memakai outfit seperti apa saat berangkat ke kampus?. Untuk kamu yang memiliki kebebasan dalam memakai baju alias tidak diwajibkan mengenakan seragam saat kuliah, simak yuk tips memilih baju kuliah yang super simpel dan kekinian berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Kuliah

Baju kuliah merupakan istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan baju yang dikenakan selama kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi. Selain dijadikan sebagai simbol identitas dan kebanggaan institusi pendidikan, baju kuliah juga membantu menciptakan suasana profesional di dalam lingkungan akademik.

Baju Kuliah

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus di Indonesia sendiri setiap perguruan tinggi biasanya memiliki aturan atau kebijakan yang berbeda terkait baju kuliah. Beberapa ada yang mewajibkan mahasiswa dan mahasiswi mereka untuk memakai seragam, namun ada juga yang membebaskan para mahasiswa dan mahasiswi untuk mengenakan baju yang mereka sukai. 

Baju Kuliah

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski terkesan bebas dan tidak terikat dengan kebijakan tertentu, penting untuk diingat bahwa dalam memilih baju kuliah tetap saja ada beberapa aturan tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh semua mahasiswa dan mahasiswi.

Tips Memilih Baju Kuliah

Khusus untuk kamu yang baru memasuki dunia perkualiahan berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih baju kuliah.

1. Ketahui Kebijakan Institusi

Pahami persyaratan atau pedoman yang ditetapkan oleh institusi tersebut sebelum memilih baju kuliah, karena pastinya setiap perguruan tinggi atau universitas memiliki kebijakan yang berbeda terkait baju kuliah.

2. Pilih Baju Yang Sopan

Pertama hindari baju kuliah yang berpotongan ketat / memperlihatkan lekuk tubuh ataupun bahannya tembus pandang (menerawang). Sebagai gantinya siapkan outfit yang sopan, nyaman dan bisa dipakai dalam waktu yang lama.

  • Untuk alasan kenyamanan pilihlah baju kuliah bahannya tidak menerawang dan tidak panas saat digunakan.
  • Pilih baju kuliah yang ukurannya sesuai dengan postur tubuh kamu dan memberikan ruang gerak yang cukup.

Baju Kuliah 

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Hindari Kaos Oblong

Hindari kaos oblong tanpa kerah, baik bagi mahasiswa maupun mahasiswi. Untuk memberi kesan rapi pada penampilan kamu wajib mengenakan baju berkerah, bisa kemeja atau kaos polo yang lengan panjang maupun pendek.

Kalaupun kamu memang ingin memakai kaos oblong untuk kuliah, sebaiknya tambahkan outer yang didesain dalam bentuk blazer atau jas almamater di luar kaos yang kamu pakai.

Alternatif lain kenakan kemeja yang didesain dalam ukuran oversized seperti layaknya outer. Dalam hal ini kamu bisa membiarkan seluruh kancing kemeja tetap terbuka atau sebagian kancingnya saja yang terbuka.

Baju Kuliah

Sumber : https://id.pinterest.com/

Download pola kemeja dan pola kaos polo siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kemeja dan celana polo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Simak juga :

4. Hindari Celana Pendek

Berikutnya hindari penggunaan celana pendek jika kamu tidak mau menjadi omongan teman-teman sekampus. Untuk celana kamu dapat menggunakan celana bahan atau jeans, namun wajib celana panjang.

Download pola celana siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana jeans dan celana bahan sendiri dengan pola yang sudah jadi.

5. Hindari Rok Mini

Untuk menciptakan tampilan yang lebih profesional saat kuliah simpan rok mini untuk acara di akhir pekan saja. Sebagai gantinya kamu bisa memakai rok lain yang didesain dalam ukuran sedikit lebih panjang, misal sebatas lutut, betis atau mata kaki. 

Baju Kuliah

Sumber : https://www.carousell.com/

6. Gunakan Aksesoris Seperlunya

Gunakan aksesoris seperlunya jangan berlebihan misal dalam bentuk jam tangan, kalung, gelang dan cincin (aturan ini berlaku untuk semua mahasiswa dan mahasiswi) untuk melengkapi gaya busana kamu agar terlihat beda.

7. Perhatikan Kepraktisan Baju

Berikutnya pilih baju kuliah yang praktis dan membutuhkan sedikit perawatan. Dalam hal ini pertimbangkan apakah baju tersebut mudah dicuci, tidak mudah kusut dan tahan lama.

8. Hindari Baju Yang Mencolok

Hindari memilih baju kuliah yang terlalu mencolok atau tidak sesuai dengan norma institusi. Bahkan meskipun kamu ingin mengekspresikan diri, penting untuk tetap menghormati kebijakan institusi dan menjaga tampilan yang profesional.

Baju Kuliah

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Sesuaikan Dengan Cuaca

Pertimbangkan cuaca di daerah tempat kamu kuliah, apakah cenderung hangat atau dingin.

  • Jika lingkungan tempat kamu kuliah cenderung hangat, maka pilihlah baju yang bahannya ringan dan breathable.
  • Jika lingkungan tempat kamu kuliah cenderung dingin, maka pilihlah baju yang bahannya lebih tebal atau tambahkan lapisan pakaian di bagian dalam.

Baju Kuliah

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Pakai Sepatu Yang Nyaman

Untuk mendukung segala aktifitas yang kamu lakukan di kampus pakailah sepatu yang nyaman dan tidak menyulitkan kamu saat berjalan, seperti halnya sepatu flat shoes yang berhak datar atau tipis.

Kesimpulan

Itu dia pembahsan singkat mengenai beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika memilih baju kuliah. Dengan mengetahui banyaknya hal yang harus diperhatikan saat memilih outfit ke kampus semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan baju yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju kuliah?. Sebagai pertimbangan kamu intip koleksi Bahan Kemeja, Bahan Celana dan Bahan Jas / Blazer yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.